Rekomendasi Buku yang Dibaca Jisoo Blackpink

Rekomendasi Buku yang Dibaca Jisoo Blackpink

. 7 min read

Baru-baru ini nama Jisoo yang dikenal sebagai salah satu anggota girl band Blackpink kembali menjadi trending topic Twitter, terkait aktivitas membaca yang ia gemari. Di balik sosoknya yang selalu ceria dan ramah, Jisoo mengaku lebih suka menghabiskan waktu untuk membaca buku sebagai me time-nya.

Seperti dalam sebuah wawancara di majalah InStyle Korea, Jisoo mengaku bahwa membaca bisa meredakan stres yang dialami. Bahkan pikirannya bisa terbuka lebih jernih, karena memperoleh sudut pandang yang selama ini tidak pernah terlintas dalam dirinya.

Begitu pun dilansir dari allkpop.com, diketahui bahwa Jisoo membawa sejumlah buku ketika di bandara, dan membicarakan buku-buku itu kepada para penggemarnya. Terhitung ada 23 buku yang di-list oleh penggemarnya. Buku-buku itu kebanyakan bergenre fiksi, dan masuk dalam kategori karya sastra, lalu self improvement dan kisah-kisah inspiratif. Seperti yang dikutip dari akun Twitter @ReadmenID ini, hingga disukai 6.9 ribu pengguna Twitter.

Si cantik Jisoo, dengan kegemarannya membaca buku menjadikannya sebagai pribadi paket komplit yang makin digemari Blink, sebutan penggemar Blackpink. Sebagai seorang idol yang sangat sibuk akan kegiatannya sebagai member Blackpink, shooting drama, iklan, hingga photoshoot majalah, hal ini patut diapresiasi dan didukung.

Sayangnya, sebagian buku-buku yang dibaca Jisoo itu belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Tapi jangan khawatir! Berikut daftar buku yang dibaca Jisoo Blackpink dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia!

Rekomendasi Buku yang Dibaca Jisoo Blackpink

1. 1Q84

    1Q84 Jilid 1

bukuBeli Bukunya Disini!

    1Q84 Jilid 2

bukuBeli Bukunya Disini!

Haruki Murakami dalam buku 1Q84 jilid 1 dan 1Q84 jilid 2, mengambil sudut pandang orang ketiga, di mana dua tokoh utamanya bernama Tengo dan Aomame. Cerita Tengo dan Aomame dimasukkan berseling-selingan. Misalnya, bab 1 bercerita tentang Tengo, bab 2 tentang Aomame, bab 3 Tengo lagi, dan terus bergantian sampai bab akhir. Di awal-awal bab, Tengo dan Aomame punya kisah masing-masing yang terlihat tidak berkaitan. Selanjutnya pembaca seperti sengaja dibuat menebak-nebak apa kaitan dari kedua tokoh sentral ini.

Sekarang tahun 1Q84. Ini adalah dunia sejati, tak ada keraguan akan hal itu. Tapi di dunia ini, ada dua bulan menggantung di langit. Di dunia ini, takdir dua manusia, Tengo dan Aomame berkelindan erat.  Masing-masing dengan caranya sendiri terlibat dalam sesuatu yang mengundang bahaya.  Dan di dunia ini, tampaknya tak ada cara untuk menyelamatkan keduanya. Sesuatu yang dahsyatnya sedang bergerak.

Baca juga: Dear Army, Ini Buku Rekomendasi dari Member BTS untuk Kamu


2. Malice

bukuBeli Bukunya Disini!

Dalam Malice, Keigo Higashino berhasil memberi twist menarik kepada pembaca dengan kisah yang menghibur, serta menyajikan psikologis karakter yang mendalam dan luar biasa.

Menceritakan sosok novelis, yaitu Hidaka Kunihiko, yang ditemukan tewas tercekik di rumahnya pada malam hari.

Jasadnya ditemukan di kantornya yang terkunci oleh istrinya, serta sahabat yang merupakan rekan sesama penulis, Nonoguchi Osamu. Namun, keduanya masing-masing memiliki alibi kuat.

Detektif Kaga Kyoichiro yang menyelidiki kasus tersebut menemukan bahwa hubungan Hidaka dengan sang sahabat, Nonoguchi Osamu, ternyata berbeda dengan apa yang diceritakan oleh Nonoguchi.

Uniknya, Nonoguchi mendokumentasikan penyelidikan atas pembunuhan sahabatnya itu, sebagai sebuah karya tulis berupa memoar, dan ini membuat Detektif Kaga cemas.

Siapakah pembunuh novelis tersebut, mungkinkah Nonoguchi? Apakah Kaga berhasil menemukan pembunuh Hidaka, dan menguak motif sang pembunuh yang sebenarnya?

3. The Miracles of the Namiya General Store

bukuBeli Bukunya Disini!

Bagaimana rasanya tiba-tiba terjebak dalam suatu aliran waktu? Tak hanya itu saja bahkan hingga bisa berhubungan dengan orang-orang yang hidup pada puluhan tahun lalu? Inilah yang dialami oleh Shota, Atsuya, dan Kohei dalam buku The Miracles of the Namiya General Store yang ditulis Keigo Higashino.

Shota, Atsuya dan Kohei adalah sekelompok kawanan pencuri kelas teri. Saat itu mereka sedang dikejar polisi tapi mobil mereka mendadak bermasalah, mereka pun harus bersembunyi. Setidaknya mereka harus bersembunyi sampai subuh tiba. Sebuah toko yang tampaknya sudah lama tak berpenghuni pun mereka pilih. Toko tersebut adalah Toko Kelontong Namiya.

"Seandainya mereka tidak berkeinginan menjalani hidup dengan baik dan tekun, mungkin jawaban apa pun yang kuberikan tidak akan ada gunanya bagi mereka." (halaman 173)

Awalnya hanya ingin bersembunyi dan tidur sampai keesokan pagi. Akan tetapi, Shota, Atsuya, dan Kohei malah mendapatkan pengalaman aneh. Ada surat-surat yang datang melalui pintu gulung toko. Surat-surat itu berisi curahan hati soal masalah yang dihadapi oleh pengirimnya. Mereka meminta saran kepada pemilik toko tersebut, yang tak lain bernama Kakek Namiya. Shota, Atsuya, dan Kohei yang menerima surat itu bingung.

Mereka bertiga pun memutuskan untuk membalas setiap surat yang masuk. Setiap surat balasan yang selesai ditulis akan dimasukkan di kotak susu. Anehnya lagi ternyata pengirim-pengirim surat tersebut adalah sosok-sosok yang berasal dari masa lalu. Ada aliran waktu yang aneh terjadi pada malam itu. Hanya satu malam itu saja.

Sungguh aneh. Namun, surat aneh itu ternyata membawa mereka dalam petualangan melintasi waktu, menggantikan peran kakek pemilik toko kelontong yang menghabiskan tahun-tahun terakhirnya memberikan nasihat tulus kepada orang-orang yang meminta bantuan. Hanya untuk satu malam. Dan saat fajar menjelang, hidup ketiga sahabat itu tidak akan pernah sama lagi.


Baca juga: Rekomendasi Novel Jepang Terjemahan yang Seru Abis!


4. The Great Gatsby

bukuBeli Bukunya Disini!

The Great Gatsby yang ditulis oleh F. Scott Fitzgerald, berkisah tentang Jay Gatsby, orang kaya baru yang tinggal di Long Island. Ia sering mengadakan pesta di rumahnya yang besar dan mewah. Ia juga mengundang orang-orang kaya untuk datang ke pestanya. Kebanyakan dari mereka bahkan tidak mengenal Gatsby secara langsung, dan lebih banyak berasumsi yang buruk tentang Gatsby. Karena sikap Gatsby yang misterius dan tertutup, orang lain lebih suka berasumsi yang macam-macam tentang Gatsby. Kesuksesan Gatsby juga membuat banyak orang iri, ia dikabarkan memiliki bisnis illegal dan pernah membunuh orang.

“Aku terus membuat rumahku dipenuhi orang-orang menarik siang dan malam. Orang-orang yang melakukan hal-hal menarik. Orang-orang yang mengagumkan.” (halaman 134)

Nick Carraway, tetangga baru di sebelah rumah Gatsby pernah diundang oleh Gatsby untuk datang ke pestanya. Gatsby tahu bahwa Nick adalah sepupu dari wanita yang dicintainya, Daisy. Ia mendekati Nick dan meminta Nick untuk mengundang Gatsby ke rumahnya, agar Gatsby bisa bertemu dengan Daisy. Dengan bantuan Nick lah Gatsby dapat bertemu kembali dengan Daisy, setelah beberapa tahun tak bertemu.

Gatsby sebenarnya lahir dari keluarga miskin, dan jatuh cinta pada Daisy. Mereka saling cinta, namun orang tua Daisy menjodohkan Daisy dengan Tom Buchanan, seorang pria kaya asal Chicago. Sempat menolak untuk menikah dengan Tom karena rasa cintanya pada Gatsby, namun akhirnya wanita itu menikahi Tom Buchanan. Gatsby yang patah hati pun mulai berusaha keras untuk menjadi orang yang memiliki banyak uang, agar pantas untuk merebut kembali hati Daisy. Segala pekerjaan ia lakukan, hingga akhirnya Gatsby bisa berada pada posisi ini.

5. Pride and Prejudice

bukuBeli Bukunya Disini!

“Sometimes the last person on earth you want to be with, is the one person you can't be without.”

Ini adalah quotes terkenal dari buku roman klasik, Pride and Prejudice, yang ditulis Jane Austen. Pride and Prejudice menceritakan tentang keluarga Bennet yang memiliki 5 orang anak, dan seluruhnya wanita.

Layaknya ajang pencarian jodoh, sang ibu berusaha agar seluruh anaknya mendapatkan pasangan yang terbaik.

Sifat Taurus yang menonjol dalam buku ini adalah kegigihan para putri Bennet dalam mengarungi lika-liku pencarian cinta sejati.

Buat para penggemar novel historical-romance, tentunya Pride and Prejudice adalah bacaan wajib untukmu!

6. Berani Tidak Disukai (Courage to be Disliked)

bukuBeli Bukunya Disini!

Buku Courige to be Disliked atau dalam bahasa Indonesia diartikan dengan Berani Tidak Disukai. Buku ini menjadi salah satu buku best seller di Jepang pada 2014 lalu. Salah satu karya Ichiro Kishimi dan Fumitake Koga. Ichiro sendiri dikenal sebagai salah satu filsuf, sekaligus Adlerian psikolog ternama asal Jepang.

Lewat buku ini, penulis mengajak setiap orang untuk berani menjadi diri sendiri, meski harus dibenci. Banyak orang yang rela mengikuti keinginan orang lain agar tidak dibenci, tapi malah membuat mereka kehilangan diri mereka sendiri.


Baca juga: 10 Buku Self Improvement Best Seller Hingga Pertengahan Tahun 2021


Selain buku-buku di atas, Jisoo juga diketahui suka membaca kisah-kisah misteri dan juga buku-buku fiksi terpopuler karya J.K. Rowling lho!

Ingin menikmati buku-buku fiksi seperti Jisoo Blackpink? Langsung cari yuk buku-buku incaranmu di Gramedia.com.

Dan berita gembiranya lagi, diskon hingga 40% diperpanjang hingga 27 September 2021! Untukmu para #SahabatKreasi langsung masukkan dalam keranjang buku-buku buruanmu yuk!

PromoKlik untuk Info Promo

Gramedia.com juga punya layanan terbaru, yaitu "Pesan Antar". Kamu bisa pesan apapun melalui chat WhatsApp. Lalu pilih pengiriman instant (khusus Jabodetabek), sehingga paketmu tiba di rumah lebih cepat!

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: sooyaaa__/instagram.com