Resep Manis untuk Ramadan

Resep Manis untuk Ramadan

. 4 min read

Manisnya bulan Ramadan terutama saat buka puasa dan saat hari lebaran memang tidak mungkin lepas dari memakan dan meminum aneka minuman yang manis-manis. Walaupun banyak orang sudah tahu bahwa ungkapan berbukalah dengan yang manis itu bukan berarti memakan segala seuatu dengan pemanis buatan. Tapi tetap saja orang-orang belum bisa lepas dari minuman dan makanan dengan tambahan pemanis buatan seperti sirup, es campur, bubur manis, ataupun kolak.

Memakan dan meminum makanan serta minuman manis tersebut memang sudah menjadi terlanjur melekat menjadi kebiasaan dalam menghidangan makanan dan minuman wajib saat berbuka puasa dan pada waktu merayakan hari raya lebaran. Memang tidak mudah untuk merubah kebiasaan tersebut, namun sebenarnya kita bisa sedikit demi sedikit belajar mengurangi memakan dan meminum makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan, dengan membuat atau memasak sendiri makanan dan minuman manis saat berbuka puasa ataupun lebaran.

Dengan memasak dan membuat sendiri makanan dan minuman manis tersebut, kita bisa memilih sendiri bahan-bahan yang akan kita gunakan. Dengan begitu, kita bisa memilih bahan-bahan yang lebih sehat dan berkualitas.
Untuk cara pembuatannya, jangan khawatir, kalian bisa langsung cek 5 buku resep makanan dan minuman khas lebaran di bawah ini!

Kolak & Es Campur - 35 Resep Pilihan Sisca Soewitomo

for-blog-fixed---ramadan---kolak-sisca
Di Indonesia sajian seperti kolak pisang campur kolang kaling, bubur manis, es campur, es buah segar, atau es kelapa campur blewah merupakan sajian manis dan segar favorit yang sering muncul dan yang paling ditunggu saat Ramadhan tiba. Menyambut bulan suci penuh berkah dan pahala yang berlipat, mari coba membuat kolak dan es campur sendiri dari resep pakar makanan terkenal Sisca Soewitomo.

Aneka Resep - Minuman Sehat

for-blog-fixed---ramadan---minuman-sehat
Buku resep mini yang berisi kumpulan resep minuman dari aneka buah dan herbal untuk meningkatkan stamina tubuh, membantu penyembuhan, dan detoksifikasi. Aneka minuman hangat dan dingin dalam buku ini akan menyegarkan dan menyehatkan hari-hari puasa ramadan keluarga Anda.

Aneka Resep - Smoothie Sehat

for-blog-fixed---smoothie
Buku resep mini selanjutnya ini memuat aneka resep minuman smoothie yang tak hanya lezat menyegarkan tetapi juga sarat manfaat, meningkatkan kekebalan tubuh, antioksidan, serta melancarkan fungsi tubuh. Tak perlu pergi ke mall atau restoran, sekarang kita bisa membuat minuman smoothie ala-ala sendiri. Selain menyehatkan smoothie ini cocok untuk dihidangkan kepada tamu dan kerabat saat hari raya lebaran.

100 Resep Es Campur & Minuman Segar

for-blog-fixed---ramadan---campur-dan-segar
Bila Anda ingin tahu segarnya Es Campur, tidak melulu harus membeli Karena kita bisa membuatnya sendiri. Buku ini akan sangat membantu Anda yang membutuhkan resep-resep minuman dingin dan segar seperti es campur untuk disajikan. Buku resep ini mudah dimengerti dan ditiru cara pembuatannya serta bahan-bahan yang digunakannya pun juga mudah dicari. Minuman dingin dan segar dalam buku ini didominasi oleh Es Campur dan dilengkapi dengan minuman dingin lainnya dengan tampilan dan rasa yang bervariasi. Cita rasa Es Campur memang tidak hanya segar tapi juga menyehatkan karena terbuat dari buah-buahan dan bahan kaya serat seperti agar-agar misalnya.

30 Resep Sop Buah

for-blog-fixed---ramadan---sop-buah
Dalam buku ini Anda dapat menemukan 30 resep Sop Buah yang menggoda selera. Bahannya adalah buah-buahan segar yang disusun dalam wadah kemudian diberi sirup yang terbuat dari gula asli, susu kental manis, dan es batu. Kemudian diguyur kuah terbuat dari sari buah asli. Air buah inilah yang membuat rasa sop buah ini tak hanya segar, sehat tapi juga membuat kita ketagihan. Resep sop buah dalam buku ini selain menyehatkan karena mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, juga dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk menu minuman berbuka puasa ataupun saat hari lebaran.


Selama bulan Ramadan, sejauh mata memandang di pinggir jalan kita akan menemukan banyak pedagang yang menjual makanan dan minuman manis seperti kolak ataupun es buah. Hal ini sangat menggugah selera dan dahaga bagi orang yang berpuasa. Bagi kita yang sudah ingin berbuka puasa tetapi masih di perjalanan pulang kerja, kolak dan es buah tersebut akan menjadi suatu godaan yang besar untuk dibeli.

Bagi yang pernah merasakan pengalaman tersebut. Kita harus berpikir kalau kita tidak tahu gula, air, sirup, dan es batu apa yang digunakan pedagang tersebut. Kita tidak bisa menjamin kesehatan dan kehigenisan makanan tersebut. Jadi, jika masih bisa ditahan, lebih baik kita menahan lapar dan haus sedikit dan membuat es buah atau kolak sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang sudah jelas karena kita beli dan masak sendiri, daripada memakan makanan yang tidak higenis lalu jatuh sakit di kemudian hari.