Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Rekomendasi Buku untuk Sambut Hari Dokter Nasional

Rekomendasi Buku untuk Sambut Hari Dokter Nasional

Dokter dan tenaga medis adalah sosok-sosok yang berjasa bagi kemanusiaan. Tak terhitung berapa orang yang sudah dirawat dan diselamatkan oleh mereka. Terutama ketika COVID-19 melanda dunia. Indonesia termasuk salah satu negara yang terdampak cukup parah. Dokter dan tenaga medis adalah mereka yang berada di garis terdepan perjuangan melawan pandemi COVID-19. Presiden Joko Widodo lewat akun Twitter-nya (@jokowi) mengunggah sebuah postingan menyentuh dalam rangka memperingati Hari Dokter Nasional, yang jatuh pada hari ini, 24 Oktober 2022.

"Terima kasih para dokter dan segenap tenaga kesehatan untuk pengabdian tanpa pamrih, juga keteguhan untuk berada di garis depan menghadapi pandemi. Dedikasi para dokter dan tenaga kesehatan yang sepenuh hati telah menyelamatkan rakyat dan negeri ini. Selamat Hari Dokter Nasional," tulis Presiden Joko Widodo di cuitannya tersebut. Ilustrasi yang cantik juga menyertai cuitan tersebut, menampilkan kondisi para pasien di rumah sakit dan dokter yang merawat mereka.

Yap, 24 Oktober diperingati sebagai Hari Dokter Nasional, bertepatan dengan tanggal berdirinya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada tanggal 24 Oktober 1950. Tahun ini adalah kali kedua Hari Dokter Nasional diperingati di masa pandemi. Tentunya masa-masa kelam ketika pandemi COVID-19 sedang santer menjadi momok mengerikan bagi kita masih terasa segar di ingatan. Untuk itu, tak berlebihan kiranya jika kita mengapresiasi para dokter dan tenaga kesehatan untuk usaha mereka yang tak kenal lelah demi kemanusiaan.

Nah, untuk turut menyemarakkan perayaan Hari Dokter Nasional ini, rekomendasi buku tentang dokter berikut mungkin dapat kamu baca untuk dapat mengenal peran dan profesi dokter lebih dalam. Tidak melulu serius, beberapa buku ini dibawakan dengan narasi yang ringan dan lucu, lho! Penasaran? Yuk, simak rekomendasinya!

Rekomendasi Buku tentang Dokter

1. Tentang Tubuhmu - dr. Gia Pratama

Tidak hanya ahli dalam bidang kedokteran, dr. Gia Pratama juga handal dalam bercerita. Menyusul dua buku sebelumnya yang sudah menjadi best seller, buku pertama dari #serisayangidirimu ini memaparkan penjelasan mengenai hidup sehat dengan memperkenalkan keistimewaan tubuh kita. Tak kenal maka tak sayang, bukan? Konsep itulah yang dr. Gia coba paparkan dalam buku ini agar kita dapat lebih menyayangi tubuh sendiri.

HariBaca Bukunya di Sini!

Dalam buku ini, kamu akan mempelajari tubuh kamu secara mendasar, agar kamu dapat memahami apa yang tubuh kamu butuhkan dan apa yang harus kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan gaya bercerita yang ringan dan menarik, buku ini memuat info-info yang sangat bermanfaat dan berguna untuk kita merawat tubuh kita sendiri. Dijamin kamu akan dapat dengan mudah memahami penjelasan dalam buku ini karena penjelasannya sama sekali tidak rumit. Hal-hal yang dijelaskan oleh dr. Gia juga biasa dialami banyak orang. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi dan infografis untuk mempermudah pemahaman kamu.

2. Merawat Bangsa: Sejarah Pergerakan Para Dokter Indonesia - Hans Pols

Profesi dokter telah mengalami sejarah yang panjang, dari Indonesia masih berada dalam kekuasaan Belanda sampai akhirnya merdeka dan kini terus berkembang. Selama Indonesia berjuang merebut kemerdekaan, para dokter tidak hanya berkecimpung dalam ranah kesehatan. Mereka pun turut pula berjuang dan melahirkan para pahlawan yang harum namanya.

HariBaca Bukunya di Sini!

Melalui buku ini, kamu akan mengikuti sejarah panjang perjalanan dokter di Indonesia. Mulai dari mereka yang dididik oleh Belanda dan menjadi "dokter pribumi", bersekolah di sekolah kedokteran STOVIA di Batavia dan NIAS di Surabaya, sampai kisah ketika para dokter yang pemberani turut campur tangan dalam perjuangan meraih kemerdekaan.

3. Dokter yang Dirindukan - Asma Nadia, dr. Anwar Fazal, dkk.

Bersama dokter-dokter Malaysia, Asma Nadia menyusun sebuah antologi cerpen yang menyentuh tentang kisah para dokter dan keseharian mereka. Meskipun fiksi, cerita-cerita ini disusun oleh mereka yang berprofesi sebagai dokter, sehingga kamu tetap dapat merasakan nuansa medis yang kental dalam buku ini. Tapi tenang saja, setiap istilah medis diberi penjelasan supaya pembaca awam dapat mudah memahami.

HariBaca Bukunya di Sini!

Cerita-cerita pendek dalam buku ini menarasikan para dokter yang menyaksikan drama kehidupan setiap harinya, sedih atau bahagia, mereka turut andil dalam setiap peristiwa. Mereka mengorbankan banyak hal demi nyawa manusia, demi balasan senyum bahagia dari keluarga yang berterima kasih orang yang mereka cintai dapat selamat dan tetap bersama mereka. Kisah-kisah inspiratif tersebut mampu menggugah pembaca dan membuat mata basah!

Buku ini juga tersedia dalam format e-book di sini >>> Dokter yang Dirindukan.

4. Begu Ganjang - Ferdiriva Hamzah

Novel ini merupakan novel horor dengan tokoh utama seorang dokter muda bernama Tobi. Tak percaya dengan segala mitos dan kisah tentang makhluk halus, Tobi membuat podcast mengenai pandangan medis untuk segala hal yang biasa dikaitkan dengan mistis, seperti kesurupan, ketindihan, dan lain-lain. Selain turut merasakan sensasi kengeriannya, kamu juga akan mendapatkan informasi-informasi menarik terkait hal-hal medis tersebut.

HariBaca Bukunya di Sini!

Buku ini berlatar di rumah sakit tua, menambah kesan kengerian dari cerita urban legend khas Sumatera Utara yang memercayai kehadiran sesosok makhluk gaib mengerikan yang disebut begu ganjang. Bagaimana sikap Tobi yang skeptis dengan mitos tersebut ketika akhirnya dihadapkan pada pengalaman yang membuat bulu kuduk merinding tersebut? Segera dapatkan bukunya dan temukan jawabannya!

Profesi dokter dan tenaga medis memang merupakan profesi yang mulia. Mereka mengorbankan banyak hal untuk menjaga kesehatan pasien yang membutuhkan, mulai dari masa mereka belajar sampai mereka sudah dapat bertugas. Para dokter mengorbankan waktu dan tenaga mereka untuk menjaga kita tetap sehat, bahkan membuat mereka yang terancam oleh penyakit dapat ada bersama kita sehari lebih lama lagi. Dalam perjalanan melayani masyarakat, mungkin mereka harus kehilangan waktu bersama keluarga, atau justru kekurangan waktu untuk beristirahat karena harus selalu siaga bertugas.

Sudah sepatutnya para dokter dan tenaga medis diberi apresiasi yang sepantasnya untuk perjuangan dan pengorbanan yang sudah mereka lakukan. Kepada seluruh dokter di Indonesia, selamat Hari Dokter Nasional!👩‍⚕️👨‍⚕️

Buku-buku yang disebutkan di atas bisa kamu dapatkan dengan penawaran spesial dari Gramedia.com, jangan sampai kehabisan, ya! Cek promonya di bawah ini agar belanja kamu jadi lebih hemat!⤵️

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: pexels.com

Penulis: Puteri C. Anasta


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus