(Review Buku) Catatan untuk Lebih Cinta Diri Sendiri dari Baek Se Hee

(Review Buku) Catatan untuk Lebih Cinta Diri Sendiri dari Baek Se Hee

. 2 min read
"Buku ini adalah buku yang memuat catatan pengobatanku yang terjangkit distimia atau gangguan distimik (berbeda dengan gangguan depresi mayor yang menunjukkan gejala depresi berat, distimia adalah kondisi di mana penderitanya mengalami depresi ringan yang berkepanjangan dan terus-menerus)."

Kutipan di atas diambil dari kata pengantar buku berjudul I Want to Die But I Want to Eat Tteokpokki karya Baek Se Hee. Dan memang seperti kalimat kutipan itu lah isi buku terjemahan yang satu ini.

Buku yang versi aslinya berbahasa Korea ini, memang berisikan tentang catatan pengobatan si penulis. Pengobatan terkait kondisi psikologi si penulis.

Isinya sebagian besar berupa percakapan si penulis dengan psikiaternya. 12 minggu waktu konsultasi yang kemudian ia rangkai menjadi beberapa bab yang terpisah.


Baca juga: Rekomendasi Novel Terjemahan Asal Jepang Selain Haruki Murakami


Setiap satu minggu dijadikan bab yang berbeda. Dibuka dengan keputusan si penulis untuk menemui psikiater. Hingga akhirnya pelan pelan membuat si penulis menyadari keadaannya dan menerimanya.

Buku ini memberikan gambaran tentang bagaimana seseorang pada akhirnya menyadari betapa pentingnya mencintai diri sendiri. Banyak hal yang dilalui Baek Se Hee, hingga dia memiliki penilaian-penilaian tentang dirinya sendiri di mata orang lain.

Namun setelah melalui sesi konsultasi dengan psikiaternya, Baek Se Hee mulai mengerti mengapa ia merasakan berbagai hal, dan bagaimana akhirnya ia bisa berdamai dengan perasaan-perasaan tersebut.

Buku ini sarat akan pertanyaan, penilaian, saran, nasihat, dan evaluasi diri yang bertujuan agar pembaca bisa menerima dan mencintai dirinya. Di negara asalnya buku ini berhasil menjadi salah satu buku best-seller, karena isinya mampu menyentuh hati pembaca.

Esai ini mendapat sambutan baik dari pembaca di Korea karena para pembaca merasakan hal yang sama dengan Baek Se Hee.

Untuk kamu yang sedang memiliki banyak pertanyaan tentang kehidupan dan tentang diri sendiri, buku ini bisa menjadi salah satu bahan kontemplasi di awal tahun.

Buku ini juga direkomendasikan oleh beberapa idol K-Pop seperti BTS RM and Seventeen S.Coups.  Jika kamu sedang merasa terpuruk atau merasa tidak nyaman dengan dirimu sendiri dan sekitarnya, mungkin buku ini akan membuatmu merasa tidak sendiri.

buku


Baca juga: 5 Buku Baru Akan Terbit Januari 2020 yang Patut Ditunggu


Sumber foto header: Baek Se Hee Instagram