Festival Ruang Tengah Ajak Pencinta Buku untuk Rayakan Literasi Asia

Festival Ruang Tengah Ajak Pencinta Buku untuk Rayakan Literasi Asia

Setelah pandemi menyerang dan membuat acara tahun lalu harus dilakukan secara online, kini Festival Ruang Tengah hadir dengan konsep hybrid, di mana akan dilaksanakan secara online melalui Zoom Cloud Meeting maupun offline di tiga Gramedia Store. Festival yang hadir untuk merayakan buku terbitan Gramedia Pustaka Utama ini, akan berlangsung selama sembilan hari, dari tanggal 23 - 31 Juli 2022.

Sama seperti tahun sebelumnya, kini Ruang Tengah menghadirkan puluhan tokoh berpengaruh di bidang literatur Asia, baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Gramedia Pustaka Utama (GPU) memfasilitasi pembaca, penulis, dan penerbit, untuk berkumpul dan bercengkrama lewat festival literasi ini.

Tahun ini, Ruang Tengah mengusung tema #MembacaAsia sebagai perayaan atas berkembangnya dunia literasi Asia yang semakin memiliki tempat di hati pembaca, bukan hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia.

Ruang Tengah tak hanya menghadirkan berbagai penulis kenamaan dari Asia, tapi juga dengan komunitas literasi dan tokoh ahli yang akan mengajak kamu berdiskusi mengenai berbagai topik terkait literatur Asia, membedah tentang buku, hingga menonton adaptasi film dari buku-buku Asia. Tak ketinggalan, Festival Ruang Tengah juga menjadi tempat gathering para book lovers untuk saling berbagi cinta terhadap literasi.

Yang lebih spesial lagi dari rangkaian Festival Ruang Tengah adalah diisi dengan peringatan 100 Tahun Chairil Anwar. Kegiatan 100 Membaca Chairil akan dilaksanakan secara langsung di tiga Gramedia Store, yaitu Gramedia Sudirman, Yogyakarta, Gramedia Galeria, Bali, dan Gramedia Matraman, Jakarta. Peringatan ini akan diisi dengan kegiatan konser musik, diskusi, dan membaca puisi-puisi Chairil Anwar bersama para penulis, public figure, dan pembaca.

Lalu, siapa saja penulis yang hadir dalam Festival Ruang Tengah?

Penulis yang Hadir pada Festival Ruang Tengah

1. Fumio Sasaki – Jepang

Penulis, editor, dan praktisi hidup minimalis dari Jepang. Ia adalah penulis buku Goodbye, Things: Hidup Minimalis ala Orang Jepang dan Hello, Habits: Panduan Sosok Minimalis untuk Kehidupan yang Lebih Baik.

ruangBeli Bukunya di Sini!

2. Kang Maman – Indonesia

Seorang jurnalis dan pengamat media sosial yang cinta pada dunia literasi dan telah melahirkan puluhan buku terbaik dari berbagai penerbit. Karyanya yang terkenal adalah Re: Dan Perempuan, serta buku kumpulan puisinya yang berjudul Ada Nama yang Abadi di Hati tapi Tak Bisa Dinikahi.

ruangBeli Bukunya di Sini!

3. Kevindra Soemantri – Indonesia

Seorang penulis makanan dan pengamat restoran yang tulisannya sudah muncul di berbagai media nasional maupun internasional. Buku terbarunya berjudul Jakarta: A Dining History membahas tentang beragam restoran di Jakarta dalam berbagai era.

ruangBeli Bukunya di Sini!

4. Ichiro Kishimi – Jepang

Seorang filsuf yang juga penulis buku pengembangan diri best seller berjudul Berani Tidak Disukai dan Berani Bahagia.

ruangBeli Bukunya di Sini!

5. Fumitake Koga – Jepang

Penulis profesional yang banyak merilis karya non fiksi terlaris dan menjadi partner Ichiro Kishimi dalam menulis buku Berani Tidak Disukai dan Berani Bahagia.

ruangBeli Bukunya di Sini!

6. Desi Anwar – Indonesia

Seorang jurnalis dan news anchor terkemuka di berbagai stasiun televisi berita. Ia juga menulis berbagai buku self improvement baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, seperti buku Going Offline: Menemukan Jati Diri di Dunia Penuh Distraksi dan Apa yang Kita Pikirkan Ketika Kita Sendirian.

ruangBeli Bukunya di Sini!

7. Chan Ho-Kei – Hong Kong

Seorang software engineer yang juga penulis cerita misteri best seller dan ternama. Buku-bukunya sudah diterbitkan di tiga belas negara dan telah memenangkan penghargaan. Ia adalah penulis dari buku The Borrowed (13.67) dan Second Sister (Putri Kedua).

ruangBeli Bukunya di Sini!

8. Chang Kang-myoung – Korea Selatan

Seorang jurnalis yang telah mendapatkan beragam penghargaan dan penulis dari buku Pasukan Buzzer.

ruangBeli Bukunya di Sini!

Jadwal Acara Festival Ruang Tengah

Special Event:

  • Kamis, 14 Juli 2022: 19.00 – Selesai di Gramedia Sudirman, Yogyakarta
    Puisi Konser 100 Tahun Chairil Anwar bersama Evawani Chairil Anwar, Joko Pinurbo, Eka Kurniawan, Ni Made Purnama Sari, dan Melancholic Bitch
  • Sabtu, 16 Juli 2022: 17.00 – 18.30 WITA di Gramedia Galeria, Bali
    Puisi Konser 100 Tahun Chairil Anwar bersama Oka Rusmini, Eka Kurniawan, Norman Erikson Pasaribu, dan Navicula

Sabtu, 23 Juli 2022:

  • 10.00 – 11.30 WIB
    Gathering Pembaca: Serba-serbi #Membaca Asia bersama Martin Dima (Ilustrator), Arnoldus Irwan (Bookstagrammer), Gitta Lestari (Penerjemah), Julian Tan, Raya Fitrah (Editor GPU), dan Jansen Siahaan
  • 14.00 – 15.00 WIB
    Minimize Things, Maximize Meanings bersama Fumio Sasaki dan Tasya Annisa

Minggu, 24 Juli 2022:

  • 14.00 – 15.00 WIB
    True Happiness is (not) Hard to Find bersama Ichiro Kishimi, Fumitake Koga, dan Tasya Annisa

Senin, 25 Juli 2022:

  • 16.00 – 17.30 WIB
    Memori Rasa bersama Kevindra Soemantri, Santhi H. Serad, dan Kang Maman

Selasa, 26 Juli 2022:

  • 14.00 – 16.30 WIB
    Puisi Konser 100 Tahun Chairil Anwar bersama Evawani Chairil Anwar, Gratiagusti Chanaya Rompas, Yoshi Fe, Ratih Kumala, Cyntha Hariadi, dan Patricia Wulandari

Kamis, 28 Juli 2022:

  • 14.00 – 15.00 WIB
    Buzzer: Apa, Siapa, dan untuk Apa bersama Chang Kang-myoung dan Pangeran Siahaan

Jumat, 29 Juli 2022:

  • 16.00 – 17.00 WIB
    Merdeka dalam Belajar bersama Najelaa Shihab, Anindito Aditomo, dan Nathalie Indry

Minggu, 31 Juli 2022:

  • 10.00 – 11.00 WIB
    A Conversation on the Motivations and Challenges of Being a Crime Writer in Asia bersama Chan Ho-Kei dan Gustika Jusuf-Hatta
  • 14.00 – 16.00 WIB
    Dari Asia untuk Asia bersama Desi Anwar, Wedha Stratesti (Gramedia International), Pinyada Lin (Jamsai Publishing, Thailand), Tatsuki Hirayanagi (Culture Weaver GK., Jepang), dan Nathalie Indry

Dari seluruh acara ini, kamu bisa pilih untuk datang langsung secara offline di Gramedia Matraman, Jakarta, atau menonton secara online melalui saluran Zoom Cloud Meeting.

Untuk mengikuti acara secara online, harga tiket dibanderol seharga Rp150.000 per sesi acara. Sedangkan jika kamu ingin menonton langsung di Gramedia Matraman, harga tiketnya senilai Rp300.000 per sesi acara.

Tapi, biar lebih hemat dan tentunya lebih banyak untung, kamu bisa beli tiket bundling supaya bisa mengikuti seluruh acara dengan harga Rp300.000 saja!

Untuk pemesanan tiket kamu bisa membelinya melalui Loket.com dan Go-Tix, atau langsung klik di bawah ini untuk informasi yang lebih lengkap.

kumpulanKlik untuk Informasi Lebih Lengkap!

Diskon 50% untuk Buku Terbitan GPU Pilihan di Gramedia.com

Dalam merayakan Festival Ruang Tengah, Gramedia.com ikut berpartisipasi dalam memberikan diskon untuk buku-buku Gramedia Pustaka Utama pilihan terbaik dari tanggal 17-31 Juli 2022.

kumpulanCari Bukunya di Sini!

Ongkos kirim pun jauh lebih hemat dengan diskon ongkir Rp5.000 untuk pengantaran melalui AnterAja ke seluruh Indonesia. Jangan lupa masukkan kode “RUANGTENGAH5” saat checkout untuk dapatkan diskonnya. Kuota terbatas!

Jadi, buruan manfaatkan momen ini untuk beli buku incaranmu di Gramedia.com ya.


Sumber foto header: Gramedia Pustaka Utama dan Gramedia.com

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Enter your email below to join our newsletter