Selain Aruna & Lidahnya, Ini Novel-novel Kuliner yang Bikin Ngiler!

Selain Aruna & Lidahnya, Ini Novel-novel Kuliner yang Bikin Ngiler!

. 4 min read

Novel tentang percintaan, pembunuhan, atau horor? Ah, rasanya sudah sering kita dengar. Bagaimana jika kamu mencoba tema baru, salah satunya kuliner.

Di tengah popularitas film Aruna & Lidahnya yang diangkat dari novel fiksi populer karya Laksmi Pamuntjak, popularitas novelnya pun ikut meroket. Pasalnya filmnya ini diperankan oleh bintang-bintang AADC yaitu Dian Sastro dan Nicholas Saputra.

Sejoli ini pun akan kembali didaulat dalam jajaran pemain utama. Meski tak lagi berperan sebagai sepasang kekasih, namun kemunculannya mampu membuat publik bernostalgia melihat chemistry apik mereka.

Buku-Kuliner--1Source: laksmipamuntjak.com

Sebenarnya kuliner sendiri bukanlah tema baru dalam dunia film maupun literasi. Hanya saja, tema seperti ini jarang sekali hadir. Mengingat banyaknya pelaku industri yang menganggap tema ini tak cukup komersil.

Namun, jika kamu termasuk salah satu yang ketagihan membaca novel bertema kuliner, jangan khawatir karena ternyata tidak sedikit lho penulis yang mengusung tema ini sebagai materi novelnya.

Selain Aruna & Lidahnya, berikut ini Gramedia.com pilihkan novel-novel kuliner yang tetap asyik untuk dibaca. Yuk, langsung cek daftarnya!

1. Madre

Madre adalah novel fiksi kuliner yang ditulis oleh salah satu penulis perempuan terbaik di Indonesia, Dee atau Dewi Lestari. Di sini Dee menceritakan seseorang yang setelah sekian lama mengetahui bahwa ia adalah keturunan Tionghoa, mempunyai nenek yang menjual roti, dan yang paling parah mewariskan anggota keluarga baru yang tidak pernah diketahui, Madre.

Madre merupakan novel yang menyuguhkan kisah fiksi menarik, salah satunya dengan sentuhan kuliner lewat perjuangan sebuah toko roti kuno, dialog antara ibu dan janinnya, dilema antara cinta dan persahabatan, sampai tema seperti reinkarnasi dan kemerdekaan sejati.

Lewat sentilan dan sentuhan khas seorang Dee, novel ini sukses membawa pembacanya masuk ke dalam dunia Madre.

2. Resep Cherry

Novel ini adalah novel fiksi kuliner yang bercerita tentang kehidupan Cinnamon Cherry. Seperti namanya yang terdengar seperti nama kue, Cherry memiliki sebuah toko bakery.

Berbagai masalah rasanya tidak akan pernah habis datang ke dalam kehidupan Cherry, mulai dari kakaknya yang tidak becus menangani pelanggan di bakerinya, pusingnya Cherry karena jatuh cinta pada seorang ayah beranak satu.

Hubungan persahabatannya yang mulai menjauh dari Eva, sahabat Cherry yang diperlakukan kasar oleh pacarnya sendiri. Dan yang paling memusingkan, apakah Cherry bisa mengorbankan cita-cita serta masa depannya, saat ada yang melamarnya?

3. Resep Cinta

Novel fiksi kuliner yang satu ini masih menceritakan kehidupan Cinnamon Cherry dari sisi masak-memasak yang dikombinasikan dengan kisah cinta. Cherry yang awalnya tidak mau terjun ke dapur pun luluh ketika Basil, laki-laki yang disukainya, selalu mengidam-idamkan pacar jago masak dan mengharapkan untuk dibuatkan makanan-makanan enak.

Cherry akhirnya berkenalan dengan berbagai bumbu dan bahan makanan. Berbekal resep sederhana dari orang tuanya yang jago kuliner, Cherry pun berusaha memenangkan hati Basil, meski banyak rintangan yang harus dihadapi.

Perjuangan Cherry semakin sulit ketika berhadapan dengan rivalnya, Maya Renggo, wanita cantik pewaris resto ternama yang juga menyukai Basil. Persaingan sengit antara Cherry dan Maya pun mewarnai konflik dalam novel ini.

Tak hanya diramu dengan bumbu percintaan yang menarik, sang penulis, Primadona Angela juga menyelipkan resep-resep sederhana bagi para pembaca lho!

4. Chicklit: Selera Georgia (Georgias Kitchen)

Bercerita tentang Georgia Gray, wanita 31 tahun yang sekarang berada di puncak karirnya. Dia adalah chef berbakat di restoran ternama di New York. Belum lama ini Georgia bertunangan seorang pengacara tampan bernama Glenn.

Namun reputasi Georgia tiba-tiba ternoda karena sebuah ulasan sadis seorang kritikus restoran penting di New York. Menambah luka hatinya, Glenn juga memutuskan pertunangan mereka.

Georgia yang patah hati pun pergi dan terbang ke Italia, lalu bekerja pada chef terkenal yang juga mantan mentornya. Di Italia, Georgia menajamkan keahliannya, memanjakan kegemarannya pada masakan, keju, serta anggur Italia, dan bertemu dengan Gianni, pria yang menarik hatinya sekaligus menawarinya pekerjaan hebat di Italia.

Namun, Georgia menolak tawaran hebat tersebut dan memilih untuk memperjuangkan mimpinya membuka restoran sendiri. Apakah dengan karier yang berantakan, tanpa modal maupun partner bisnis, Georgia dapat memperjuangkan impiannya?

Novel fiksi kuliner terjemahan karya Jenny Nelson ini, mungkin bisa menjadi kisah fiksi yang dapat memotivasi semua wanita di luar sana yang bermimpi menjadi seorang chef yang membuka restorannya sendiri.

5. Off the Record

Para mukbang lovers pasti mengenal Ria SW. Ia adalah seorang food vlogger yang memiliki lebih dari 1 juta subscriber di Youtube yang video-videonya telah ditonton lebih dari 170 juta viewers. Nah, buku Off The Record ini sebenarnya bukan novel fiksi, tapi masih termasuk novel kuliner.

Di sini Ria akan menceritakan kisah yang tidak pernah ia ceritakan di balik layar vlog-nya. Kalau mau baca buku ini sebaiknya persiapkan pikiran dan juga perut kamu ya! Karena dalam bukunya Ria akan menggoda para pembacanya dengan makanan-makanan enak penggugah selera. Yummy!


Gimana, Grameds? Penasaran apakah novel fiksi kuliner di atas akan sama serunya dengan Aruna dan Lidahnya? Langsung saja yuk check out bukunya di Gramedia.com. Dijamin bikin ngiler!


Header image source: Palari Films