8 Novel Thriller dengan Plot Twist Mengejutkan

8 Novel Thriller dengan Plot Twist Mengejutkan

. 5 min read

Tak ada yang lebih menantang dari membaca novel thriller. Sensasi menegangkan dan menyeramkan terasa nyata, karena ceritanya terus berlangsung dan berkutat dalam pikiran kita.

Sekali membaca, kamu akan terus terngiang-ngiang "Siapa ya pelakunya? Kenapa ia setega itu membunuh korban?" dan pikiran-pikiran lain.

Berikut ini rekomendasi novel thriller yang menceritakan kisah-kisah mencekam dengan plot twist yang mengejutkan. Tentukan sendiri kisah terormu di bawah ini!

1. Dusta-Dusta Kecil (Big Little Lies) - Liane Moriarty

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Pernah dengar serial laris dari HBO yang berjudul Big Little Lies? Ternyata serial ini diadaptasi dari novel yang berjudul sama lho.

Semuanya bermula ketika Jane, seorang ibu tunggal, mengantar putranya ke sekolah dan berkenalan dengan wali murid lainnya yaitu Madeline dan Celeste.

Saat insiden kecil yang melibatkan anak-anak mereka, hubungan ketiga ibu itu berubah serius, dan bisik-bisik antar ibu pun menjadi gosip-gosip jahat.

Pembunuhan? Kecelakaan tragis? Yang pasti seseorang tewas. Tapi, siapa yang melakukan apa?

Tak ada lagi yang tahu siapa yang benar dan siapa yang berbohong. Hingga seseorang harus membayar dengan nyawa.

2. Pembunuhan di Rumah Miring (Murder in the Crooked House) - Soji Shimada

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Rumah Miring itu berada di tebing berselimut salju yang menghadap ke lautan es di ujung utara Jepang yang terpencil.

Tempat yang aneh, memang. Banyak labirin lantai yang miring dan tangga-tangga di tempat yang tidak biasa.

Ketika seorang pria ditemukan mati dibunuh di salah satu kamar, polisi datang menyelidiki kasus ini, namun mereka tak mampu memecahkan teka-teki.

Maka dipanggillah Kiyoshi Mitarai, detektif terkenal yang pernah terlibat dalam misteri kasus Pembunuhan Zodiak Tokyo. Apakah kali ini Mitarai sanggup menangani kasus ini?

3. Pembunuhan Zodiak Tokyo (The Tokyo Zodiac Murders) - Soji Shimada

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Jauh sebelum kasus Pembunuhan di Rumah Miring, Kiyoshi Mitarai pernah kebingungan dengan kasus ini.

Seorang seniman ditemukan tewas di balik pintu studionya yang terkunci di Tokyo. Polisi menemukan surat wasiat aneh yaitu rencana sang seniman untuk menciptakan Azoth dari potongan-potongan tubuh para wanita muda.

Tak lama, para wanita muda tersebut tiba-tiba menghilang. Satu per satu mayat mereka yang termutilasi ditemukan, semua dikubur sesuai dengan prinsip astrologis yang diuraikan sang seniman.

Pembantaian misterius ini tetap tak terpecahkan selama lebih dari 40 tahun. Lalu pada suatu hari, dokumen kasus ini diserahkan kepada Kiyoshi Mitarai, seorang detektif eksentrik.

Didampingi Kazumi Ishioka, mereka mulai melacak jejak pelaku Pembunuhan Zodiak Tokyo serta pencipta Azoth yang lama hilang ditelan bumi.

4. Polisi Kenangan (The Memory Police) - Yoko Ogawa

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Penduduk di suatu pulau tak bernama, perlahan mereka mengalami amnesia. Secara berkala hal-hal yang tampak sepele, mulai hilang dari ingatan mereka.

Tetapi ada beberapa orang yang tidak lupa, entah kenapa, dan tugas Polisi Kenangan adalah mengatasi hal seperti ini.

Ketika seorang novelis muda mendapati editornya terancam akan dibawa pergi oleh Polisi Kenangan, dia berupaya menyelamatkan sang editor.

Editor itu adalah satu dari segelintir orang yang tidak melupakan, dan makin lama semakin sulit baginya untuk menyembunyikan hal ini.

Siapa yang tahu, apa yang akan hilang berikutnya?


Baca juga: 7 Novel Misteri Terlaris Agatha Christie


5. Catatan Harian Sang Pembunuh (Diary of a Murderer) - Kim Young-Ha

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Menceritakan seorang mantan pembunuh berantai berumur 70 tahun bernama Kim Byeong-su, yang mulai hilang ingatan akibat demensia.

Demi mempertahankan ingatan yang tersisa agar tak terlupa, ia pun mencatat semua yang terjadi pada dirinya.

Termasuk kehadiran kekasih putrinya yang dicurigai sebagai pembunuh berantai yang kini mengincar wanita-wanita di desa tempat tinggal mereka.

Kim Byeong-su harus memastikan sang putri tidak menjadi korban berikutnya. Ia memutuskan akan melakukan tindakan yang sudah lama tidak ia lakukan, sebelum ingatannya hilang seluruhnya.

6. Pelukis Bisu (The Silent Patient) - Alex Michaelides

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Suatu malam, terdengar bunyi tembakan dari rumah pasangan Gabriel dan Alicia Berenson.

Ketika polisi masuk, Gabriel ditemukan tewas tertembak dengan posisi terikat di kursi. Alicia berdiri di depan suaminya. Senjata api tergeletak di lantai.

Alicia membisu. Ia tetap diam ketika dituduh membunuh Gabriel. Alicia tetap bungkam sewaktu ditahan, tidak menyangkal atau mengaku. Ia tak pernah bicara lagi.

Dalam kebisuannya, Alicia menyatakan satu hal lewat lukisan potret diri. Ia memberi judul di sudut kiri bawah kanvas, dengan huruf-huruf Yunani biru terang.

Apakah ini sebuah petunjuk?

7. Mata Kegelapan (The Eyes of Darkness) - Dean Koontz

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Satu tahun berlalu sejak kematian Danny, sang ibu sudah mulai menerima kenyataan yang menyakitkan itu.

Namun sang ibu, Tina Evans, berani bersumpah ia baru saja melihat Danny di dalam mobil orang yang tak dikenalnya, lalu ia bermimpi bahwa Danny masih hidup.

Ketika terbangun, ia menemukan pesan di kamar tidur anaknya, dua patah kata yang membuatnya sangat terguncang: BELUM MATI.

Apakah seseorang mempermainkannya? Atau dirinya sendiri yang menulis pesan tersebut tanpa sadar? Apa benar anak yang ia cintai itu belum mati?

8. Katarsis - Anastasia Aemilia

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Seluruh keluarga Tara tewas dalam pembunuhan sadis, sementara Tara sendiri ditemukan dalam kondisi mengenaskan di kotak perkakas kayu.

Dengan bantuan Alfons, psikiaternya, polisi berusaha melacak dan menemukan sang pembunuh lewat Tara yang sedang mengalami trauma berat.

Teka-teki pembunuhan ini makin berat dan membingungkan setelah muncul Ello, pria teman masa kecil Tara.

Kematian demi kematian meninggalkan makin banyak tanda tanya. Apakah Tara sesungguhnya hanya korban, atau dia menyembunyikan jejak masa lalu yang kelam?


Baca juga: Dari Manga hingga Puisi Cinta, Ini 10 Buku Best Seller Mei 2020


Selain buku-buku di atas, temukan banyak lagi koleksi novel thriller lainnya yang dapat kamu baca hanya di Gramedia.com, dan versi e-books nya di Gramedia Digital!


Photo header by: Time.com