Ingin Jadi Ayah Teladan? Intip Rekomendasi Buku-Buku Ini

Ingin Jadi Ayah Teladan? Intip Rekomendasi Buku-Buku Ini

. 3 min read

Ibu dan ayah adalah pasangan suami istri yang memiliki tanggung jawab yang sama dan setara dalam mengasuh buah hati. Tak ada teori yang bilang kalau Ibu harus mengasuh anak, sementara ayah harus bekerja.

Tidak hanya ibu, faktanya peran ayah sama-sama penting dalam membantu tumbuh kembang anak. Untuk para daddy yang ingin belajar membesarkan buah hati dengan baik, ada baiknya membaca buku-buku rekomendasi di bawah ini.

1. Belajar Menjadi Ayah

Belajar Menjadi Ayah

Sebagian besar ayah mungkin berpikir kalau ia sudah ikut ambil bagian dalam mengasuh anaknya dengan bekerja dan menafkahi keluarga. Namun, apakah anak-anak mengerti?

Dalam buku ini Thomas Kristo, sang penulis, ingin mengajak para ayah untuk dapat meluangkan waktu yang cukup bersama anak-anak, karena cara tersebut adalah cara konkret yang dimengerti anak-anak.

Jika ayah tidak pernah memiliki waktu bersama anak-anaknya dan hanya terus bekerja, bisa jadi mereka akan menyimpulkan bahwa sang ayah lebih peduli pada hal-hal lain ketimbang buah hatinya sendiri.

2. Me And My Two Daughters: Kisah Ayah Dua Dara yang Akan Menginspirasi Dunia Parenting Anda

Me And My Two Daughters: Kisah Ayah Dua Dara yang Akan Menginspirasi Dunia Parenting Anda

Buku ini ditulis oleh Willy Budiman Winata, seorang ayah yang memiliki satu istri dan dua anak perempuan. Buku ini ia tulis berdasarkan pengalamannya sendiri saat mengalami proses perubahan sikap terhadap istri dan kedua anak perempuannya.

Mulai dari cara menunjukkan resiko dari suatu tindakan dalam keluarga, aktivitas yang mempererat keluarga, cara membagi waktu kerja dengan waktu untuk keluarga, sampai kebiasaan kecil yang bisa mengungkapkan rasa sayang terhadap anak dan istri.

Rangkuman kisah-kisah manis dalam buku ini akan menginspirasi dunia parenting, terutama bagi para ayah. Ayah akan didorong dan diajarkan untuk dapat lebih mendekatkan diri pada anak-anaknya

3. Anakku Anugerah Istimewa: Perjuangan Seorang Ayah yang Berdamai dengan Autisme Putranya

Anakku Anugerah Istimewa: Perjuangan Seorang Ayah yang Berdamai dengan Autisme Putranya

Buku ini pada awalnya ditujukan sebagai wadah terapi Nurhaidin. Namun, di luar dugaan, buku ini ternyata juga dapat menjadi sarana pembelajaran bagi orangtua menentukan sikap dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus, juga bagi praktisi, misalnya terapis, dokter, maupun psikolog.

Nurhaidin membagikan pengalaman berharganya dalam buku ini. Ia berharap setelah membaca buku ini para pembaca juga berhasil menemukan solusi dan manfaat untuk mengasuh anak berkebutuhan khusus dengan baik.

4. Ayah Bunda, Kapan Kita Bisa Bermain Bersama?

Ayah Bunda, Kapan Kita Bisa Bermain Bersama?

Saat kita masih anak-anak yang bisa kita lakukan hanyalah bermain. Melalui permainan, anak melatih dirinya untuk memahami diri sendiri serta bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Bermain juga dapat membantu anak mengembangkan kreativitas dan melatih mental.

Buku ini hadir untuk mengajak orangtua terutama ayah agar lebih mendekatkan diri kepada anak melalui berbagai kegiatan bermain sederhana, namun tetap mengandung nilai kreatif dan edukatif.

5. Ayah Edi Mengapa Anak Saya Suka Melawan (Ed Revisi) + DVD

Ayah Edi Mengapa Anak Saya Suka Melawan

Buku ini merupakan kumpulan harapan dan impian yang ditulis serta digambar anak-anak segala umur. Bukalah halaman-halamannya dan untuk beberapa saat, jadilah kanak-kanak lagi.

Lihatlah gambarnya, dengarkan dongengnya dari DVD yang disediakan, dan temukan sekali lagi kekuatan cerita yang dituturkan dengan baik.

Buku ini akan memberi tahu para orangtua cara berpikir anak, keinginan anak, dan juga bagaimana cara untuk berkomunikasi yang baik dengan anak.


Mengasuh anak memang bukan hal yang mudah. Namun akan menjadi jauh lebih mudah jika para ayah ataupun ibu dapat saling bekerjasama dalam mengasuh anak.

Jika rekomendasi buku di atas belum cukup, silakan cari koleksi buku-buku parenting lainnya di Gramedia.com.


Header image source: Suherlin.com