Rutinitas Pagi Hari Selama Liburan

Rutinitas Pagi Hari Selama Liburan

. 3 min read

Masih dalam nuansa liburan yang menjadi momen ditunggu-tunggu semua orang, terutama pelajar dan mahasiswa/mahasiswi. Tentunya, momen liburan harus diisi dengan hal-hal yang menyenangkan. Misalnya dengan traveling ke suatu tempat, berbelanja, atau aktivitas lain di luar rumah. Namun, ada kalanya kondisi keuangan dan akses tidak mendukung kegiatan tersebut. Pada akhirnya, masa liburan harus dihabiskan di rumah.

Bosan, kecewa, bahkan sedih pasti melanda benak. Namun, janganlah berlarut-larut dengan perasaan negatif itu, kawan! Cobalah isi liburan dengan kegiatan pagi hari berikut.

1. Perawatan diri


Photo by Noah Buscher / Unsplash
Liburan adalah waktu paling tepat untuk memanjakan diri. Setelah penat dalam belajar tentunya tubuh membutuhkan waktu istirahat agar kembali segar. Kalian bisa melakukan perawatan seperti menggunakan masker wajah, lulur badan, melakukan spa, dan lain sebagainya. Kalian pun bisa melakukannya di rumah atau di salon terdekat. Melakukannya pada pagi hari akan lebih baik!

2. Meditasi


Photo by Jared Rice / Unsplash
Meditasi merupakan salah satu upaya untuk merelaksasikan tubuh dan pikiran. Dengan sejenak duduk bersila dengan meletakkan kedua tangan di pangkuan dan mendengarkan musik relaksasi, nampu membantu mengurangi rasa cemas dan lelah yang ada di dalam diri.

3. Olahraga

A woman in a sports bra stretching on a dock at Sanctuary Cove
Photo by Christopher Campbell / Unsplash
Olahraga dapat mengisi kegiatan di pagi hari kalian, lho! Ada banyak pilihan olahraga yang bisa dipilih sesuai minat, seperti jogging, berenang, atau senam. Olahragaoutdoor jadi pilihan tepat, meski dengan sekadar berjalan di sekitar lingkungan. Dengan begitu kalian akan merasakan udara pagi yang segar dan menenangkan. Selain dapat menambah kebugaran tubuh, olahraga membantu mengubah mood menjadi lebih baik.

4. Masak-masak


Photo by Alyson McPhee / Unsplash
Siapa di antara kalian yang hobi memasak? Kegiatan memasak tidak hanya identik untuk perempuan saja, karena tidak sedikit pria yang juga suka kegiatan ini. Bahkan ada juga yang menjadikannya sebagai profesi.

Setelah lelah berolahraga, ada baiknya segera mengisi energi kembali dengan menyantap makanan. Nah, di sini kalian bisa memasak sarapan sendiri dengan menggunakan bahan-bahan makanan yang tersedia di rumah dan sesuai dengan resep agar makanan menjadi lebih enak dan sehat. Misalnya buku resep 125 Resep Masakan Pilihan Ny. Liem karya Chendawati dan Koleksi 10 Resep Masakan Sayur plus Tahu Tempe + Telur karya Yasa Boga.

5. Menata rumah


Photo by Joseph DeFrancisco / Unsplash
Pada saat sibuk beraktivitas, rumah menjadi sedikit terabaikan. Karena harus berangkat pada pagi hari dan kembali ke rumah saat malam hari. Tidak ada waktu rasanya untuk sekedar membersihkan atau bahkan menata ulang tempat tinggal. Menata rumah menjadi kegiatan yang bisa dilakukan kala liburan. Kalian akan senang dan merasa nyaman jika rumah menjadi bersih dan tertata rapi. Mulailah pada pagi hari saat tenaga masih terkumpul! Jangan lupa sarapan terlebih dahulu, ya!

6. Membaca buku


Photo by Gift Habeshaw / Unsplash
Membaca buku adalah hobi yang dipercaya tidak hanya menambah ilmu pengetahuan, tetapi juga menambah kecerdasan otak. Membaca buku-buku favorit juga mampu menghiburmu ketika tidak bisa pergi ke luar rumah. Ada beberapa judul yang dapat dijajal, seperti Motivasi Dirimu Gapai Suksesmu karya Theo Riyanto dan Sukses Kaya & Bahagia dengan Terapi Berpikir Positif karya Alam Bachtiar. Ada juga novel yang menghibur, seperti My Stupid Boss: Seriously, Bossman Pasti Berlalu dengan penulis Chaos@Work dan masih banyak lagi.


Itu tadi beberapa rekomendasi kegiatan pada pagi hari yang bisa kalian lakukan saat berada di rumah selama liburan. Semangat menjalani momen liburan dengan
gembira!