Rekomendasi Buku untuk yang Mau dan Tambah Skill Jadi Content Creator

Rekomendasi Buku untuk yang Mau dan Tambah Skill Jadi Content Creator

. 5 min read

Kemajuan internet ternyata menambah nama-nama pekerjaan baru ya, Grameds. Sekarang ada orang-orang yang bekerja sebagai vlogger, podcaster, influencer, content creator, atau bahkan selebgram dan YouTuber. Mereka ini bekerja dalam dunia kreatif untuk membuat berbagai konten-konten menarik.

Dari membagikan info mengenai rekomendasi barang, restoran, tempat wisata, belajar makeup, bahasa, resep masakan, hingga segala macam bidang. Banyak juga lho orang-orang yang terkenal berkat keaktifan mereka membuat konten, ditambah dengan followers atau subscribers yang banyak, serta brand-brand yang mulai percaya untuk menggunakan mereka dalam mengiklankan produknya.

Makanya nih, sekarang banyak banget orang-orang yang mau jadi content creator. Apalagi setelah kita tahu bahwa pekerjaan ini dapat meraup nilai pundi yang fantastis. Eits, tapi jadi content creator tuh nggak semudah itu lho. Kamu perlu terus berinovasi membuat konten yang menarik perhatian audience, agar akun kamu bernilai dan disukai.

Bangun Personal Branding

Membentuk personal brand itu penting untuk keberlangsungan akun atau channel media sosial kamu. Kenapa itu penting? Coba baca alasannya dari buku Crushing It.

crushingBeli Sekarang!

Untuk menjadi content creator terkenal, kamu perlu membentuk personal brand yang cemerlang, agar kamu bisa mengembangkan karier dan membentuk kredibilitas. Mau kan punya banyak fans dan selalu dipercaya banyak brand untuk dijadikan influencer mereka? 😁

Nah, di buku ini akan dijelaskan step by step membentuk jati diri, persona, dan karakter branding dari akun kamu, serta memaksimalkan media sosial. Cocok buat kamu yang passionately sama dunia perkontenan ini, dan bisa dijadikan cara untuk mendapatkan pemasukan.

Buat Storybrand, Bangun Engagement

Media sosial memang ampuh banget untuk membagikan pesan dan mempengaruhi orang. Tapi kamu juga perlu membangun engagement di dalamnya, agar audience atau penggemarmu secara sadar mau terlibat lebih jauh dengan kamu.

Coba deh kenali lima panduan storybrand yang bisa buat konten-konten kamu jadi ada harganya, dan bernilai besar dari buku Social Media Success For Every Brand ini.

socialBeli Sekarang!

Maksimalkan Fitur Media Sosial

Meningkatkan performa akun kamu di media sosial, berarti kamu juga harus mengerti seluk beluk media sosial sehingga bisa memaksimalkan platformnya. Buku 15+ Social Media Marketing Apps membahas lebih dari 15 aplikasi untuk mendukung kegiatan perkontenan kamu jadi lebih efektif dan berhasil.

fiveteenBeli Sekarang!

Dari buku ini, kamu juga akan diajarkan dan diberi tahu aplikasi untuk membuat dan mencari ide konten, pengelolaan akun media sosial, editing video, hingga aplikasi untuk keperluan analisis dan evaluasi kinerja pemasaran. Kamu jadi bisa membaca insight dari audience kamu deh, dan pembuatan kontenmu akan tersusun dengan baik ke depannya.

Menjadi YouTuber

Mau jadi YouTuber yang terkenal dan kaya? Harus siap mental, siap sabar, dan siap sedia membuat konten terus setiap harinya ya. Langkah-langkah selanjutnya apalagi biar jadi YouTuber? Baca dulu dari buku Step-By-Step Menjadi YouTuber.

stepBeli Sekarang!

Mulai dari nol, buku ini akan membimbing kamu jadi YouTuber hingga bisa mendapatkan penghasilan dari sana.

Ada lagi nih biar kamu pintar seluk beluk YouTube, mulai dari tips mengunggah video, desain thumbnail, kontrol video, dan menggunakan advanced settings. Langsung baca buku Jadi Youtuber A-Z (Update Version).

jadiBeli Sekarang!

Kamu jadi bisa mengoptimalkan video-video kamu di YouTube, salah satunya dengan cara SEO (Search Engine Optimization), lalu cara menggunakan YouTube Studio, gimana caranya me-monetize dengan menjadi YouTube Partner Program, sekaligus menganalisis performa video kamu.

Mau strategi, tips, trik, cara jitu biar dapat ide channel dan buat ide ratusan video dalam hitungan menit? Cara bikin content plan, produksi video, dan edit video? Cara dapetin ratusan ribu sampai jutaan views? Kamu cocok nih baca buku 10 Juta Pertama dari YouTube biar tahu cara ampuh promosi di YouTube dan dapetin subscriber yang banyak!

sepuluhBeli Sekarang!

Nah, biar kamu tahu gimana sih jadi content creator dan menyajikan konten berkualitas dari YouTube, Admin sarankan untuk baca Why? Content Creator - Kreator Konten untuk mengenal dunia perkontenan. Buku ini dikemas dengan bahasa dan alur cerita yang sangat mudah dipahami.

whyBeli Sekarang!

Cara Memaksimalkan Instagram

Ada yang mau memulai dari Instagram aja? Lalu mau belajar cara promosi bisnis di Instagram? Nah, belajar marketing di Instagram yuk dengan membaca buku Instagram Marketing untuk Pemula.

instagramBeli Sekarang!

Kamu akan dipandu bagaimana sih cara memproduksi konten untuk promosi di Instagram dan memanfaatkan berbagai fitur pendukung lainnya. Lalu, kira-kira ide konten promosi apa ya yang menarik? Di dalamnya juga memuat panduan lengkap editing video untuk konten promosi di Instagram, hingga panduan lengkap cara beriklan di Instagram biar lebih efektif.

Meningkatkan Skill Editing dan Writing

Biar kontenmu menarik tentunya harus diproduksi dengan baik. Coba tingkatkan skill kamu dalam mengedit foto atau video agar konten kamu terlihat lebih ‘wah’ dibanding yang lain. Mungkin kamu biasanya edit foto atau video hanya pakai aplikasi di handphone, sekarang coba kamu kuasai juga software dari Adobe.

Pertama, pakai buku panduan dari Menguasai Adobe Photoshop CC 2021. Kamu jadi bisa belajar pakai efek-efek khusus dan memperbaiki warna gambar biar terlihat jadi lebih keren!

MENGUASAIBeli Sekarang!

Kedua, edit video jadi lebih pro lewat buku Otodidak Adobe After Effects dan Adobe Premiere. Kamu akan diajari dasar mengedit video dari software ini sampai ke pemanfaatan efek khusus, yang bisa buat video kamu jadi terlihat premium banget.

otodidakBeli Sekarang!

Memproduksi konten itu nggak hanya berupa visual aja lho, tapi juga tulisan. Di Instagram kamu perlu caption, di YouTube kamu perlu membuat judul yang berdasar SEO biar optimal masuk ke search engine. Ada lagi nih buku Panduan Komplet Menulis Kreatif.

panduanBeli Sekarang!

Kamu akan jadi lebih mudah menemukan ide, membuka pikiran untuk mendapatkan tema, membuat judul, dan mengolah kata-kata jadi lebih apik.

Nah, rekomendasi buku-buku di atas bisa membantu kamu menjadi content creator sukses dan menghasilkan loh. Namun yang terpenting adalah niat, tekad, dan semangat yang tak pernah padam.

Admin tunggu konten-konten menarik dari kamu ya!


Sumber foto header: Shutterstock