Dari Baseball hingga Sepak Bola, Ini Dia Rekomendasi Manga Populer Bertema Olahraga

Dari Baseball hingga Sepak Bola, Ini Dia Rekomendasi Manga Populer Bertema Olahraga

. 4 min read

Jepang dikenal memiliki banyak manga yang sangat populer di seluruh dunia, seperti One Piece, Naruto, atau One Punch Man.

Tidak hanya itu, manga bertemakan olahraga juga tak kalah menarik. Sebut saja Slam Dunk atau Eyeshield 21. Pernah dengar? Atau malah kamu pernah membacanya?

Sports manga adalah salah satu genre manga Jepang yang berfokus pada cerita yang melibatkan olahraga, serta kegiatan atletik dan kompetitif lainnya.

Kamu beruntung, Gramedia.com memiliki koleksi manga bertema olahraga yang sayang untuk dilewatkan. Apa saja ya?

1. The Prince of Tennis - Takeshi Konomi

rekomendasi
Beli manga The Prince of Tennis di sini

Selain Rafael Nadal dan Serena Williams, petenis asal Jepang juga tidak kalah jago, lho. Sebut saja Kei Nishikori dan Naomi Osaka.

Kalau di dunia manga, ada anak muda berbakat bernama Ryouma Echizen yang bertekad untuk membuktikan dirinya dan berusaha melepaskan diri dari bayangan ayahnya, seorang petenis legendaris Jepang.

Apakah Ryouma berhasil membuat sejarah sendiri sebagai petenis hebat melampaui sang ayah, dan juga membuat sekolahnya menjadi yang terbaik di Jepang?

2. Kuroko's Basketball - Tadatoshi Fujimaki

rekomendasi
Beli manga Kuroko's Basketball di sini

Menceritakan sebuah SMP yang memiliki klub basket dengan pemain tangguh, berbakat, dan sudah memenangi banyak pertandingan, para pemain inti ini disebut Kiseki no Sedai atau Generasi Keajaiban.

Setelah mereka lulus, masing-masing dari anggotanya masuk ke SMA yang berbeda. Namun, ada satu lagi pemain yang juga termasuk Kiseki no Sedai, yang disebut sebagai Sang Bayangan Keenam, yaitu Tetsuya Kuroko.

Kuroko bersama Kagami Taiga, seorang pemain berbakat pindahan sekolah dari Amerika, berusaha untuk membawa sekolahnya yaitu SMA Seirin menjadi yang terbaik, dengan mengalahkan Kiseki no Sedai satu-persatu.

3. Haikyu!! - Haruichi Furudate

rekomendasi
Beli manga Haikyu!! di sini

Bercerita tentang seorang siswa SMA bernama Shouyu Hinata, impiannya menjadi pemain voli terbaik di Jepang tidaklah mudah.

Ia memulai karir bola voli di sebuah SMP yang tidak memiliki klub voli. Bisa dibilang, dia jadi satu-satunya anggota.

Namun, sekolah tersebut akhirnya berhasil mengumpulkan orang untuk mengikuti kejuaraan antar sekolah.

Sayangnya, di pertandingan pertama, Shouyu Hinata harus dipermalukan oleh sekolah lain, dan kemudian bertemu dengan Tobio Kageyama yang berposisi sebagai setter.

Setelah lulus SMP, Shouyu Hinata dan Tobio Kageyama ternyata masuk ke SMA Karasuno. Mereka pun memulai petualangan bersama dengan menjadi andalan klub bola voli di sekolah mereka.


Baca juga: Seri Manga Terlaris, Kimetsu no Yaiba Terbit dalam Versi Bahasa Indonesia


4. Ace of Diamond - Yuji Terajima

rekomendasi
Beli manga Ace of Diamond di sini

Menjadi salah satu olahraga populer di Jepang, tidak lengkap jika tidak ada manga bertema olahraga yang satu ini yaitu baseball, lewat manga berjudul Ace of Diamond.

Bercerita tentang karakter Sawamura Eijun, yang merupakan seorang pitcher yang bergabung ke sekolah elit dan bertemu seorang catcher terkenal bernama Miyuki Kazuya, serta pesaingnya sebagai pitcher, Furuya.

Bekerja sama dengan satu tim sekolah Seidou, mereka mengikuti Kejuaraan Koushien dengan penuh tekad dan kerja keras. Serta membangkitkan hasrat membara Sawamura dalam dunia baseball SMA.

Apakah Sawamura berhasil membawa Seidou menjadi juara nasional?

5. Yowamushi Pedal - Wataru Watanabe

rekomendasi
Beli manga Yowamushi Pedal di sini

Bagi kamu pecinta olahraga sepeda, jangan sampai melewatkan untuk membaca manga yang satu ini, yaitu Yowamushi Pedal.

Menceritakan Sakamichi Onoda, seorang otaku yang tidak diperhitungkan dan dianggap lemah karena memiliki badan yang kecil, kurus, dan berkacamata. Ternyata di balik itu, ia sangat jago mengayuh sepeda!

Kehidupannya berubah setelah bertemu dengan tim sepeda sekolahnya, dan akhirnya bergabung dengan tim olahraga sepeda yang kompetitif tersebut.

6. R R R - Jun Watanabe

rekomendasi
Beli manga R R R di sini

Olahraga tinju memang tidak terlalu populer di Jepang, namun Jun Watanabe berhasil menceritakannya dengan apik dan menarik, lewat manga yang satu ini.

Bercerita tentang Rikitaro Iwamaki, yang awalnya mempunyai impian untuk menjadi musisi profesional. Namun, dia menjadi bahan cemoohan rekan satu band-nya.

Bahkan, pacar Rikitaro juga diam-diam selingkuh dan meninggalkannya. Rikitaro yang kehilangan semangat hidup kemudian bertemu dengan juara dunia tinju, Raita Oishi, yang baru saja mengundurkan diri.

Raita melihat ada bakat terpendam dalam diri Rikitaro. Bukan di bidang musik, melainkan tinju. Apakah Rikitaro berhasil meraih dan mewujudkan mimpinya?

7. Captain Tsubasa - Yoichi Takahashi

rekomendasi
Beli manga Captain Tsubasa di sini

Siapa yang tidak tahu manga ini? Captain Tsubasa merupakan salah satu manga laris dan terkenal, khususnya di Indonesia.

Anime-nya pernah mewarnai pertelevisian di Indonesia pada era 2000-an. Hayo, siapa yang dulu doyan menontonnya di hari Minggu?

Menceritakan sosok Tsubasa Ozora, yang merupakan seorang pemuda yang bercita-cita tinggi menjadi seorang pemain sepak bola hebat di dunia, yang juga merupakan punggawa klub Nankatsu dan Tim Nasional Jepang.

Rasa cintanya yang tinggi pada sepak bola, membuat Tsubasa bertemu dengan banyak teman, rival, dan menghadapi berbagai tantangan berat.


Baca juga: Dari Manga hingga Puisi Cinta, Ini 10 Buku Best Seller Mei 2020


Jadi, manga mana yang tertarik untuk kamu baca? Melalui manga, kamu dapat memetik banyak pelajaran berharga, lho.

Seperti kebanyakan manga, sisi yang menonjol dari cerita adalah tekad dan semangat yang besar dari karakter utama.

Karakter utama sebagai seorang ‘pahlawan’, memutuskan untuk menjadi "yang terbaik di dunia" dalam sebuah olahraga, dengan melatih diri mereka untuk meningkatkan bakat mereka.

Temukan manga-manga pilihan lainnya yang dapat kamu baca, hanya di Gramedia.com dan Gramedia Digital untuk versi e-books!


Photo header by Pinterest