(REVIEW BUKU)  The Stories of Choo Choo: Guratan Kesepian ala Citra Marina

(REVIEW BUKU) The Stories of Choo Choo: Guratan Kesepian ala Citra Marina

. 2 min read

Masih ingat seri 88 Love Life, paduan tulisan Diana Rikasari dengan sentuhan ilustrasi Dinda Puspitasari? Bagaimana dengan The Book of Invisible Questions dan The Book of Forbidden Feelings karya Lala Bohang? Atau seri populer dari Naeli Ali, Stories for Rainy Days?

Bisa dibilang sepak terjang mereka dalam menerbitkan buku bergambar bagi kalangan dewasa membawa sukses. Pun menepis pandangan yang mengatakan tidak pas rasanya kalau orang-orang dewasa membaca buku bergambar.

Dari titik inilah, buku dengan ilustrasi bergambar di dalamnya mulai bertebaran di pasar perbukuan.

Menyoal buku bergambar untuk orang dewasa, The Stories of Choo Choo: You’re Not as Alone as You Think turut mengisi deretan buku best seller sejak dirilis beberapa waktu lalu. Buku ini adalah karya perdana dari Citra Marina.

NOVEL

Ketika membaca buku ini, kamu seakan diajak mengarungi lautan pemikiran Citra Marina bahwa sebenarnya tidak masalah kalau seseorang merasa dirinya berbeda.

Misalnya, ada yang lebih suka makan dan nonton film di bioskop sendirian. Ada yang lebih senang menghabiskan waktu weekend di rumah. Atau ada juga yang merasa sulit sekali untuk memulai percakapan dengan orang lain.

Mungkin seseorang itu merasa sikap tersebut lain dari pada yang lain. Akan tetapi, sebenarnya bukan dia saja yang merasa berbeda. Ada orang lain yang juga seperti dirinya.

Pesan tersebut pun tergurat dalam judul bukunya yang kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia kurang lebih berarti, “kamu tidak sendirian seperti yang terpikirkan olehmu”.

Dalam menuangkan pemikirannya, Citra Marina menciptakan Choo Choo sebagai tokoh utama yang “berbicara” dalam buku ini. Ilustrasi Choo Choo sendiri digambar oleh Citra Marina di sela-sela perjalanannya sehari-hari dengan commuter line.

Kalau dilihat-lihat, ilustrasi karakter Choo Choo ini mirip dengan tokoh Moomin dalam komik buatan Tove Jansson.

Jika kamu membaca The Stories of Choo Choo: You’re Not as Alone as You Think, agaknya kamu akan merasa membaca sebuah buku harian. Pembaca sewaktu-waktu dapat mengiyakan kalau dirinya pernah merasa berada di posisi Choo Choo.

Alhasil, bisa jadi bakal ada anggukan-anggukan kepala selama kamu menyelami kisah si Choo Choo.

Buku The Stories of Choo Choo: You’re Not as Alone as You Think sendiri dikemas dengan menggunakan hardcover. Ukuran bukunya yang kecil dan ringan juga memudahkan para pembaca untuk membawanya kemana pun itu. Apalagi untuk dibaca di kereta atau kendaraan umum lainnya.

Tentunya sebagai pengingat bagi kamu yang merasa punya kesamaan dengan karakter Choo Choo kalau kamu tidak sendirian.

Penasaran apakah kamu akan menemukan dirimu sendiri dalam buku ini? Yuk, dapatkan buku The Stories of Choo Choo: You’re Not as Alone as You Think hanya di Gramedia.com!

NOVEL


All image source: Doc. Citra Marina