Sambut Bulan Ramadan 2020 dengan 5 Novel Islami Ini

Sambut Bulan Ramadan 2020 dengan 5 Novel Islami Ini

. 4 min read

Bulan Ramadan tahun ini akan terasa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Wabah virus korona memaksa masyarakat dunia untuk beraktivitas #dirumahaja demi mencegah mata rantai penyebaran COVID-19.

Meski begitu, tetaplah untuk membahagiakan jiwa dan raga dengan memaksimalkan kegiatan rohani di bulan suci ini.

Jangan lupa mengisi harimu dengan bacaan-bacaan menarik, salah satunya dengan membaca novel-novel cinta bernapaskan Islami.

Penasaran novel Islami apa saja yang menarik untuk dibaca di tahun 2020 ini? Yuk, simak rekomendasinya!

1. Bidadari Berbisik - Asma Nadia

rekomendasi

Bagi penikmat novel-novel Asma Nadia, satu lagi karya terbarunya di tahun 2020 telah dirilis pada Maret lalu, yaitu Bidadari Berbisik.

Novel ini bercerita tentang Ning, yang menyusul adik kembarnya bernama Ayuni yang merantau ke Jakarta.

Berbekal info seadanya, Ning bertekad untuk menyusul ke Jakarta karena Ayuni sudah lama tidak memberi kabar hingga membuatnya cemas.

Dalam perjalanannya, Ning justru terjebak antara keinginan untuk menelusuri jejak lenyapnya sang adik, dan juga kejahatan yang dapat mengancam jiwanya.

Novel Bidadari Berbisik dapat kamu baca di sini.

2. Langkah Kaki - Shineeminka

rekomendasi

Para pembaca setia Wattpad pasti sudah familiar dengan Langkah Kaki dari Shineeminka ini.

Tulisan ini telah dibaca oleh hampir 2,1 juta orang di Wattpad. Langkah Kaki akhirnya dibukukan dan telah rilis pada Maret 2020 yang lalu.

Novel ini bercerita tentang kehidupan pernikahan yang ternyata tidak semanis yang dibayangkan.

Tidak hanya berisi dengan kisah bahagia, terkadang pernikahan juga memiliki kisah yang membuat hati masing-masing insan menjadi ragu.

Hingga sebuah kejadian yang tak diinginkan akibat sebuah kecerobohan membuat pasangan yang belum dapat mencintai sepenuh hati ini menjadi timbul rasa benci, dan menumbuhkan kekecewaan mendalam di hatinya. Rumah tangga pun di ambang kehancuran.

Setiap langkah kaki ini, kelak akan dimintai pertanggungjawaban. Mau kemana langkah kaki ini akan membawaku?

Akankah terhenti di sini, atau terus berjalan meski tertatih dan perih demi menggapai sakinah bersama yang terkasih?

Langkah Kaki dari Shineeminka ini dapat kamu baca di sini.


Baca juga: 7 Judul Buku yang Pas Ditulis Saat Social Distancing


3. Kekasih Impian - Wardah Maulina

rekomendasi

Mustahil rasanya jika mencintai dan mengagumi seseorang tanpa timbul rasa untuk memiliki.

Hal inilah yang coba diceritakan oleh Wardah Maulina saat menulis novel Kekasih Impian.

Novel ini menceritakan petualangan asmaranya dengan sang suami. Bagaimana ia pertama kali jatuh cinta pada satu unggahan foto di akun Instagram lelaki idamannya, kemudian berlanjut jatuh cinta.

Dengan bantuan doa yang tak pernah putus, Tuhan akhirnya mengabulkan permintaannya dan memberikan jalan hidup yang selama diimpi-impikannya.

Kabarnya, novel Kekasih Impian akan diangkat ke layar lebar lho oleh rumah produksi ternama, Falcon Pictures.

Jadi, sebelum filmnya tayang, baca dulu novelnya ya!

4. Di Atas Sajadah Cinta - Habiburrahman El Shirazy

rekomendasi

Di Atas Sajadah Cinta merupakan salah satu karya best seller Habiburrahman El Shirazy. Novel ini pertama kali terbit pada tahun 2006.

Meski begitu, hingga kini novelnya masih sangat populer dan laris manis diburu.

Di Atas Sajadah Cinta berisi kumpulan 38 cerita teladan Islami yang terinspirasi dari kisah nyata. Kisahnya terinspirasi dari sahabat-sahabat sang penulis, serta kisah-kisah yang bernilai Alquran dan As-sunnah dalam bahasa fiksi yang membuat jiwa tentram, dan mudah bagi pembacanya untuk mengamalkan ajaran Islam.

Apalagi ditambah dengan diksi yang kuat, dan juga dibumbui tulisan puitis yang membuat hati teriris. Dijamin deh, kamu akan jatuh cinta pada buku ini!

Di Atas Sajadah Cinta dari Habiburahman El Shirazy dapat kamu temukan dan baca di sini.

5. Tuhan Maha Asyik 2 - Sujiwo Tejo

rekomendasi

Melanjutkan kesuksesan Tuhan Maha Asyik, Sujiwo Tejo kembali mengajak pembacanya untuk mengenal lebih dekat dengan Tuhan lewat buku ini, tentunya melalui cerita keseharian yang ringan lewat sisi kehidupan anak-anak.

Cara Sujiwo Tejo memaknai Tuhan disampaikan melalui kisah-kisah yang menarik melalui tokoh Christine, Parwati, Dharma, Samin, Kapitayan, Buchori, dan Pangestu, yang diimbangi kearifan dari Bu Guru Matematika dan Pak Guru Biologi.

Dalam Tuhan Maha Asyik 2, Sujiwo Tejo meyakinkan kita bahwa agama dan kitab suci dihadirkan Tuhan untuk disejiwai dan disebadani oleh seisi alam.

Tentunya dengan berbagai macam bahasa—bahasa lukisan, bahasa musik, bahasa aroma, dan lain-lain bahasa. Bahkan bahasa keheningan—bukannya diributkan dalam perkelahian persepsi dan cuma dalam bahasa kata.

Pembacanya serasa ‘diceramahi’, meski tidak seperti doktrin-doktrin yang sering diberikan kepada ceramah agama kebanyakan. Membicarakan agama tidak pernah seringan dan sebahagia ini.

Tuhan Maha Asyik 2 dari Sujiwo Tejo dapat kamu temukan dan baca di sini.


Baca juga: Rekomendasi Buku Aktivitas Anak untuk Tumbuh Kembangnya


Nah, sudah tahu kan rekomendasi novel Islami di tahun 2020 yang dapat kamu baca?

Selain 5 buku di atas, kamu juga bisa menemukan novel-novel menarik lainnya di Gramedia.com untuk buku fisik dan Gramedia Digital untuk format digital.

Ada banyak promo dan diskon menarik menantimu!


Photo header by Odua Images on Shutterstock