Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Rekomendasi Buku Anak untuk Sambut Hari Anak Sedunia 2022

Rekomendasi Buku Anak untuk Sambut Hari Anak Sedunia 2022

Grameds, tahukah kamu tanggal 20 November setiap tahunnya ditetapkan sebagai Hari Anak Sedunia? Peringatan ini sudah berlangsung sejak tahun 1954, dengan tujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan kesejahteraan anak-anak di seluruh dunia. Di tanggal yang sama, pada tahun 1959, Majelis Umum PBB juga mengadopsi Deklarasi dan Konvensi Hak Anak.

Tahun ini, Hari Anak Sedunia mengusung tema Inklusif: Untuk Seluruh Anak. Inklusif sendiri bermakna mengajak atau mengikutsertakan. Lewat tema ini, PBB dan UNICEF bermaksud untuk memberikan pengakuan serta penghargaan terhadap keberagaman anak-anak di seluruh dunia.

Untuk merayakan Hari Anak Sedunia tahun ini, Admin sudah merangkum rekomendasi buku-buku dengan tema beragam yang dapat dinikmati oleh si kecil. Simak di sini, yuk!

Rekomendasi Buku untuk Anak Usia 0-3 Tahun

1. Mewarnai + Stiker: Dinosaurus

HariBeli Sekarang!

Mendukung kegiatan motorik yang kreatif untuk si kecil adalah hal yang baik bagi perkembangannya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengajaknya mewarnai! Buku ini berisi 35 gambar dinosaurus yang bisa diwarnai sesuai dengan kreativitas anak, dengan penjelasan berupa fakta-fakta seru tentang tiap dinosaurus. Jadi, selain bermain, anak juga dapat mempelajari fakta-fakta menarik seputar dinosaurus. Terdapat pula stiker dinosaurus yang bisa dipasang-tempel oleh si kecil.

2. Aktivitas Hafiz & Hafizah: Persiapan Menulis

Usia 0-3 tahun adalah usia yang tepat bagi si kecil untuk dilatih motorik halusnya lewat kegiatan-kegiatan bermain sambil belajar yang seru. Salah satu buku yang dapat digunakan untuk si kecil belajar adalah buku Aktivitas Hafiz & Hafizah: Persiapan Menulis ini.

HariBeli Sekarang!

Latihan menulis dalam buku ini dimulai dengan membuat bentuk garis-garis yang dilakukan dengan menebalkan garis putus-putus. Kemudian, pelajarannya akan semakin bertahap menjadi bentuk-bentuk tertentu, dan mengenal angka dan huruf secara mendasar. Dengan latihan seperti ini, anak-anak akan terbiasa membuat coretan yang terarah, mengenal bentuk, termasuk angka dan huruf. Gambar-gambar yang menarik juga akan membuat anak-anak lebih bersemangat saat melakukan aktivitas dalam buku ini.

Buku ini juga tersedia dalam bentuk e-book yang bisa kamu dapatkan di sini >>> Aktivitas Hafiz & Hafizah: Persiapan Menulis.

3. Tiku Si Tikus yang Gigih

Buku lain yang sangat cocok bagi anak usia 0-3 tahun adalah Tiku Si Tikus yang Gigih, yang merupakan boardbook berisi cerita sederhana dengan tokoh tikus kecil bernama Tiku. Dalam buku ini, anak-anak akan melihat ilustrasi lucu mengenai Tiku yang gigih. Cerita Si Tiku dalam buku ini merupakan tipe cerita pembangun karakter yang dapat menginspirasi anak untuk mengikuti sifat terpuji si tokoh utama.

HariBeli Sekarang!

Selain ilustrasinya yang penuh warna dan menarik untuk dilihat, buku ini juga menyediakan pelajaran tentang benda-benda yang biasanya ada di sekitar kita dan pesan moral dari cerita Si Tiku. Buku ini dapat dijadikan buku pengantar tidur, dibacakan pada saat bermain bersama, atau dijadikan buku untuk si kecil latihan membaca.

Buku ini bisa kamu dapatkan dalam bentu e-book di sini >>> Tiku Si Tikus yang Gigih.

Rekomendasi Buku untuk Anak Usia 4-7 Tahun

1. Ensiklopedia Junior - Tanya Jawab: Benar atau Salah

Rasa penasaran anak-anak biasanya sangat besar. Oleh karena itu, memberikan anak-anak stimulus untuk memancing rasa ingin tahunya sangat penting dilakukan. Meskipun diberikan secara acak, pengetahuan yang didapat anak ketika ia berusia relatif masih muda akan lebih lama ia ingat, lho.

HariBeli Sekarang!

Dalam buku Ensiklopedia Junior ini terdapat jawaban dari 100 pertanyaan menarik yang dapat menambah pengetahuan anak. Contohnya, seekor llama akan mengeluarkan ludah berwarna hijau ketika marah, jenis kerang tertentu dapat mengeluarkan suara lautan jika kita tempelkan ke telinga, dan kulit kita dapat berganti beberapa kali selama setahun. Pertanyaan-pertanyaan ini disertai dengan ilustrasi dan foto yang membantu anak untuk mudah memahami topik pembahasan. Belajar jadi menyenangkan dengan Ensiklopedia Junior ini!

2. Seri Cerita Rakyat 34 Provinsi - Nusa Tenggara Barat: Pengorbanan Putri Mandalika

HariBeli Sekarang!

Memperkenalkan keberagaman Indonesia dapat dilakukan dengan cara membacakan cerita rakyat untuk anak. Salah satunya adalah kisah Putri Mandalika dari Nusa Tenggara Barat dalam buku ini. Putri Mandalika adalah seorang putri yang namanya terkenal di seantero negeri karena kecantikan dan kepandaiannya. Untuk mencari calon suami yang sebanding dengannya, akhirnya Sang Putri mengadakan sayembara untuk para pangeran yang ingin meminangnya. Barang siapa yang dapat mengalahkan Putri Mandalika dalam berkuda dan memanah akan menjadi suaminya.

Dituturkan dengan dua bahasa, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, si kecil dapat mempelajari banyak hal dari kisah Putri Mandalika yang cerdas dan pemberani. Selain mempelajari budaya rakyat Nusa Tenggara Barat, anak-anak juga dapat terhibur dengan kisah berhias ilustrasi cantik dalam buku ini.

Buku ini bisa kamu baca dalam bentuk e-book di sini >>> Seri Cerita Rakyat 34 Provinsi - Nusa Tenggara Barat: Pengorbanan Putri Mandalika.

3. 60 Dongeng Dunia Pengantar Tidur: Kasih Sayang dan Kejujuran

HariBeli Sekarang!

Meneladani sifat terpuji bagi anak-anak dapat dilakukan dengan cara membacakan kisah-kisah dengan pesan moral yang baik. Buku 60 Dongeng Dunia Pengantar Tidur ini merupakan salah satu buku yang dapat dibacakan saat mengantar anak tidur. Semua cerita dalam buku ini memiliki tema kasih sayang dan kejujuran yang merupakan dua sifat terpuji yang dapat diteladani oleh anak-anak. Tokoh-tokoh dari cerita-cerita yang berasal dari seluruh penjuru dunia ini dapat memberikan contoh bagi anak-anak untuk bersikap penuh kasih sayang dan kejujuran.

Buku ini juga dapat kamu baca dalam bentu e-book di sini >>> 60 Dongeng Dunia Pengantar Tidur: Kasih Sayang dan Kejujuran.

Rekomendasi Buku untuk Anak Usia 8-12 Tahun

1. Lima Sekawan - Di Pulau Harta

HariBeli Sekarang!

Serial Lima Sekawan adalah serial petualangan anak yang pertama kali diterbitkan dalam Bahasa Inggris pada tahun 1942, karya penulis cerita anak-anak legendaris, Enid Blyton. Hingga kini, Lima Sekawan masih menjadi buku petualangan yang seru untuk diikuti, terutama untuk pembaca anak-anak.

Lima Sekawan terdiri dari ketiga bersaudara Kirrin–Julian Kirrin, Dick Kirrin, Anne Kirrin, sepupu mereka, George Kirrin, dan anjing peliharaan George–Timmy. Mereka berlima tergabung dan bertualangan untuk pertama kali di Pulau Kirrin, tempat sebuah kapal karam tiba-tiba muncul. Dalam buku pertamanya ini, Di Pulau Harta, ketiga bersaudara Kirrin pertama kali bertemu dengan saudara sepupu mereka yang aneh dan pemarah, George, serta anjingnya yang ceria dan ramah, Timmy.

Meski awalnya George tidak ingin berteman dengan sepupu-sepupunya, lama-lama mereka akhirnya semakin dekat dan menjalani petualangan demi petualangan bersama. Petualangan Lima Sekawan lainnya bisa kamu baca tanpa harus berurutan, lho. Kamu bisa mengikuti cerita lainnya di sini >>> Lima Sekawan.

2. Mata di Tanah Melus

Tak kalah seru dengan petualangan Lima Sekawan, seorang anak cerdas bernama Matara yang berasal dari Indonesia ini juga akan turut mengantarkan pembaca berpetualangan dengan seru ke pelosok-pelosok Nusantara, yang mungkin namanya belum pernah kamu dengar!

HariBeli Sekarang!

Mata adalah gadis berusia 12 tahun yang senang berpetualang. Dalam buku pertamanya, Mata terjebak di sebuah tempat bernama Tanah Melus ketika sedang liburan bersama mamanya ke Kabupaten Beli di Nusa Tenggara Timur. Mata yang terpisah dari mamanya mengalami pengalaman ganjil bersama teman barunya, Ato, yang berusaha menolongnya untuk bertemu lagi dengan mamanya.

Okky Madasari berusaha mengangkat kisah-kisah rakyat yang jarang didengar dalam petualangan-petualangan seru Mata berikutnya. Setelah petualangannya di Tanah Melus, Mata juga mengalami petualangan seru di Pulau Gapi dan Kepulauan Bajo bersama para manusia ikan. Selain jadi mengenal Indonesia lebih dekat lagi, petualangan-petualangan Mata juga terasa lebih dekat bagi anak Indonesia.

Kamu bisa membaca petualangan-petualangan seru Mata di sini >>> Serial Mata.

3. The Shark Caller (Sang Pemanggil Hiu)

HariBeli Sekarang!

Berlatar di Papua Nugini, Sang Pemanggil Hiu bercerita tentang Blue Wing yang sangat ingin menjadi pemanggil hiu untuk membalaskan kematian orang tuanya. Dalam usahanya menjadi pemanggil hiu tersebut, ia akhirnya berteman dengan Maple Hamelin, pendatang baru yang sangat menyebalkan. Perbedaan sifat mereka menyebabkan mereka sulit berteman pada awalnya, namun ketika ada kabar burung mengenai harta karun, Maple dan Blue Wing berusaha untuk mengesampingkan perbedaan mereka dan menantang hiu paling mematikan di lautan!

Petualangan Blue Wing dan Maple tidak hanya mengisahkan perjalanan yang berani di tepi pantai indah Papua Nugini, namun juga kisah tentang persahabatan, keluarga, dan penerimanaan. Buku ini dinominasikan untuk Carnegie Medal tahun 2022 dan sangat cocok dibaca untuk anak-anak yang menyukai kisah petualangan.

Membaca adalah hobi positif yang sebaiknya ditanamkan pada anak dari usia dini. Untuk menunjang kebutuhan itu, kamu dapat menyediakan bahan bacaan bagi si kecil lewat media digital, lho, Grameds.

Gramedia Digital merayakan Hari Anak Sedunia 2022 dengan memberikan diskon 30% untuk semua Premium Package dari tanggal 18 - 22 November 2022. Kamu dapat memilih paket premium yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu, dan menikmati pengalaman baca sepuasnya hanya di Gramedia Digital!

HariBeli Sekarang!

Jangan sampai ketinggalan promonya, dapatkan buku-buku anak dengan penawaran terbaik hanya di Gramedia.com!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber gambar header: freepik.com

Penulis: Puteri C. Anasta


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus