Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

The Broadcasting Series Karya Aranindy, Drama Seru tentang Reality Show di TV

The Broadcasting Series Karya Aranindy, Drama Seru tentang Reality Show di TV

Grameds, kamu suka nonton acara reality show di televisi, nggak? Program reality show di televisi adalah program yang terlihat seperti adegan tanpa skenario dan tanpa pemeran utama yang menjalankan peran tertentu. Adegan-adegan di reality show dibiarkan berjalan natural seperti kejadian yang terjadi secara wajar. Acara reality show banyak diminati penonton karena drama-drama kecil yang terasa dekat dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu acara reality show yang sempat memancing minat penonton di Indonesia adalah Big Brother yang tayang di 2011 serta acara ikonik Termehek-mehek yang tayang di tahun 2008 silam.

Acara reality show di televisi masih dapat kamu saksikan di beberapa channel, tapi kalau kamu ingin mengetahui sisi lain dari reality show dan drama-drama di dalamnya, kamu mungkin tidak ingin melewatkan membaca serial novel karya Aranindy ini.

The Broadcasting Series adalah serial novel berisi empat judul karya Aranindy, yang sebelumnya sudah terlebih dahulu populer di platform Wattpad. Serial novel ini menceritakan behind the scene program-program reality show di Soma TV, diproduseri oleh dua wanita yang bersaing menciptakan program populer, Sarah dan Yuni. Setiap judul menawarkan cerita dari program yang berbeda, namun kamu akan bertemu dengan tokoh-tokoh yang familiar di setiap buku. Tak kalah seru dari reality show asli yang kamu tonton di televisi, novel-novel ini juga penuh dengan drama-drama tak terduga, persahabatan dan permusuhan, serta cinta lokasi!

Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita simak novel-novel dari The Broadcasting Series!

The Supernumerary Project

Demi persahabatannya dengan Sarah, sang produser yang menginisiasi sebuah program reality show bertajuk The Chosen One (TCO), Rayne Madaharsa mendapati dirinya terjebak menjadi salah satu kontestan yang harus bersaing dengan 29 orang gadis lain demi mendapatkan hati seorang eligible bachelor, Aydan Dirgantara. Sarah tak punya pilihan lain selain membujuk Rayne untuk membantunya, tentu saja dengan segudang sogokan yang tidak mungkin ditolak oleh Rayne. Tergiur oleh imbalan dari Sarah, Rayne akhirnya memutuskan untuk mengalah dan membantu sahabatnya tersebut. Namun, Rayne masuk ke program tersebut dengan hanya satu misi: keluar secepat mungkin!

TheBeli Sekarang!

Bersama sahabatnya yang lain, Gisel, Rayne menyusun sebuah rencana yang akan membuat Aydan cepat-cepat menyingkirkan gadis itu dari daftar kontestan. Rayne akan menjadi tokoh yang tidak menonjol sama sekali. Tidak jahat, tidak baik. Tidak hebat, tidak pula payah. Begitu saja, ia akan menjadi seorang pemeran figuran yang tak kasat mata, lalu cepat-cepat keluar, mengambil hadiah dari Sarah, dan pergi liburan. Bagi Rayne, rencana itu tersusun secara matang dan rapi.

Sayangnya, Aydan tak luput melihat sikap Rayne yang terlalu serius mendalami perannya sebagai seorang figuran. Gerak-gerik Rayne justru menarik perhatian Aydan yang bosan dengan drama para gadis yang mengincarnya. Rencana Rayne mulai berantakan karena Aydan menolak melepaskan gadis itu dari program The Chosen One. Meski awalnya kalut karena rencananya berubah jadi senjata makan tuan, lama-lama Rayne mulai jatuh dalam pesona Aydan.

Namun, perjalanan mereka tidak semudah itu. Disiarkannya acara itu ke khalayak ramai turut memancing pendapat para penonton. Masa lalu Rayne, tuntutan program The Chosen One, dan tuntutan program TCO terhadap Aydan si tokoh utama menambah keruh hubungan Rayne dan Aydan.

The Antagonist Program

Galen Devabrata sejak dulu hanya memiliki dua pilihan untuk menjadi pasangannya–gadis manis pilihan sang ibunda, Mari Sahir, atau gadis manja nan menyebalkan pilihan sang ayah, Elora Pratista. Galen menghabiskan lebih banyak waktu dengan Mari. Sehingga ketika perjodohan Galen dipertontonkan di televisi, dalam sebuah program bertajuk Sang Ratu Pilihan, nyaris semua orang tak ragu Galen akan memilih Mari.

TheBeli Sekarang!

Namun nyatanya, Elora telah berubah 180 derajat dari kali terakhir semua orang bertemu dengannya. Pengacara muda itu kini telah menjadi gadis sinis yang kerap membuat orang terintimidasi dengan auranya. Tanpa malu-malu, Elora menunjukkan keinginannya bersama Galen hanya karena harta dan status semata-mata. Kemunculan sosok Elora yang baru membuat orang-orang semakin yakin Mari akan menang, namun justru mengacak-acak perasaan Galen, sang tokoh utama.

Elora dan Mari diberi tim masing-masing untuk tinggal di sebuah vila bersama-sama dengan Galen selama empat bulan. Terisolasi dalam tempat yang sama selama waktu tersebut ternyata mampu mengungkap jati diri tiap orang, termasuk tim penilai Elora dan Mari yang terdiri dari teman dekat dan keluarga Galen. Galen pun tak luput melihat perilaku kedua gadis yang salah satunya harus ia pilih sebagai pendampingnya.

Akankah ia memilih Mari, gadis lembut dan baik hati yang sudah menjadi temannya sejak kecil, atau Elora–sosok Elora yang baru–yang menjadi tokoh antagonis dalam program reality show ini? Galen harus memilih dengan tepat gadis mana yang akan ia mahkotai sebagai ratunya.

The Paragon Plan

Berbeda dengan dua novel sebelumnya yang memperebutkan hati seorang pria kaya dan tampan, program Soma TV besutan Sarah kali ini dilakukan untuk mendapatkan peran utama dalam alih wahana novel Gisel yang baru, Estuaria. Sarah membuat sebuah program bertajuk Finding Estuarian, tempat para aktris papan atas akan bersaing untuk memperoleh pemeran utama wanita dalam film tersebut. Felli Kusuma, Arin Putri, dan Katyana Magani adalah ketiga aktris yang akan memperebutkan satu peran tersebut. Sang pemeran utama pria, Elgar Birendra, akan menjadi juri utama dalam program ini.

TheBeli Sekarang!

Bersama pemeran pendukung lain yang turut bersaing untuk memperoleh peran yang diinginkan oleh masing-masing dari mereka, ketiga aktris ini mengeluarkan kemampuan maksimal mereka untuk merepresentasikan sosok Grisha dalam novel Estuaria menjadi tokoh yang benar-benar ada di dunia nyata. Katyana Magani, aktris senior yang sudah cukup banyak makan asam garam dalam dunia seni peran, ternyata tidak luput dari hambatan ketika menjalani tiap tantangan yang diberikan oleh tim program Finding Estuarian.

Katyana Magani mendorong kemampuannya semaksimal mungkin demi mendalami peran sebagai Grisha. Ia harus menyesuaikan visinya dengan visi sang penulis, Gisel, serta visi dari pemeran utama pria, Elgar. Tanpa disangka, perjalanannya untuk menjadi seorang Grisha juga menuntunnya untuk mengenal sosok Elgar Birendra dengan lebih dekat. Kemiripan yang mereka miliki membuat masing-masing dari mereka merasa terusik dan tertarik satu sama lain.

Persaingan yang terjadi antara semua pemeran yang bersaing untuk memperebutkan peran-peran di film Estuaria ternyata tidak selalu sehat. Katyana harus berusaha keras untuk menang demi meraih ambisinya untuk memperoleh peran Grisha dan menjadi pemenang dalam program Finding Estuarian.

The Confidante Plot

Chesarya Magani, adik dari Katyana Magani, menerima tawaran dari salah satu produser Soma TV, Yuni, untuk menjadi seorang Confidante dalam program terbaru besutannya, Paradoks Cermin. Program tersebut merupakan reality show dengan genre suspense-dating game show. Dalam program ini, akan ada empat orang pemeran utama yang masing-masing memiliki peran yang hanya diketahui oleh tim produksi program Paradoks Cermin. Peran tersebut yaitu Male Lead, Female Lead, Villain, dan Villainess. Tujuan akhir dari Paradoks Cermin adalah menyatukan Male Lead dengan Female Lead.

TheBeli Sekarang!

Setiap tokoh utama memiliki tim berisi tiga orang yang memiliki superpower untuk memengaruhi alur dari game ini. Mereka semua kemudian diisolasi dalam satu vila selama beberapa waktu.

Peran Chesarya mudah. Ia akan menjadi seorang penengah dalam reality show ini. Ia akan menjadi orang yang mendengar semua curahan hati para pemain, memberi nasihat dan saran, serta menjadi moderator dalam setiap acara ketika keempat tokoh utama saling memilih nama. Sebagai seorang psikolog, Chesarya tak merasa tugas ini sulit sama sekali.

Namun, kehadiran Kalev, salah satu dari keempat tokoh utama, mengacaukan pekerjaan Chesa yang seharusnya mudah dan sederhana. Kalev mengacaukan plot yang sudah dibuat oleh tim Paradoks Cermin. Ia bermain dengan caranya sendiri, dan melibatkan Chesa terlalu jauh dari perannya sebagai seorang Confidante. Paradoks Cermin adalah program yang penuh intrik dan teka-teki. Akankah kemenangan diraih oleh Male Lead dan Female Lead, atau justru Villain dan Villainess akan mengacaukan permainan ini? Atau... akankah Sang Confidante juga turut terlibat dalam jalinan permainan ini?

Bagi kamu pecinta buku-buku bergenre komedi romantis, kamu pasti tidak ingin melewatkan membaca novel-novel dari The Broadcasting Series karya Aranindy ini. Selain konsepnya yang baru, kamu juga dapat merasakan keseruan dari drama-drama ala reality show yang sudah mulai berkurang di televisi era ini. Kamu akan ikut merasakan kesal, baper, gemas, dan perasaan lain yang dirasakan para tokoh utama dalam novel-novel ini.

Tunggu apa lagi, Grameds? Segera dapatkan buku-buku dari The Broadcasting Series hanya di Gramedia.com! Pastikan kamu dapat promo terbaik dari kami juga, ya🎇🤩

halamanTemukan Buku Lainnya di Sini!


Sumber gambar header: freepik.com

Penulis: Puteri C. Anasta


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus