Sapardi Djoko Damono Rilis Buku Puisi Terbaru "Perihal Gendis"

Sapardi Djoko Damono Rilis Buku Puisi Terbaru "Perihal Gendis"

. 2 min read

Sastrawan Sapardi Djoko Damono merilis buku puisi terbarunya yang berjudul Perihal Gendis pada Sabtu, 6 Oktober 2018 lalu. Buku puisi itu dirilis dalam acara The Readers Fest yang berlangsung di Gedung Tjipta Niaga, Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

Acara perilisan buku puisi itu tentunya sudah dinanti-nanti para penikmat karya Sapardi Djoko Damono. Tak heran jika sejak pagi hari, ratusan penggemar Sapardi Djoko Damono sudah memenuhi lokasi peluncuran buku puisi Perihal Gendis di The Readers Fest.

Perihal Gendis sendiri merupakan buku kumpulan puisi terbaru Sapardi Djoko Damono. Buku ini berisikan 15 puisi yang banyak menampilkan dialog di dalamnya.

Acara peluncuran Perihal Gendis juga diramaikan dengan musikalisasi puisi dari Tatyana Soebianto dan Umar Muslim. Selain itu ada pula sesi book signing dengan para penggemar SDD.

SDD
Sapardi Djoko Damono merilis buku Perihal Gendis di The Readers Fest. (Dok. Gramedia.com)

Fans berat dari Jogja

Syaeful Rizal, merupakan salah satu penggemar yang sengaja hadir dalam acara peluncuran buku Perihal Gendis. Ia datang jauh-jauh dari Jogjakarta khusus untuk menemui SDD sekaligus ingin ber-selfie dengan sastrawan idolanya tersebut.

Usahanya datang dari jauh ternyata berbuah manis. Pasalnya selain sempat berbincang langsung, Rizal juga berkesempatan foto dengan SDD dan mendapatkan tanda tangannya.

SDD
Syaeful Rizal berfoto dengan Sapardi Djoko Damono. (Dok. Gramedia.com)

Rizal kemudian berkisah bahwa dirinya nekat ke Jakarta demi Sapardi Djoko Damono karena dia merasa sangat beruntung mengetahui sosok sastrawan 78 tahun tersebut. Katanya, sejak pertama kali membaca karya Sapardi Djoko Damono pada 2016 lalu, Rizal akhirnya menjadi orang yang sangat suka membaca.

"Saya awalnya benar-benar nggak suka membaca, karena pak Sapardi Djoko Damono sekarang saya selalu bawa dan baca buku," ungkap Rizal dengan bangga.

SDD
Antrean panjang para fans yang ingin bertemu langsung dengan Sapardi Djoko Damono di The Readers Fest. (Dok. Gramedia.com)

Rizal hanyalah satu dari ratusan fans SDD yang kala itu memadati Gedung Tjipta Niaga khusus untuk bertemu SDD. Selain bertekad menemui langsung sang idola, mereka juga tak mau ketinggalan membeli buku Perihal Gendis. Di mana, dalam acara The Reader Fest 2018 ini, buku Perihal Gendis dijual perdana secara eksklusif sebanyak 200 eksemplar.

SDD
Sesi Book Signing bersama Sapardi Djoko Damono. (Dok. Gramedia.com)

Rizal pun sudah bertekad menambah koleksi buku-buku Sapardi Djoko Damono yang dimilikinya. Pasalnya sejak 2016 lalu, dia memang sudah mengoleksi beberapa karya Sapardi Djoko Damono.

"Aku sudah beli beberapa bukunya. Serial Hujan Bulan Juni, buku puisinya Hujan Bulan Juni juga sudah (beli), terus juga sudah beli buku Sutradara Itu Menghapus Dialog Kita dan pastinya sekarang mau beli Perihal Gendis," tuturnya seraya senyum sumringah.