Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Saga dari Samudra, Cerita Laga dari Ratih Kumala

Saga dari Samudra, Cerita Laga dari Ratih Kumala

Ratih Kumala baru-baru ini meramaikan lahirnya buku baru di dunia sastra dengan novel bertajuk Saga dari Samudra. Penerbit Gramedia Pustaka Utama mengumumkan kehadiran novel ini lewat agenda memilih desain cover yang paling disukai pembaca. Ada dua desain cover karya Emiliano Tardifiasto yang disajikan sebagai pilihan di Instagram @sastragpu. Hasilnya, mayoritas pembaca memilih cover nomor satu, yang saat ini akhirnya resmi menjadi cover buku Saga dari Samudra.

Dari cover-nya yang cantik, kita bisa melihat bahwa buku ini berkaitan erat dengan laut dan dunia laga. Banyak yang berkomentar bahwa buku ini, lewat cover dan blurb-nya, membuat orang-orang merindukan kisah persilatan Indonesia yang digandrungi banyak orang pada zamannya. Hmm... betul nggak, ya?

Nah, supaya kamu tahu lebih banyak tentang buku Saga dari Samudra, Gramin mau kasih kamu sedikit bocoran tentang ceritanya, supaya kamu makin yakin untuk beli buku ini. Yuk, simak dulu cuplikan ceritanya berikut ini!

Sinopsis Saga dari Samudra

sagaBaca Sekarang!

Hidup Nyai Ageng Pinatih berubah saat dia menemukan bayi kecil di tengah laut yang dengan magis menghentikan kapal dagangnya. Bayi ini ia beri nama Jaka Samudra. Kelak, bocah ini tak cuma mengubah hidup ibu angkatnya, lebih dari itu, juga dunia yang disentuhnya. Sementara, Jaka Samudra sendiri selalu mempertanyakan tentang asal-usulnya. Lewat novel Saga dari Samudra, Ratih Kumala akan mengajak Kisanak mengunjungi tanah Jawa pada abad ke-15. Saat hidup lebih sederhana, rasa takut lebih nyata, keberanian punya harga, dan Sang Pencipta punya banyak rencana.

Bagaimana suasana Tanah Jawa di abad ke-15, ketika Nusantara belum lagi dikuasai dengan tamak oleh para penjajah? Ratih Kumala menuangkan sebuah kisah keluarga yang menyentuh tentang Nyai Ageng Pinatih dan Jaka Samudra.

Ratih Kumala juga mengambil setting cerita ketika para Sunan mulai berhasil mengumpulkan pengaruh besar di daerah masing-masing. Pertemuan tak terduga Nyai Ageng Pinatih dan Sunan Ampel terjadi ketika Jaka Samudra yang masih bayi berada dalam kondisi terancam. Dari sana, seakan masa depan sang bayi ajaib sudah ditentukan oleh semesta, ia pun mengikuti jejak kebaikan Sunan Ampel, yang pada akhirnya nanti akan menguak asal-usul jati diri Jaka Samudra.

Saga dari Samudra, Cerita Laga yang Ditulis oleh Perempuan

Dalam salah satu unggahannya di Instagram (@gadiskretek), Ratih Kumala membagikan kabar baru tentang lahirnya buku Saga dari Samudra dengan caption yang dibuat gaya jadul. Penulis perempuan yang terkenal cakap dalam bercerita itu berkata bahwa novel Saga dari Samudra memaksanya keluar dari zona nyaman. Ia ratusan kali merasa khawatir ia kurang memberikan warna pada sebuah cerita laga, yang biasanya ditulis oleh penulis laki-laki. Namun, Ratih Kumala juga berkata bahwa ia berharap kontribusinya dalam penulisan cerita laga Indonesia dapat memberikan sentuhan lembut khas penulis perempuan.

Cerita laga memang akrab dengan adegan-adegan yang tangguh dan intens. Tak jarang banyak adegan berdarah-darah yang membuat cerita semakin menegangkan. Mungkin itu sebabnya genre ini banyak dimasteri oleh lelaki. Oleh karena itu, Saga dari Samudra akan menjadi angin segar bagi dunia sastra Indonesia, dengan sumbangan cerita laga baru yang pastinya akan berbeda dengan cerita laga-cerita laga pada umumnya.

Nah, gimana Grameds, ikut penasaran juga kan?

Kamu dapat melakukan pre-order Saga dari Samudra di Gramedia.com selama periode 19-26 Mei 2023. Selain diskon 15%, kamu juga akan mendapatkan bonus book jacket dan buku bertanda tangan penulisnya langsung, lho!

Yuk, langsung saja klik banner di bawah ini untuk melakukan pemesanan!โคต๏ธ๐Ÿ›’

sagaPesan Sekarang!

Simak buku lain dari Ratih Kumala di sini!๐Ÿ‘‡

Novel Karya Ratih Kumala

Tabula Rasa

sagaBaca Sekarang!

Menyabet penghargaan sebagai Juara 3 Sayembara Dewan Kesenian Jakarta 2003, Tabula Rasa layak mendapat acungan jempol sebagai salah satu novel yang dengan berani mengangkat isu LGBT, ketika isu ini masih sangat tabu untuk dibicarakan. Berkisah tentang kisah cinta yang kompleks dan mengharukan, pembaca akan diajak mengurai kisah cinta yang rumit ini agar menjadi satu jawaban sederhana yang akan menjawab pertanyaan paling hakiki: apa sebenarnya makna cinta kasih itu?

Larutan Senja

sagaBaca Sekarang!

Larutan Senja merupakan kumpulan cerpen yang berisi 14 cerita dari Ratih Kumala. Cerita-cerita ini memiliki tema berbeda-beda, mulai dari kisah tentang seorang dukun yang merasa disisihkan orang-orang dan berniat membalas dendam, seorang pencipta yang inovasinya terus menerus direbut Tuhan, dan seorang anak laki-laki dan pria bertato yang hidupnya berkelindan.

Gadis Kretek

sagaBaca Sekarang!

Ketika ayah ketiga bersaudara pewaris Kretek Djagad Raja berada di ambang maut, ia menyebutkan nama seorang wanita yang tak pernah didengar anak-anaknya: Jeng Yah. Nama itu membuat sang ibunda murung, dan membuat anak-anaknya penasaran. Demi kesembuhan sang ayah, mereka memutuskan untuk mencari Jeng Yah. Penelusuran itu membawa mereka ke sejarah panjang perusahaan keluarga yang tak pernah mereka tahu. Mereka bahkan menemukan jawaban siapa itu Jeng Yah, dan apa yang ayah mereka lakukan pada wanita itu sampai membuatnya murka.

Supaya belanja kamu makin hemat, klik banner di bawah ini untuk lihat promo apa saja yang sedang tersedia di Gramedia.com, ya, Grameds!๐Ÿ’ธ

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber gambar header: Instagram @gadiskretek


Enter your email below to join our newsletter