6 Novel Terbaik dari Sang Pujangga Paulo Coelho

6 Novel Terbaik dari Sang Pujangga Paulo Coelho

. 4 min read
“So, I love you because the entire universe conspired to help me find you.”
― Paulo Coelho, The Alchemist

Pernah dengar kutipan quote ini? Atau mungkin kamu pernah membaca bukunya?

Paulo Coelho adalah seorang novelis asal Brasil. Ia merupakan salah satu penulis dengan karya yang paling banyak dibaca di dunia. Coelho telah menerima sejumlah penghargaan internasional atas karya-karyanya.

Salah satu karyanya yang terkenal yaitu The Alchemist, telah diterjemahkan ke dalam 67 bahasa. Total bukunya telah terjual 150 juta kopi di seluruh dunia.

Karya-karya Paulo Coelho terkenal memiliki pesan yang mendalam di setiap bukunya.

Buat kamu yang belum tahu, ini dia 6 novel terbaik dari sang pujangga yang dapat meninggalkan kesan mendalam sepanjang masa.

Beberapa di antaranya telah diterbitkan dalam versi terjemahan bahasa Indonesia.

1. Sang Penyihir dari Portobello (The Witch of Portobello)

buku
Sang Penyihir dari Portobello (The Witch of Portobello)

"Bagaimana cara menemukan keberanian untuk senantiasa jujur pada diri sendiri, bahkan pada saat kita tak yakin akan diri kita?"

Itulah pertanyaan utama Paulo Coelho dalam Sang Penyihir dari Portobello.

Mengisahkan tentang perempuan misterius bernama Athena, banyak orang yang mengenalnya sebagai sosok yang baik, ternyata nyaris berbeda dari apa yang mereka kenal.

Cerita dalam buku ini memiliki kekuatan untuk mengubah sudut pandang para pembacanya mengenai cinta, gairah, sukacita, dan pengorbanan.

2. Brida

buku
Brida karya Paulo Coelho

Menceritakan sosok Brida, seorang wanita muda yang haus untuk mencari ilmu, tertarik pada dunia sihir.

Pencarian ilmu ini menuntunnya untuk bertemu orang-orang dengan kebijaksanaan besar, yang memungkinkannya menemukan dunia spiritual.

Ia bertemu seorang penyihir, yang mengajarkannya untuk mengatasi ketakutannya dan percaya pada kebaikan alam semesta. Brida kemudian pergi untuk memenuhi takdirnya.

Apakah dia berhasil meninggalkan segalanya untuk menjadi penyihir?

3. Iblis dan Miss Prym (The Devil and Miss Prym)

buku
Iblis dan Miss Prym (The Devil and Miss Prym)

Bercerita mengenai sosok orang asing, baru saja tiba di desa Viscos yang terpencil, dengan membawa ransel berisi buku tulis dan sebelas batang emas.

Ia datang untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang menyiksa batinnya, “Apakah manusia, pada dasarnya, baik atau jahat?”

Dalam rangka menyambut kedatangan orang asing yang misterius ini, seisi desa ikut terlibat dalam rencana rumitnya yang akan menandai hidup mereka selamanya.

The Devil and Miss Prym adalah sebuah ajaran moral, untuk mengulik pemikiran. Tentang masyarakat yang dikuasai keserakahan dan ketakutan, sementara berjuang menentukan pilihan antara yang baik dan yang jahat.


Baca juga: John Green: Fakta Unik Pengarang The Fault in Our Stars


4. Sang Pemenang Berdiri Sendiri (The Winner Stands Alone)

buku
Sang Pemenang Berdiri Sendiri (The Winner Stands Alone)

The Winner Stands Alone adalah cerminan dunia kita saat ini. Di mana uang, kemewahan, dan kesuksesan menjadi yang paling utama, dan untuk mencapainya mereka siap melakukan apa saja.

Dalam novel ini, Paulo Coelho membawa kita ke Festival Film Cannes, tempat berkumpulnya kaum super-elite, mereka yang telah sukses di dunia entertainment.

Kita akan bertemu Igor, si jutawan Rusia. Hamid, kaisar dunia mode dari Timur Tengah. Gabriella, aktris Amerika yang sangat ingin mendapatkan peran utama. Savoy, detektif kriminal yang ambisius dan berharap bisa menguak kasus yang akan membuatnya tenar. Serta Yasmine, model yang hampir meraih sukses.

Siapa yang akan berhasil mewujudkan mimpinya di antara sekian banyak mimpi yang ada?

5. The Alchemist

buku
The Alchemist karya Paulo Coelho

Dosa rasanya jika tidak memasukkan novel ini ke dalam rekomendasi. The Alchemist menunjukkan besarnya kekuatan mimpi dan pentingnya mendengarkan suara hati kita.

Mengisahkan anak gembala bernama Santiago, yang berkelana dari rumahnya di Spanyol, menuju padang pasir Mesir untuk mencari harta karun terpendam di Piramida.

Dalam perjalanan ia bertemu seorang perempuan Gipsi, seorang lelaki yang mengaku dirinya Raja, dan seorang alkemis, semua menunjukkan jalan kepada Santiago untuk menuju harta karunnya.

Perjalanan yang semula bertujuan untuk menemukan harta duniawi, berubah menjadi penemuan jati diri.

Apa sebenarnya isi harta karun tersebut? Akankah Santiago berhasil mengatasi rintangan-rintangan sepanjang jalan?

6. Hippie

buku
Hippie karya Paulo Coelho

Hippie adalah karya terbaru dari Paulo Coelho, yang menceritakan pengalaman hidupnya sendiri.

Ia mengajak para pembaca untuk menengok mimpi sebuah generasi yang merindukan perdamaian, dan berani menantang tatanan sosial yang telah mapan.

Pada masa itu, Paulo adalah seorang pemuda Brazil yang sangat ingin menjadi penulis. Ia melakukan perjalanan untuk mencari makna kehidupan yang lebih dalam.

Dalam perjalanan, ia bertemu Karla, gadis Belanda yang sebaya dengannya. Karla mengajaknya berkendara melintasi Eropa dan Asia Tengah.

Bersama rekan-rekan seperjalanan lain, mereka memperoleh cakrawala baru yang membawa pada pilihan dan keputusan yang akan menentukan jalan hidup mereka di kemudian hari.


Baca juga: Dari Misteri hingga Fantasi, Ini Dia 10 Novel Best Seller April 2020


Sudah tahu kan beberapa karya yang melegenda dari Paulo Coelho?

Selain Paulo Coelho, kamu dapat menemukan berbagai karya dari penulis terkenal lainnya, hanya di Gramedia.com.


Sumber foto header: Quartz Africa