Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Novel Korea Terjemahan Ini Nggak Kalah Seru sama Drakor, Lho!

Novel Korea Terjemahan Ini Nggak Kalah Seru sama Drakor, Lho!

Tidak hanya populer dengan industri musik dan filmnya, saat ini Korea Selatan juga sedang menjadi pusat perhatian dalam dunia sastra dan kepenulisan. Dari penulis novel kontroversial Cho Nam-Joo hingga Kyung-Sook Shin yang karyanya laris hingga mendunia.

Asyiknya, kamu bisa membaca karya terbaik penulis-penulis asal Korea Selatan tersebut yang kini tersedia di Gramedia.com.  Berikut rekomendasi novel Korea Terjemahan Indonesia yang dijamin nggak kalah seru dibanding drakor alias drama Korea! Apa saja ya?

Rekomendasi Novel Korea Selatan Terjemahan

1. Pasukan Buzzer - Chang Kang-Myoung

Tim Aleph jagonya buat hal-hal yang berada di internet jadi bisa dipercaya 100% oleh netizen. Sayangnya, hal-hal yang dibuat itu adalah propaganda, dan hanya manipulasi opini publik. Ini adalah buku dari Chang Kang-Myoung yang membuatnya berhasil mendapatkan Penghargaan Penulis Today di tahun 2016.

pasukan
Beli sekarang di sini!

Tim Aleph awalnya perusahaan pemasaran online yang menawarkan jasa mempromosikan produk atau perusahaan. Beranggotakan Sam-goong yang ahli menyusun strategi, Chatatkat yang pintar merangkai kalimat, dan 01810 yang jago komputer. Mereka sangat lihai memanipulasi orang-orang melalui internet dengan 'settingan' yang mereka buat.

Suatu hari, Tim Aleph menerima permintaan pekerjaan yang aneh. Jika mereka bisa menghancurkan situs bernama Kafe Jumda dalam waktu satu bulan, mereka akan diberi 90 juta won. Tim Aleph pun mulai beraksi, tapi mereka tidak menyadari bahwa mereka mungkin saja terlibat permainan politik berbahaya dan organisasi rahasia yang tidak segan-segan menghilangkan siapa saja yang dianggap bisa merugikan.

2. Shine - Jessica Jung

SONE wajib punya buku hasil tulisan dari Jessica! Plot dalam cerita di buku ini agak mirip dengan latar belakang Jessica nih, makanya banyak dikabarkan kalau buku ini seperti semi-biografi dari mantan lead-vocal girl group, Girls Generation atau SNSD.

buku
Beli sekarang di sini!

Buku fiksi pertama dari Jessica ini mengisahkan tentang Rachel Kim, remaja 17 tahun keturunan Korea-Amerika dan ia direkrut oleh DB Entertainment, perusahaan musik K-Pop di Seoul. Rachel harus latihan setiap harinya, tampil sempurna dan dilarang berkencan. Tapi skandal-skandal mulai bermunculan dan ia berusaha mempertahankan citra kesempurnaan. Melalui buku ini Jessica berharap dapat menularkan semangat menggapai mimpi seperti yang dilakukan Rachel!

3. Every Day is A Sunny Day When I Am with You - Bae Sung Tae

Pernah liat komik strip ini muncul di timeline media sosial kalian? Yap, ini adalah ilustrasi dari Bae Sung Tae yang dikumpulkan dalam satu buku kumpulan cerita bergambar, tentang pasangan yang baru menikah serta dua kucing peliharaannya di rumah.

everyday
Beli sekarang di sini!

Kebiasaan-kebiasaan yang terjadi antara pasangan muda ini digambarkan dengan lucu. Ada juga hal-hal rumit yang mereka hadapi tapi isinya tetap dijamin manis-manis hangat yang bisa buat siapa pun kesemsem sendiri!

4. Fish in The Water - Lee Chanhyuk

Personel dari AKMU atau Akdong Musician, Lee Chan Hyuk, menulis tentang seni dan nilai-nilai kehidupan dari perspektifnya sendiri. Novel ini juga berhubungan dengan album terbaru AKMU, yaitu “SAILING”. Buku ini langsung diserbu penggemar K-Pop.

fish
Beli sekarang di sini!

Perspektif yang ia tuliskan itu dibuat dalam kerangka cerita fiksi melalui dua tokoh. Ada Seon yang seorang seniman, dan Hae-ya sebagai ‘muse’-nya. Tentang seni dan seniman, musik, kebebasan dan prinsip, serta kisah cinta Hae-ya dan Seon walau dengan sifat yang berlawanan.

5. Kim Ji-yeong, Lahir Tahun 1982 - Cho Nam-Joo

Tiga rekomendasi dari Admin selanjutnya akan berasal dari karya Cho Nam Joo yang selalu bukan kaleng-kaleng! Pertama, menceritakan Kim Ji-Yeong, sosok wanita yang mengalami perlakuan diskriminatif selama hidupnya. Di tengah kehidupan yang masih menjunjung tinggi budaya patriarki, sebagai perempuan biasa ia berusaha tegar dan berjuang dengan apa yang terjadi di sekitarnya.

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Berbagai permasalahan yang menyerang, membuat ia merasakan kesedihan yang mendalam sebagai perempuan, membuatnya terjebak dalam perasaan depresi. Buku ini menyadarkan kita bahwa masalah diskriminasi dan kesetaraan gender masih menjadi tugas yang berat untuk diselesaikan. Selain novelnya yang makin melejit karena dibaca oleh personil K-Pop group BTS, film yang diangkat pun juga mendapatkan rating yang baik!

6. Saha Mansion - Cho Nam-Joo

Kedua dari Cho Nam-Joo, ada novel thriller tentang kelas-kelas masyarakat pada kota-negara aneh yang disebut Town.  Ada kelas L yang merupakan penduduk resmi, L2 adalah bukan penduduk resmi tapi memiliki izin tinggal sementara, lalu ada Saha, golongan masyarakat yang tidak diakui, yang terdiri atas para imigran gelap, difabel, korban kekerasan, dan kemiskinan yang menghuni Saha Mansion.

saha
Beli sekarang di sini!

Suatu ketika dokter wanita muda yang terhormat ditemukan tewas dengan tanda-tanda kelebihan dosis, pelecehan seksual, dan satu-satunya tersangka adalah kekasihnya yang berasal dari golongan Saha. Polisi segera menahan si kekasih, namun apa benar pria itu memang pelakunya?

Ada banyak kejadian aneh yang terjadi di Saha Mansion. Orang-orang yang menghilang secara misterius, tembok Town yang tidak bisa ditembus, hingga misteri siapa sebenarnya ketujuh menteri tanpa wajah yang memimpin kota-negara itu.


Baca juga: Terinspirasi dari Banyak Hal, Cho Nam-Joo Menulis Saha Mansion 7 Tahun!


7. Her Name Is... - Cho Nam-Joo

Kembali dengan menceritakan kisah perempuan, kali ini tentang curahan hati atas perjuangan yang penuh haru. Nam Joo mewawancarai perempuan dari berbagai status seperti ibu, istri, anak perempuan, single woman, dan juga seorang nenek.

her
Beli sekarang di sini!

Ada kisah menghadapi ketidakadilan, pelecehan, pernikahan, perceraian, dan kematian orang tua. 27 cerita dalam buku ini diharapkan bisa membantu memberikan semangat kepada para perempuan untuk terus berjuang dalam menghadapi kehidupan.

8. Catatan Harian Sang Pembunuh (Diary Of A Murderer) - Kim Young-ha

Menceritakan seorang mantan pembunuh berantai bernama Kim Byeong-su, yang mulai hilang ingatan akibat penyakit demensia. Demi memertahankan ingatan yang tersisa agar tak terlupa, ia pun mencatat semua yang terjadi. Termasuk kehadiran sosok kekasih putrinya yang dicurigai sebagai pembunuh berantai, yang kini mengincar wanita di sekitar tempat tinggal mereka.

catatan
Beli sekarang di sini!

Kim Byeong-su berusaha untuk memastikan sang putri tidak menjadi korban berikutnya. Ia memutuskan untuk melakukan tindakan yang sudah lama tidak ia lakukan, sebelum ingatannya hilang seluruhnya.

9. Bone - Mijin Jung

Menceritakan sosok Junwon, seorang lelaki yang dua tahun sebelumnya ditinggal pasangannya bernama Ha Jin. Ketika ia sudah mulai melupakan gadis itu, tiba-tiba ia menerima sebuah paket dengan surat ancaman yang memintanya membawa sejumlah uang untuk menebus Ha Jin.

Batas waktunya mendesak. Jika tidak bisa menemukan Ha Jin, sudah bisa dipastikan ia tidak akan pernah lagi bertemu dengannya. Apakah Junwon berhasil menemukan Ha Jin?

buku
Beli sekarang di sini!

Selain dibalut cerita romansa dan misteri, para pembacanya juga diajak untuk mengarungi perasaan dan pikiran Junwon yang terluka dalam buku ini. Ditambah foto karya Oh Sunhye di dalam buku ini, dapat membantu pembacanya memvisualisasikan sosok Junwon, dan larut ke dalam kenangannya bersama Ha Jin.

10. I'll Go to You When the Weather is Nice - Lee Do Woo

Novel ini termasuk populer di Korea Selatan sampai ceritanya juga diangkat menjadi drama Korea. Bercerita mengenai sosok Haewon, ia terkejut saat pulang ke kampung halamannya, ketika melihat salah satu rumah tua berubah menjadi toko buku baru.

Tak disangka, pemiliknya adalah Eunseob, sosok lelaki yang juga teman sekolahnya dulu. Haewon mulai menjalin hubungan dengan orang-orang di desa itu, termasuk dengan Eunseob.

ill
Beli sekarang di sini!

Ada banyak hal yang terjadi saat Haewon kembali, bahkan sebuah rahasia yang selama ini tersimpan rapat akhirnya terbongkar. Akankah Haewon tetap tinggal di desa itu? Lalu, bagaimana nasib hubungan Haewon dan Eunsob?

11. Ibu Tercinta (Please Look after Mom) - Kyung Sook Shin

Berhasil menjadi sensasi serta buku terlaris yang telah terjual lebih dari 1,5 juta kopi, buku ini jadi kisah yang menakjubkan dan sangat menyentuh. Menceritakan sepasang suami-istri yang berangkat untuk mengunjungi anak-anak mereka di kota.

ibu
Beli sekarang di sini!

Ketika sang suami bergegas naik kereta, ia mengira istrinya telah mengikuti di belakang. Ia baru menyadari ternyata sang istri tak ada di sisinya. Ia tertinggal di stasiun Seoul. Sosok ibu yang hilang itu tak kunjung ditemukan.

Anggota keluarga yang ditinggal, berusaha untuk mengatasi trauma. Satu per satu dari mereka sadar betapa pentingnya peran ibu, dan betapa selama ini mereka hanya sedikit mengenal dekat sang ibu. Apakah sang ibu berhasil ditemukan?


Baca juga: Rekomendasi Novel Sci-Fi & Fantasi Best Seller


12. Cinderella dan Empat Kesatria #1 (Cinderella and Four Knights #1) - Baek Myo

Jika kamu doyan nonton drama Korea, pasti kamu familiar dengan judul buku ini. Benar sekali! Drama ini ternyata berawal dari novel berjudul sama, yang menceritakan sosok Eun Ha Won, dengan jalan hidupnya bak cerita Cinderella. Tak disangka bahwa kakek yang pernah ia tolong, ternyata adalah Direktur Kang, seorang pengusaha yang kaya raya.

cinderella
Beli sekarang di sini!

Sebagai bentuk balas budi, Direktur Kang bersedia membantu Ha Won, yaitu untuk keluar dari rumah yang ditinggalinya bersama sang ibu tiri. Ia pun kemudian tinggal di rumah mewah bersama tiga cucu tampan dan seorang pengawal pribadi sang direktur. Tapi, menjadi kaya bukan berarti kehidupannya menjadi mulus.

Banyak yang iri padanya, ditambah lagi Kang Ji Woon, sang cucu ketiga, membencinya sejak pertemuan pertama. Kapankah ia mendapatkan ketenangan yang diinginkannya?

13. The Purloined Book - You Sun Dong

Kembali ke novel bergenre thriller, kini menceritakan sosok Seo Dong-yoon, seorang dosen sekaligus penulis skenario, yang menjadi saksi atas kematian Yeong-ho. Yeong-ho ditemukan dalam kondisi mengenaskan, karena pelaku memukul bagian kepala dan wajahnya tanpa ampun dengan pipa, hingga tidak bisa dikenali.

the
Beli sekarang di sini!

Mendengar berita kematian Yeong-ho, Dong-yoon terus termenung, mengapa ini bisa terjadi setelah semalam Yeong-ho berpisah dengannya? Sementara itu, tak hanya Yeong-ho saja, seorang penulis pendamping juga ditemukan tak bernyawa setelah pergi minum-minum dengan Dong-yoon.  Mencoba menggali sisa-sisa ingatan, Dong-yoon berusaha mencari tahu kejadian yang terlihat jelas di matanya pada hari itu.

14. Anak Teladan (The Good Son) - Jeong You-Jeong

Korea Selatan memiliki banyak sekali novel thriller yang menarik untuk dibaca, salah satunya buku dari karya Jeong You-Jeong ini. Menceritakan kisah Yoo Jin, yang terbangun dan menemukan dirinya dalam keadaan berlumuran darah. Namun itu bukan darahnya. Jadi, darah siapa?

the
Beli sekarang di sini!

Pertanyaan itu terjawab setelah ia menemukan ibunya tergeletak tak bernyawa, dengan leher tergorok penuh genangan darah di apartemen mereka. Sebagai penderita epilepsi, ingatan Yoo Jin seringkali tidak bisa mengingat apa pun yang terjadi, termasuk kejadian malam itu. Hanya suara ibunya yang memanggil namanya selalu terngiang-ngiang di telinga.

Apakah sang ibu memanggilnya untuk meminta tolong? Atau untuk memohon agar ia tidak membunuhnya? Yoo Jin pun berusaha menggali ingatannya, serta menguak rahasia lama tentang dirinya sendiri dan keluarganya.

15. Paint - Lee Hee-Young

Para pembaca diajak untuk berkenalan dengan Jenu 301, seorang anak yang dibesarkan oleh institusi pemerintah bernama NC Center. NC Center melakukan pencarian calon orangtua yang biasa disebut Parent’s Interview atau PAINT. Sayangnya, setiap calon yang ditemui Jenu 301 tidak tulus untuk mengasuhnya, namun hanya ingin mendapatkan keuntungan dari pemerintah.

buku
Beli sekarang di sini

Di tengah keputusasaannya, Jenu 301 kemudian bertemu dengan calon orangtua yang berprofesi sebagai penulis dan pelukis. Meski terlihat sederhana, namun ia bisa melihat sisi lain dari pasangan ini.  Berhasilkah Jenu 301 diadopsi oleh calon orangtua pilihannya? Mampukah ia meninggalkan NC Center yang selama ini membesarkannya?

16. School Nurse Ahn Eunyoung - Chung Serang

Chung Serang merupakan seorang penulis kisah fiksi ternama asal Korea Selatan. Novel ini merupakan salah satu karyanya yang laris di pasaran dan sudah diadaptasi menjadi serial di Netflix, lho! Menceritakan sosok Ahn Eunyoung, yang merupakan seorang perawat sekolah yang ceria, ramah, dan sangat antusias dengan pekerjaan yang ia geluti.

school
Beli sekarang di sini!

Keunikannya adalah ia bukan perawat sekolah biasa, namun juga pemusnah roh jahat. Ia sudah merasakan firasat buruk sejak pertama kali menginjakkan kaki di SMA M. Banyak hal-hal aneh terjadi di sekolah itu. Bersama gurunya yang juga merupakan cucu pendiri sekolah yaitu Hong Inpyo, mereka harus bekerja sama untuk menguak rahasia yang tersembunyi di SMA M. Apakah mereka berhasil?


Baca juga: Rekomendasi Novel Laris yang diangkat Menjadi Serial Populer


Sudah tahu kan, buku apa saja yang merupakan karya dari penulis ternama asal Korea Selatan? Jadi kamu mau baca yang mana dulu nih?

Nah, Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan memberikan hadiah manis buat kamu. Nikmati promo di Gramedia.com untuk kamu segera checkout buku-buku di atas tanpa buat dompet jadi tipis!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Saat ini belanja di Gramedia.com bisa dikirim dan diambil dari beberapa toko Gramedia, lho. Sebentar lagi, toko-toko Gramedia di dekat rumahmu akan terjangkau semua untuk mengirimkan pesanan buku-buku kesayangan kamu dari Gramedia.com. Doakan semuanya berjalan dengan lancar ya! 🙏😉

Belanja jadi makin asyik, tanpa ribet, hemat ongkir, dan cepat sampai rumah!

warehouse


Baca juga: Rekomendasi Novel Romantis Korea


Sumber foto header: instagram.com/fiksigpu


Albin Sayyid Agnar

Content Writer

Enter your email below to join our newsletter