5 Rekomendasi Novel Romance Lokal untuk Temani Februari Kamu

5 Rekomendasi Novel Romance Lokal untuk Temani Februari Kamu

. 4 min read

Valentine bukan budaya kita, ujar orang-orang menjelang hari kasih sayang yang diperingati setiap 14 Februari. Dari manakah asal-muasal valentine?

Mari berkilas balik ke sekitar abad ke-3 Masehi. Kala itu, ada seorang santo yang begitu tersohor bernama Valentine. Ia memiliki banyak versi cerita yang dipercayai sebagai imam dari Roma pada masa itu.

Salah satu versi ceritanya adalah Valentine yang diketahui menyukai seseorang dilarang menikah. Hal itu karena anggapan kala itu tentang pria yang menikah adalah prajurit yang buruk.

Tak gentar, Valentine yang tetap menikah tapi ketahuan harus dihukum mati. Hari eksekusi jatuh pada 14 Februari tahun 270-an. Sebelum itu, ia memberikan surat cinta pada sang kekasih dengan tanda “From your Valentine”.

Kisah kelam Valentine adalah momentum kasih sayang yang kemudian dipopulerkan jadi Hari Kasih Sayang.

Sendiri atau bersama pasangan, kami punya rekomendasi aktivitas menyenangkan untuk merayakan Hari Valentine: membaca novel romance! Namun, novel romance apa? Kami punya daftar novelnya di bawah ini.

Simak sinopsis kelima rekomendasi novel romance berikut yuk!

Memori Janji Es Krim karya Nimas Aksan

jual
Memori Janji Es Krim karya Nimas Aksan

9 kali dipecat dari pekerjaan.

9 kali diputuskan pacar.

Mia tidak ingin ada yang kesepuluh. Maka, dia mencari penyebab dari segala hal buruk yang menimpa hidupnya. Sampai kemudian, Dudi, sahabatnya, menyebut kalau sumber dari kesialannya berawal dari sebuah nazar.

Saat SMA, Mia pernah berjanji mentraktir Dudi dan Karin semangkuk es krim Cinderella’s Shoes. Untuk bisa menepati janji tersebut, Mia harus bertemu Karin, sahabatnya yang kaya raya, sombong, dan egois. Takdir—entah baik atau buruk—juga telah mempertemukan dia kembali dengan Gardi, seorang pria sejuta pesona yang ternyata calon suami sahabatnya.

Ada begitu banyak drama yang harus dihadapi Mia untuk bisa menunaikan nazarnya. Berhasilkah Mia memutus tali kesepuluh kesialan dalam hidupnya?

1 + 1 = 0 karya Agustina Kusuma Dewi

jual
1 + 1 = 0 karya Agustina Kusuma Dewi

"Apakah kita adalah dua ketidakbahagiaan yang bertemu untuk saling membahagiakan?"

Begitutah, Sunny dan Mata Panda, alias Wigra dan Yasmma, berada dalam konspirasi semesta yang menjebak mereka pada jalinan takdir yang melingkar. Sunny, nama avatar Yasmina di dunia maya, si pecinta jus jeruk yang dihadapkan pada kenyataan bahwa cinta bukanlah dalit pasti, dan dalam perjalanan kehilangannya untuk kemudian dipertemukan kembali dengan Mata Panda, ia belajar tentang keberserahan diri pada kekuatan lain di luar logika yang berdaya penuh menggerakkan dua individu yang sating mencintai, pun memisahkan dengan yang bukan terpilihkan untuknya. Dalam tarik-ulur antara masa lalu, sekarang dan masa depan yang masih tertalu tak pasti, ia dihadapkan pada sebuah kenyataan bahwa dua orang yang mencintai adalah mereka yang memasrahkan dirinya untuk menjadi 1+1=0: sebuah keabadian tanpa sanggahan, sebuah keutuhan yang bulat, muttak, dan tak membutuhkan perdebatan.

After Tunangan karya Agnes Jessica

jual
After Tunangan karya Agnes Jessica

Tere dan Opan mungkin bertunangan, tetapi tidak berarti hubungan mereka mulus-mulus saja. Seiring berjalannya waktu, Tere merasa mereka terlalu bertolak belakang. Semuanya semakin runyam setelah kedatangan Vivi, salah satu sahabat Opan yang ternyata juga mantan pacarnya! Vivi terang-terangan berusaha merebut Opan hingga Tere sakit hati dan memutuskan pertunangan mereka.

Sialnya, perusahaan ayah Tere mendadak bangkrut sampai harus menerima bantuan dana dari ayah Opan. Tere yang tidak tega terpaksa meminta Opan pura-pura tetap bertunangan dengannya di depan keluarga mereka.

Namun ternyata berpura-pura tidak gampang, apalagi ada Evans yang ternyata masih mengharapkan Tere. Dan sekarang mereka malah terjebak dalam cinta segi empat! Duh, gimana nih?

Beautiful Deception karya Hannah Angie

jual
Beautiful Deception karya Hannah Angie

Botak. Vonis penyakit alopecia areata memaksa Raya Natsir memangkas mahkotanya. Ia pun harus menghadapi fakta bahwa ia telah berubah dari wanita karier yang sukses di New York, menjadi wanita botak pengangguran.

Kesempatan memperbaiki kehidupan datang dari Jazmin Garcia, pemimpin Trinity International. Alih-alih menjadi sekretarisnya, Raya justru diminta untuk melamar sebagai sekretaris CEO di perusahaan rival, Phillitech Incorporated. Namun, Raya harus menjalankan misi spionase di perusahaan peranti telekomunikasi terbesar di Amerika tersebut.

Nyatanya, menjadi sekretaris sang CEO sekaligus menjalani misi dari Jazmin ternyata tidak semudah yang ia kira. Pesona Pragata Phillips cukup sulit ditaklukkan oleh profesionalisme semata. Raya pun harus memilih: mengkhianati pria yang ia cintai atau mengambil risiko yang malah membahayakan keluarganya jika ia gagal menjalankan misi dari Jazmin.

The Time We Walk Together karya Lee Kyu Young

jual
The Time We Walk Together karya Lee Kyu Young

Semua orang di dunia mencintai dengan caranya masing-masing. Mari saling mencintai dengan cinta kita sendiri: yang saling percaya, saling menjaga, dan tidak goyah.

Graphic novel dengan gambar emosional tentang kisah cinta manis dalam kehidupan sehari-hari, dari pertemuan pertama yang seperti takdir.


Referensi: Kompas.com


Baca juga: Heart-Shaped Tears, Novel Goo Hye Sun yang Rilis di Indonesia