Rekomendasi Buku untuk Pecinta Musik di Hari Musik Nasional

Rekomendasi Buku untuk Pecinta Musik di Hari Musik Nasional

. 5 min read

Saat ini sudah ada begitu banyak musisi Indonesia dengan berbagai karya musik yang mengagumkan bahkan dikenal seantero dunia. Bersama-sama dengan para seniman dan penikmat musik, kita merayakan Hari Musik Nasional setiap tanggal 9 Maret.

Peringatan Hari Musik Nasional ini ditetapkan oleh Keputusan Presiden (Keppres) No. 10 Tahun 2013, dan disahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Penetapan perayaan ini sebagai upaya untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik, meningkatkan prestasi dan percaya diri bagi insan musik Indonesia hingga ke tingkat internasional (Kompas.com, 09/03/21).

dampak
Diorama W. R. Supratman di Museum Sumpah Pemuda (Sumber foto: hai.grid.id)

Hari lahir Wage Rudolf Supratman, sang pencipta lagu kebangsaan kita “Indonesia Raya”, dipilih menjadi Hari Musik Nasional. Dalam beberapa sumber, ada yang mengatakan bahwa hari lahir W. R. Supratman adalah pada 19 Maret, dan ada juga yang mengatakan pada 9 Maret. Sampai akhirnya tanggal 9 Maret lah yang diputuskan menjadi Hari Musik Nasional, yang selalu kita rayakan tiap tahunnya.

Nah, di tahun 2021 ini para musisi Indonesia saling berbagi ucapan di media sosial. Termasuk Presiden Joko Widodo melalui akun Twitternya. Bapak Joko Widodo mengapresiasi musisi Indonesia dengan memberikan semangat kepada para pelaku musik untuk tidak menyerah, karena masalah yang menghambat dari dampak pandemi ini.

Untuk para pelaku dan penikmat musik, bagaimana kalau kita rayakan hari ini dengan membaca buku. Berikut rekomendasi dari Admin, buku bacaan keren mulai dari biografi hingga novel fiksi bertemakan musik!

Rapijali

bukuBeli sekarang!

Ping, remaja yang tinggal di tepi Sungai Cijulang bersama sang kakek tercinta dan rumahnya yang penuh alat musik. Ia mempunyai bakat istimewa dalam bermusik. Namun, diam-diam Ping menyimpan kegelisahan tentang masa depannya yang buram. Hidup Ping jungkir balik ketika ia harus pindah ke Jakarta dan tinggal bersama keluarga calon Gubernur. Ping mesti menghadapi sekolah baru, kawan-kawan baru, dan tantangan baru. Mungkinkah ia menemukan apa yang hilang selama ini?

Fish in The Water

fishBeli sekarang!

Tentang seni dan seniman, musik, kebebasan dan prinsip, serta kisah cinta Hae-ya dan Seon walau dengan sifat yang berlawanan. Novel ini juga berhubungan dengan album terbaru dari sang penulis, personel AKMU atau Akdong Musician, yang membicarakan album “SAILING”.

Shine

bukuBeli sekarang!

Walaupun santer dikabarkan buku ini seperti semi-biografi dari Jessica Jung, mantan lead-vocal girl group, Girls Generation atau SNSD. Buku fiksi pertamanya ini mengisahkan Rachel Kim, remaja 17 tahun keturunan Korea-Amerika dan ia direkrut oleh DB Entertainment, perusahaan musik K-Pop di Seoul.

Rachel harus latihan setiap harinya, tampil sempurna dan dilarang berkencan. Tapi skandal-skandal mulai bermunculan dan ia berusaha mempertahankan citra kesempurnaan. Melalui buku ini Jessica berharap dapat menularkan semangat menggapai mimpi seperti yang dilakukan Rachel!

Boyband: Your Dream is Yours

boybandBeli sekarang!

Menceritakan kisah skandal-skandal yang terjadi diantara para anggota boyband dan juga sang manajer. Dimulai dari pria kelahiran Indonesia yang tinggal di Taipei, Dufei, ingin menjadi manajer boyband yang berkualitas dan bertalenta. Seketika karirnya terancam hilang, karena dua personel boyband-nya terlibat skandal, dan Dufei harus mencari pengganti secepatnya. Hingga akhirnya dia berhasil mendapatkan pengganti dan grup Sunrise Boys yang digawangi Jordan, dkk, dan berhasil debut.

Namun muncul akun misterius yang membongkar aib Jordan dan hubungan rahasia Dufei bersama Shasha, manajer grup Shinny Girls. Situasi dalam grup Sunrise Boys dan Shinny Girls pun memanas. Siapakah dalang dari akun misterius tersebut dan apa tujuannya ia melakukan itu?

Super Fake Love Song

superBeli sekarang!

Masuk sebagai "NPR Book Concierge Pick of the Year" dan ditulis oleh bestselling author The New York Times, David Yoon, kisah ini menceritakan tentang seorang kutu buku yang super insecure dan berpura-pura menjadi bintang rock untuk mendapatkan gadis impiannya.

Sunny, terpaksa mengatakan bahwa ia adalah lead dari band rock saat Cirrus mengatakan betapa kerennya dan percaya dirinya Sunny saat memainkan gitar. Sunny pun mengajak teman-temannya untuk membentuk band palsu dan mulai berpakaian seperti bintang rock. Tapi saat Sunny ingin berterus terang, Cirrus memintanya untuk bermain kapan-kapan. Apakah Sunny akan berhasil dengan band rock palsunya itu?

MetroPop: Blue Morpho

metropopBeli sekarang!

Arka, vokalis band Caterpillar. Melihat ketertarikan Arka, Drupadi langsung menyambar kesempatan. Lagi pula, Drupadi bosan terus-terusan diancam mamanya bakal dijodohkan. Namun, pertemuannya dengan Gusti membuyarkan segala keyakinan gadis itu. Drupadi belum pernah merasakan jantung berdebar-debar hebat seperti ketika berada di dekat Gusti. Ironisnya, Gusti itu sahabat Arka! Haruskah Drupadi mengorbankan cinta yang dia rasakan terhadap Gusti untuk tetap bersama Arka?

Kata Dochi : Sebuah Memori (New Edition)

kataBeli sekarang!

Dochi Sadega sang bassis & vokalis dari band Pee Wee Gaskins ini menceritakan kenangannya dalam bermusik bersama para personel PWG. Namun tak hanya itu, ada banyak cerita rtentang tongkrongan dan pergaulan, mertua, berbagai tips, hal-hal yang Dochi sukai, trivia, dan tentunya ceritanya dalam membangun band yang sudah memenangkan AMI Awards hingga dua kali ini. Kamu para Dorks, jangan lewatkan buku satu ini ya.

Dan untuk kamu para pecinta K-Pop, jangan lewatkan buku-buku ini ya!

Blackpink: 1# K-Pop Girl Group (The Unofficial Biography)

blackpinkBeli sekarang!

Para Blink sejati yang ingin mengetahui lebih dalam tentang Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa, wajib baca buku ini! Talenta yang luar biasa membawa mereka menjadi group K-Pop yang mendunia. Nah, lewat buku ini kamu bisa mengetahui kisah mengenai hari-hari trainee mereka, perjalanan debut, pencarian mereka yang belum selesai dalam mendominasi dunia, dan juga cerita kehidupan dan kepribadian mereka masing-masing.

NCT Multiverse Group

nctBeli sekarang!

Buku ini menjadi buku panduan wajib bagi para NCTzen! Penampilan super energik, paras rupawan dan bakat luar biasa, menjadikan penampilan dan comeback mereka selalu dinantikan! Penasaran ingin mengetahui lebih lengkap tentang buku ini? Kalau gitu, langsung pesan sekarang yuk!

IU: The Queen Of Healing Voice

iuBeli sekarang!

Para UAENA! Saatnya kenal lebih dalam dengan ‘Mbak Ayu’ yang bersuara malaikat, sang solois perempuan tersukses di Korea Selatan. Melalui buku biografi ini, kamu bisa mengetahui perjalanannya hingga bisa mencatat rekor sebagai “Queen of Chart-Topping” dengan meraih status “Perfect All-Kill” terbanyak sepanjang sejarah, serta kehidupannya sehari-hari.

Klik untuk Info Lebih Lanjut

Admin juga tak lupa mengingatkan, jika sedang berlangsung promo menarik dalam rangka HUT Gramedia Pustaka Utama (GPU) di bulan ini. Kamu bisa menikmati diskon 20% untuk semua buku terbitan GPU, flash sale mulai dari Rp 4.700, dan potongan ongkos kirim Rp8.000 dengan memasukkan kode "HUTGPUKGX8".

Siap borong buku?


Sumber foto header: era.id