Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Review Buku Autumn in Paris: Kisah Cinta Terlarang yang Memilukan

Review Buku Autumn in Paris: Kisah Cinta Terlarang yang Memilukan

Sejak debut dengan novel berjudul Summer in Seoul tahun 2006 lalu, Ilana Tan menjadi salah satu penulis buku romance favorit banyak pembaca. Summer in Seoul kemudian berkembang menjadi tetralogi yang disebut sebagai Season Series. Keempat bukunya ini memiliki latar musim yang berbeda di kota dan negara yang juga berbeda, namun terdapat kesamaan tokoh di buku-buku tersebut. Buku kedua dari tetralogi ini menyusul di tahun 2007, berjudul Autumn in Paris. Berturut-turut kemudian buku ketiga dan keempat rilis, masing-masing di tahun 2008 dan 2010, yaitu Winter in Tokyo dan Spring in London.

Dari keempat buku ini, Autumn in Paris menjadi buku yang paling sering diperbincangkan oleh para pembaca.  Berdasarkan review pembaca di Goodreads, Autumn in Paris juga memiliki rating yang lebih tinggi dan pembaca yang lebih banyak. Tercatat dari pengguna Goodreads, Autumn in Paris sudah dibaca oleh lebih dari 12 ribu pembaca, dengan rating rata-rata 4,11 dari 5. Kalau kamu lihat ulasan para pembaca Autumn in Paris di Goodreads, mungkin kamu akan menemukan banyak komentar tentang betapa sedih dan tragisnya kisah cinta dalam buku ini. Wah, penasaran nggak sih sama isi buku ini?

Sinopsis Autumn in Paris

Pertemuan tak terduga antara Tara Dupont dan Tatsuya Fujisawa berlangsung di sebuah kedai ketika musim gugur sedang menyelimuti Paris. Tara mencintai Paris dan musim gugur, sementara Tatsuya diam-diam membenci Paris dan terpaksa datang ke sana untuk bertemu dengan seseorang yang sudah menghancurkan hidupnya. Perasaan di antara mereka tumbuh tanpa disangka-sangka. Tara mulai merasa nyaman dengan ketenangan Tatsuya. Tatsuya merasa dunianya berubah dengan kehadiran Tara yang ceria di hidupnya. Namun, dunia mereka tiba-tiba terjungkirbalikkan dalam sekejap.

ReviewBaca Bukunya di Sini!

Barangkali rasa nyaman yang hadir ketika mereka saling menemani adalah isyarat bahwa benang merah yang menghubungkan mereka sudah ada sejak dulu. Sekeras apa pun mereka menyangkal, Tara dan Tatsuya tak bisa mengubah kenyataan. Mereka tak bisa lari dari takdir. Rahasia dari masa lalu yang akhirnya terungkap menjadi algojo yang mengakhiri hubungan mereka yang belum sempat dimulai.

Ironis bagi Tara dan Tatsuya–hal yang membuat mereka berpisah justru adalah hal yang seharusnya mengeratkan mereka.

Rasa hancur karena tak bisa bersama dengan orang yang mereka cintai mendorong Tara dan Tatsuya dalam jurang keputusasaan. Mereka sudah tidak berdaya, sudah tidak punya harapan lagi untuk bisa benar-benar bersama dengan cara yang mereka inginkan.

Review Buku Autumn in Paris

Buku ini dibuka dengan curahan hati seseorang yang berada di ambang keputusasaan, ia sudah nekat ingin mengakhiri hidupnya demi terlepas dari rasa sakit yang ia rasakan. Adegan tersebut membuat kesan gloomy lekat dengan buku dengan cover cantik ini. Tapi, jangan tutup bukunya dulu! Dalam halaman-halaman selanjutnya, kamu akan disuguhkan deskripsi apik tentang kecantikan Paris di kala musim gugur tiba. Kemudian, kamu akan bertemu dengan sang tokoh utama, Tara Dupont.

Gadis cantik nan ceria ini akan membuat suasana dalam kisah ini menjadi lebih berwarna. Tara merupakan gadis blasteran Indonesia-Perancis yang berprofesi sebagai penyiar radio. Dalam kisah ini, Tara awalnya jatuh hati pada sahabatnya yang hobi gonta-ganti pacar, Sebastien. Namun, kehadiran Tatsuya pelan-pelan mendistraksi Tara dari perasaannya yang tidak berbalas tersebut.

Tatsuya Fujisawa adalah pria asal Jepang yang selalu nampak serius dan sendu. Namun, kehadiran Tara membuat sisi lain Tatsuya terungkap. Pria yang senantiasa bersikap tenang ini ternyata punya sisi manis yang mampu membuat pembaca jatuh hati, terutama ketika Tatsuya menunjukkan rasa sayangnya pada Tara.

Interaksi antara Tara dan Tatsuya digambarkan dengan apik; lewat percakapan-percakapan mereka di apartemen ketika malam hari, waktu yang mereka lewatkan sambil jalan-jalan ke Jardin du Luxembourg dan Musée Rodin, dan momen-momen kebersamaan lain antara pasangan yang sedang jatuh cinta ini.

Kamu mungkin akan terhanyut baper ketika membaca scene romantis itu. Namun, Ilana Tan ternyata meletakkan ranjau tepat di tengah-tengah adegan yang bikin pembaca berdebar-debar. Tiba-tiba saja suasana dalam cerita akan berubah 180 derajat! Rahasia yang kelam tersebut terbuka tanpa sengaja, membuat Tatsuya terpaksa mengambil satu-satunya langkah yang ia bisa pikirkan–menjauh dari Tara. Bagai domino, rentetan kejadian kemudian akan mengirimkan efek terkejut dan sedih bagi pembaca. Rasa bahagia yang mereka bagi bersama ternyata tak mampu meredam rasa sakit yang mereka alami sendiri-sendiri. Tara dan Tatsuya terpaksa berpisah karena kenyataan.

Ternyata, tidak hanya sampai perpisahan Tara dan Tatsuya, ending buku ini juga memberikan kejutan yang sukses membuat semua pembaca terisak-isak! Tidak diragukan lagi, kisah cinta Tara dan Tatsuya adalah salah satu kisah cinta manis yang paling tragis yang bisa kamu temukan dalam novel-novel romance.

Penasaran dengan kisah Tara dan Tatsuya dalam Autumn in Paris? Yuk, segera baca bukunya!

Selain Autumn in Paris, novel-novel karya Ilana Tan yang lain juga nggak kalah seru, lho. Simak rekomendasinya di sini, yuk!

Rekomendasi Novel Karya Ilana Tan

1. Summer in Seoul

Kalau kamu menyukai drama Korea, Summer in Seoul akan menjadi cerita yang sesuai untuk kamu. Buku ini bercerita tentang wanita muda yang diminta untuk pura-pura jadi pacar seorang idol yang kerap digosipkan menyukai lawan jenis saking tidak pernah terlihat bersama dengan perempuan mana pun. Pertemuan kedua tokoh utama dalam cerita ini, Sandy–alias Han Soon-Hee–dan Jung Tae-Woo, terjadi secara tidak sengaja ketika handphone mereka tertukar.

ReviewBaca Bukunya di Sini!

Karena rumor tak sedap yang beredar terkait Jung Tae-Woo, manajernya, Park Hyun-Shik, meminta kepada Han Soon-Hee untuk berpura-pura jadi kekasih Jung Tae-Woo yang selama ini ia sembunyikan. 'Hubungan' mereka kemudian dimulai di musim panas. Perasaan itu tumbuh dengan sendirinya. Mereka sama-sama saling membuka diri pada satu sama lain, sehingga rasa saling membutuhkan tercipta di antara mereka.

Ketika masa lalu yang sudah empat tahun lamanya menghantui tiba-tiba menjelma nyata dan menyebar menjadi gosip-gosip tidak sedap, Han Soon-Hee berniat hendak ke Jakarta. Malang, dalam perjalanan tersebut ia mengalami kecelakaan yang menyebabkan dirinya koma. Jung Tae-Woo yang merasa khawatir langsung berangkat menjumpai Han Soon-Hee dan jujur pada perasaannya sendiri.

2. Winter in Tokyo

ReviewBaca Bukunya di Sini!

Keiko Ishida bertemu dengan Nishimura Kazuto, tetangga barunya, di sebuah apartemen di Tokyo. Kazuto tanpa ragu langsung menemukan kenyamanan dengan hadirnya Keiko. Namun, Keiko masih menyimpan perasaan pada Akira–cinta pertamanya. Kazuto berharap setengah mati Keiko akan melupakan pria itu dan melihat kehadirannya di sisi gadis itu. Seiring berjalannya waktu, Keiko akhirnya merasakan kenyamanan yang sama. Ia mulai merasa takut kehilangan Kazuto. Namun, masa-masa indah sebulan bersama di awal musim dingin di Tokyo tersebut terpaksa berubah, ketika suatu hari salah seorang dari mereka terbangun dengan amnesia. Semua kenangan mereka selama sebulan terakhir terhapus dari benaknya.

Winter in Tokyo sudah dialihwahanakan menjadi film layar lebar pada tahun 2016, dibintangi oleh Dion Wiyoko sebagai Kazuto dan Pamela Bowie sebagai Keiko. Kisah cinta yang hangat dan manis ini mampu membuat pembaca tersenyum-senyum terbawa perasaan. Di akhir cerita, pembaca juga akan dibuat terkejut dengan plot twist yang tidak disangka-sangka!

3. Spring in London

Seorang model asal Jepang, Naomi Ishida, dihantui oleh masa lalu buruk yang mati-matian ia tutup rapat dari orang lain. Masa lalu itu membuatnya trauma dan takut berdekatan dengan laki-laki. Namun, ketika ia bertemu dengan Danny Jo–seorang model yang bercita-cita jadi sutradara terkenal–semuanya berubah. Pertemuan Naomi dan Danny berawal dari penawaran dari Jung Tae-Woo untuk menjadikan Danny model dalam music video terbarunya. Anehnya, Naomi langsung terlihat membenci Danny dalam perjumpaan pertama mereka!

ReviewBaca Bukunya di Sini!

Dinamika hubungan Danny dan Naomi akan membuat kamu ikut baper dan greget. Danny yang secara natural super-charming nyatanya memerlukan usaha yang tidak sedikit untuk dapat melelehkan hati Naomi. Ketika hal tak terduga terjadi, rahasia Naomi akhirnya terbongkar. Pertanyaan Danny akan rasa takut Naomi kepadanya akhirnya terjawab sudah–dan hubungan mereka kini bergantung pada rahasia tersebut.

4. Sunshine Becomes You

ReviewBaca Bukunya di Sini!

Masih mengambil setting di kota besar di luar negeri, Sunshine Becomes You kali ini akan membawa pembaca menikmati lika-liku hubungan Alex Hirano dan Mia Clark. Sebagai seorang pianis, Alex Hirano menganggap Mia Clark–yang sudah membuat tangannya patah–sebagai malaikat kegelapan. Namun, keceriaan Mia membuat Alex menyadari bahwa wanita ini membawa warna baru dalam hidupnya. Begitu juga Mia, yang selalu takut pada Alex, lama-lama mulai merasakan jantungnya berdebar-debar dengan kehadiran pria itu di sisinya.

Seperti juga novel-novel lainnya, karya Ilana Tan kali ini kembali membuat pembaca meneteskan air mata. Sunshine Becomes You juga sudah ditayangkan menjadi film layar lebar pada tahun 2015, dibintangi oleh Herjunot Ali sebagai Alex Hirano dan Nabilah Ratna Ayu sebagai Mia Clark.

5. In A Blue Moon

ReviewBaca Bukunya di Sini!

Lucas Ford telah menghancurkan hidup Sophie Wilson, dan gadis itu tidak sudi memberinya maaf. Terutama, karena Lucas juga tidak meminta maaf pada Sophie. Bagi Sophie, Lucas sudah membuat masa SMA-nya terasa seperti neraka. Meski merasa bersalah, Lucas tidak sanggup meminta maaf pada gadis itu.  Di tengah perseteruan mereka, tiba-tiba saja mereka mendapati diri mereka dijodohkan oleh sang kakek!

Ketika Lucas akhirnya berusaha untuk mati-matian mendekati Sophie, hal itu ia lakukan bukan karena campur tangan kakeknya, melainkan karena keinginannya untuk mengubah pandangan Sophie padanya. Ia mulai jatuh cinta pada Sophie dan ia ingin gadis itu merasakan hal yang sama dengannya.

6. The Star and I

Kembali mengambil setting di New York, The Star and I merupakan novel Ilana Tan yang terbit setelah bertahun-tahun hiatus. Dalam novel ini, pembaca akan bertemu dengan Olivia Mitchell dan Rex Rankin–sahabat dan cinta pertamanya yang sempat menghilang dari hidupnya.

ReviewBaca Bukunya di Sini!

Kedatangan Olivia ke New York awalnya hanya untuk urusan pekerjaan. Namun, kesempatan itu juga ia gunakan untuk mencari asal-usul orang tuanya yang tidak pernah ia kenal. Mencari seseorang yang tak pernah ia jumpai sama sekali di kota sebesar New York tentu jadi tugas yang rasanya mustahil dilakukan. Tapi Olivia bertekad tidak akan pulang sebelum berhasil bertemu dengan orang tuanya.

Di tengah kekalutannya, tentang kontrak kerja yang sebentar lagi habis dan pencariannya yang tak kunjung menemui hasil, Rex Rankin datang lagi ke hidupnya dan menawarkan bantuan. Sembilan tahun terpisah tanpa komunikasi, Olivia dan Rex meniti hubungan mereka pelan-pelan di tengah pencarian yang nyaris mustahil tersebut.

Ilana Tan adalah salah satu penulis novel romance dengan buku-buku yang selalu best-seller dan dinantikan oleh para pembacanya. Karakter utama dalam karya-karya Ilana Tan adalah kisah yang mengharukan dan selalu berhasil membuat pembacanya ikut terhanyut, latar yang cantik, dan tokoh-tokoh yang lovable!

Gimana, Grameds? Kamu sudah baca buku-bukunya Ilana Tan belum? Kalau belum langsung check out semua bukunya di Gramedia.com, ya! Jangan lupa, kamu juga bisa mendapatkan harga istimewa dengan mengeklik banner di bawah untuk melihat promo-promo yang tersedia.⤵️

Selamat berbelanja!🛒✨

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: Canva

Penulis: Puteri C. Anasta


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus