(REVIEW BUKU) Menggambar Itu Gampang, Siapa Bilang Susah?

(REVIEW BUKU) Menggambar Itu Gampang, Siapa Bilang Susah?

. 3 min read

Sepertinya, menggambar menjadi salah satu aktivitas favorit bagi anak-anak. Mulai dari corat-coret iseng di dinding dan lantai rumah hingga menggambar dengan serius di buku gambar. Bahkan seringkali menjadi jawaban atas pertanyaan mengenai hobi ketika sedang mengisi biodata.

Seni gambar ini sebenarnya tak hanya dapat dijadikan sebagai hobi saja. Hobi menggambar juga dapat bertransformasi menjadi sebuah profesi yang banyak dibutuhkan.

Entah itu dijadikan sumber mata pencaharian ataupun ajang berbagi ilmu. Inilah yang dilakukan oleh Tri Harianto, seorang seniman yang kini membaktikan diri dalam loka seni untuk anak-anak.

Menggambar telah menjadi hobi Tri Harianto sedari kecil hingga dijadikannya sebagai profesi ketika dewasa. Sebelumnya, pria yang akrab disapa Kak Tri ini sempat 10 tahun bekerja di lingkup periklanan. Pun sesekali meluangkan waktu untuk menurunkan ilmunya kepada guru-guru TK, SD, dan PAUD.

Hingga pada tahun 2013, Kak Tri mulai mengabadikan karyanya ke dalam buku. Ia memang berniat untuk membagikan ilmu tentang menggambar kepada anak-anak. Selain itu, bisa dibilang buku-buku Kak Tri merupakan cerminan dirinya. Seperti yang ia katakan dalam bukunya berjudul Menggambar Itu Gampang.

TRI HARIANTO

Menyoal buku Menggambar Itu Gampang, ini diawali dari niatan Kak Tri agar ilmunya bisa menjangkau semakin banyak orang. Lalu, gagasan membuat buku belajar menggambar untuk anak-anak pun muncul.

Meski dikemas dengan sederhana layaknya buku-buku gambar lainnya, buku Menggambar Itu Mudah tak bisa dianggap sepele.

Buku ini memang dibuat Kak Tri berbeda dari buku-buku menggambar pada umumnya. Dalam bukunya, Kak Tri sengaja membuat gambarnya secara manual. Sedangkan, kebanyakan buku menggambar di pasaran dibuat dengan media komputer.

Dengan isi buku yang digambar manual oleh Kak Tri sendiri, anak-anak dapat lebih mudah mengikuti goresan demi goresan pada gambar tersebut.

Oleh karena itu, gambar-gambar yang ada dalam buku Menggambar Itu Gampang terlihat lebih natural. Anak-anak pun tak perlu bingung untuk membuat lengkungan gambarnya sesempurna ilustrasi yang dibentuk menggunakan komputer.

Mengenal angka sembari menggambar

Buku Menggambar Itu Gampang tak hanya membagikan teknik-teknik dasar menggambar. Kak Tri ternyata juga menghadirkan teknik menggambar sesuatu dari angka-angka. Mulai dari buah-buahan, tumbu-tumbuhan, hingga manusia.

Dengan begitu, anak-anak dapat belajar mengenal angka melalui kegiatan menggambar. Alhasil, proses belajar pun jadi lebih seru dan jauh dari kata bosan. Siapa tahu turut merangsang kreativitas anak.

Semakin menarik teruntuk para orangtua yang ingin aktivitas belajar si kecil semenyenangkan mungkin bukan?

Mengembangkan sayap di pasar internasional

Usut punya usut, buku Menggambar Itu Gampang juga hadir dalam bentuk digital. Versi digitalnya bisa memudahkan para orangtua yang ingin belajar terlebih dahulu untuk kemudian mencontohkannya kepada si kecil. Interaksi ini bisa memicu kedekatan orangtua dengan anaknya.

Adapun bentuk digital buku Menggambar Itu Gampang juga diterjemahkan dalam Bahasa Inggris. Buku digital versi Bahasa Inggris ini ditujukan Kak Tri untuk menyasar pasar internasional.

Buku Menggambar Itu Gampang dikemas secara full color. Selain teknik menggambar, buku ini juga menghadirkan contoh-contoh teknik goresan dan campuran warna. Dengan demikian, si kecil bisa mengadaptasi teknik mewarnai tersebut untuk gambarnya.

TRI HARIANTO

Yuk, segera dapatkan buku karya Tri Harianto berjudul Menggambar Itu Gampang!. Dapatkan juga buku-buku Kak Tri lainnya di Gramedia.com dan Gramedia Digital untuk versi e-booknya.