Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Sapiens Edisi Grafis Hadir dengan Penuh Ilustrasi yang Mudah Dimengerti

Sapiens Edisi Grafis Hadir dengan Penuh Ilustrasi yang Mudah Dimengerti

Sampai saat ini banyak sekali orang yang membawa buku Sapiens kemana pun dia pergi. Buku ini sangat fenomenal sejak awal dekade 2010-an dan semua orang merekomendasikannya untuk dibaca. Banyak selebritas Indonesia yang turut membagikan pengalaman mereka membaca bukunya. Bahkan Barack Obama, Bill Gates, dan Mark Zuckerberg merekomendasikan serta mengulas buku sejarah ini.

Pada akhir dekade, Sapiens akhirnya terbit dalam bentuk edisi grafis yang menarik dan berwarna-warni. Buku Sapiens: Riwayat Singkat Umat Manusia (A Brief History of Humankind) adalah karya dari Yuval Noah Harari, seorang ahli sejarah. Ia menceritakan tentang kelahiran dan evolusi umat manusia dari zaman batu hingga abad ke-21.

Buku ini menjadi buku terlaris di seluruh dunia hingga masuk dalam daftar The New York Times Best-Seller Books, Best-Seller Books #1 Sunday Times, dan Best-Seller Books dalam Amazon.com. Selain itu, buku Sapiens juga memenangkan kategori buku terbaik yang terbit pada tahun 2014 dari National Library of China's, Wenjin Book Award.

Buku ini pertama kali diterbitkan dengan bahasa Ibrani pada tahun 2011 dan sudah diterjemahkan ke dalam 60 bahasa sampai akhir tahun 2020 lalu. Sapiens menjelaskan sejarah manusia dan perkembangannya dengan kacamata ilmiah, biologi, dan sejarah, dengan data-data yang mungkin sama sekali belum kamu ketahui sebelumnya. Buku ini tersusun secara urut dan sistematis dalam menelaah sejarah, di mana Yuval mendudukkan konteks waktu sebagai pemeran penting.

Secara garis besar, Yuval membagi kisah sejarah Sapiens menjadi tiga bagian. Pertama, Revolusi Kognitif yang terjadi sekitar 70.000 SM, ketika imajinasi mulai berevolusi dalam peradaban baru kognisi Sapiens. Kedua, Revolusi Agrikultur yang terjadi sekitar 12.000 SM saat dimulainya gaya hidup menetap dan bertani.

Terakhir pada Revolusi Ilmiah, yaitu dimulai sekitar 500 tahun lalu saat munculnya sains. Revolusi ini menyebabkan tumbuhnya populasi manusia dan pertumbuhan ekonomi secara signifikan dalam waktu yang amat cepat. Seluruh peristiwa tersebut membawa perubahan yang sangat berpengaruh pada sejarah manusia dan makhluk lain, serta apa yang menyatukan umat manusia.

Admin yakin banyak yang penasaran dengan isi buku dari Sapiens, terlebih karena menceritakan sejarah pertumbuhan umat manusia. Namun karena memang beberapa topik yang diulas berat, banyak istilah atau kata yang sulit dipahami, serta jumlah halaman yang lebih dari 500, membuat orang-orang berpikir dua kali untuk membacanya.

Tapi tenang saja, ada buku adaptasi grafis dari Sapiens yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Buku adaptasi ini dibuat dengan format komik yang menarik, asyik, lucu, mudah dimengerti, dan nyaman diikuti sampai akhir. Yuval bersama sang ilustrator, David Vandermeulen dan Daniel Casanave, merilis gagasan-gagasan dalam buku Sapiens dengan penjelasan yang lebih mudah dalam 248 halaman dan full colour.

Karena buku ini menjadi bergambar, ada kehadiran cerita humor dan karakter-karakter yang diperkenalkan. Tokoh karakter ini masuk dalam alur diskusi yang membantu Yuval dalam menyampaikan gagasan serta narasi sejarah dengan pendekatan yang lebih intim.

Ada Profesor Saraswati yang berbicara tentang biologi dan zoologi, Pastor Klüg berurusan dengan arkeologi dan teologi, Detektif Lopez dengan kepribadian yang kuat dan konsisten sebagai polisi New York, dan lain-lain. Yuval tidak memikirkan karakter ini ketika dia menulis Sapiens beberapa tahun yang lalu. Kalimatnya mungkin dimulai dengan biologi dan menyentuh arkeologi dan diakhiri dengan pengamatan teologis. Benar-benar ada tantangan nyata dalam mengadaptasi teks melalui bahasa ke novel grafis!" Jelas David pada Creative Boom (04/01/21)

Bagi kamu yang sudah membaca Sapiens, buku edisi grafis ini tetap menarik untuk kamu telaah kembali mengenai gagasan tekstual Yuval dalam buku sebelumnya. Rangkaian buku Sapiens: A Graphic History akan diterbitkan dalam empat edisi.

Dimulai dengan volume pertama, yaitu Sapiens Grafis: Kelahiran Umat Manusia (The Birth of Humankind). Pada bagian ini akan dibahas mengenai kemunculan Homo Sapiens di Bumi dan bagaimana mereka berubah dari spesies biasa saja menjadi makhluk hidup dominan di dunia.

sapiensBeli Sekarang!

Pada awal tahun 2022, kamu sudah bisa lanjut membaca Sapiens Grafis yang kedua berjudul Sapiens Grafis vol. 2: Pilar-pilar Peradaban. Pada buku yang kedua ini akan melanjutkan cerita tentang Revolusi Pertanian atau Agrikultur, tulisan, kegunaan fiksi, dan awal kesenjangan di peradaban manusia.

Cara pertanian inilah yang dilakukan Homo Sapiens dalam menopang populasinya menjadi semakin besar, bahkan memunculkan rasa hak milik, kesenjangan, dan perang sampai penyakit. Peran tulisan dan angka juga mendukung peradaban semakin besar dan rumit.

Dibandingkan menunggu terlalu lama, kamu bisa pesan sekarang dengan mengikuti pre-order di Gramedia.com dan dapatkan bonus bucket hat eksklusif! Persediaan topi amat terbatas ya, Grameds. Jadi, segera ikuti pre-order yang berlangsung hingga 4 Januari 2022 dengan klik gambar buku di bawah ini!

sapiensBeli Sekarang!

Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut dari kelebihan novel Sapiens Grafis, apa perbedaannya dengan novel Sapiens sebelumnya, dan tanggapan dari para ahli tentang hadirnya buku grafis ini, mari kita simak jawabannya melalui obrolannya yang sangat penuh wawasan di bawah ini.

Selain itu, kamu juga bisa ikuti perbincangan dari Cania Citta, Head of Content Geolive dan Andhyta F. Utami, Environmental Economist & Co-Founder Think Policy Society, yang akan berbicara tentang arti khusus bahasan Sapiens bagi pembaca perempuan dan kaum muda serta peran apa yang bisa kita kontribusikan terhadap perubahan iklim dari pembacaan buku Sapiens dan Sapiens Grafis.

Hal ini karena keberhasilan Homo Sapiens menjadi makhluk unggul dibanding lainnya di Bumi, telah memberikan dampak besar terhadap lingkungan, seperti penghancuran habitat, pencemaran, sampai perubahan iklim. Lalu, apa dampaknya bagi lingkungan dan peradaban manusia ke depan? Simak perbincangannya di bawah ini.

Ini menyatukan dua hal terpenting dalam buku ini: berhasil membuat kata-kata Yuval lebih menarik dan dapat dimengerti oleh mereka yang mungkin belum pernah membaca Sapiens sebelumnya, dan menjelaskan banyak konsep ilmiah serta sejarah sambil menciptakan cerita dan situasi yang menarik bagi pembaca." Kata David pada Creative Boom (04/01/21)

Yuk, pre-order bukumu dan ikuti dari sekarang juga kisah sejarahnya!

preKlik untuk Informasi Lebih Lanjut

Intip juga promo diskon yang sedang berlangsung di Gramedia.com pada gambar di bawah ini ya!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Sekarang, belanja di Gramedia.com bisa dikirim dan diambil dari beberapa toko Gramedia yang terdekat dari rumahmu*. Belanja jadi makin asyik, tanpa ribet, hemat ongkir, dan cepat sampai rumah!

warehouse

Sumber foto header: Dok. KPG


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus