Rilis Seri Terbaru, Si Juki Jalan-Jalan ke Labuan Bajo-Flores

Rilis Seri Terbaru, Si Juki Jalan-Jalan ke Labuan Bajo-Flores

. 2 min read

Komik Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara: Petualangan di Labuan Bajo-Flores resmi dirilis pada Rabu, 5 Desember 2018. Komik ini merupakan hasil kerjasama Elex Media Komputindo bersama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Kemaritiman).

Seri Juki kali ini masih akan tetap menampilkan sosok Juki yang jenaka, usil, dan menyebalkan. Bedanya, di komik seri nusantara ini akan ada sentuhan baru. Jika biasanya hanya berlatar kisah sehari-hari Juki di kosan, kali ini JUki akan mengajak para pembacanya berjalan-jalan menikmati kecantikan Labuan Bajo dan Flores.

Dengan adanya seri ini, Kemenko Kemaritiman bersama dengan Elex Media Komputindo berharap bisa mengenalkan destinasi wisata yang ada di Indonesia.

Sejalan dengan Kemenko Kemaritiman, Faza Ibnu Ubaidillah Salman, sebagai kreator Si Juki juga berharap karyanya akan berdampak positif kepada generasi muda, membuat generasi milenial lebih mengenal destinasi wisata di Indonesia.

Selain itu, Faza merasa sangat antusias mengerjakan proyek bersama Kemenko Kemaritiman ini, karena dirinya sudah lama ingin terlibat dalam proyek bersama pemerintah.

SIJUKI
(Dok. Nanda Hadiyanti/Gramedia.com)

Tak hanya satu seri, Faza pun semakin tersanjung ketika dirinya diminta membuat 10 buku sekaligus. Di mana setiap serinya akan membahas 10 destinasi wisata Indonesia yang berbeda-beda.

"Dengan adanya proyek ini kami merasa diapresiasi, kami merasa dilibatkan dan akhirnya projek ini jadi bahkan nggak tanggung-tanggung 10 proyek, membuat kami yang berkecimpung di dunia kreatif sangat excited," ujar Faza dalam acara peluncuran komik Si Juki Seri Jalan-jalan Nusantara: Petualangan di Labuan Bajo-Flores, Rabu, 5 Desember 2018.

Seperti yang disebutkan, seri ini akan berjumlah 10 buku dan setelah merilis buku pertama seri nusantara di Labuan Bajo dan Flores, Faza sudah menyiapkan buku kedua dari seri ini yang akan membahas tentang kecantikan Tanjung Kelayang di Bangka Belitung.

Selain itu, delapan destinasi lainnya juga sudah disiapkan, yaitu Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Taman Wisata Candi Borobudur, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Mandalika, Labuan Bajo, Pulau Morotai, dan Taman Nasional Wakatobi di mana kesemua destinasi tersebut masuk dalam 10 destinasi wisata prioritas Indonesia.

Pihak Elex Media Komputindo, menargetkan buku pertama seri nusantara ini bisa menjadi mega best seller, mengingat selama ini komik-komik Si Juki kerap masuk jajaran buku best seller dari Elex Media Komputindo. Pihak penerbit pun sudah menyiapkan 10 ribu eksemplar di cetakan pertama ini.

SIJUKI
(Dok. Nanda Hadiyanti/Gramedia.com)

Tentunya target penjualan ini mendapat dukungan dari pihak Kemenko Kemaritiman, yang ikut hadir di acara peluncuran buku ini, diwakili oleh Bapak Agung Kuswandono, Deputi II Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa dan Bapak Okto Irianto, Asisten Deputi Jasa Kemenko Maritim.

Jika target tersebut tercapai, harapannya juga akan semakin banyak generasi muda yang melek dengan destinasi wisata di Indonesia yang belum banyak diketahui secara luas.