Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Rekomendasi Buku untuk Persiapan Skripsi, Sidang, dan Tugas Akhir!

Rekomendasi Buku untuk Persiapan Skripsi, Sidang, dan Tugas Akhir!

Sudah sampai mana skripsi kamu? Wah, pertanyaan ini biasanya jadi pertanyaan yang paling dihindari semua mahasiswa semester tua. Emang banyak banget godaan buat mengulur waktu lulus, salah satunya pertanyaan tadi. Nggak jarang kita melihat mahasiswa jadi molor lulus gara-gara stuck nulis skripsi, nggak siap sidangnya, takut ngadepin dosen pembimbing, dan masih banyak lagi.

Terbukti kalau menulis skripsi dan menjalani proses akhir dalam perkuliahan itu nggak mudah. Menulis skripsi butuh persiapan yang matang, baik dari bahan tulisan, referensi, kesanggupan mental, dan kematangan ilmu pengetahuan. Rasanya bahkan nggak ada yang pernah benar-benar memberi kita pelajaran tentang persiapan ini bahkan di perkuliahan itu sendiri.

Nah, untuk membantu kamu menghadapinya, Admin punya beberapa rekomendasi buku yang bisa kamu baca baik menjelang penulisan skripsi atau saat kamu sedang menjalaninya! Mulai dari buku self improvement buat menjaga semangat kita tidak padam, buku metodologi penelitian, hingga buku tips skripsi dan sidang, lho! Simak terus selengkapnya, ya!

Rekomendasi Buku untuk Persiapan Skripsi, Sidang, dan Tugas Akhir!

1. Sukses Sidang Skripsi (S3)

skripsiBeli di Sini!

Buku ini dipersembahkan untuk kamu yang masih semangat berjuang menuju sidang skripsi walaupun jalannya nggak mudah. Buku ini bisa menjadi teman kamu selama mempersiapkan diri menjelang sidang skripsi. Buku ini bukanlah buku penuh teori atau metode penelitian. Isinya dikemas dengan lebih bersahabat menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh siapa pun.

Buku ini bisa menjadi teman cerita kamu ketika kamu sedang mengalami hal buruk dengan skripsi atau pembimbing kamu. Hiburan selama persiapan dan proses tugas akhir itu penting, lho. Buku ini juga bisa membantu dan memberikan energi positif sehingga kamu bisa terus semangat mempersiapkan diri untuk sidang skripsi.

2. Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, Disertasi

Buat kamu yang sudah punya ide untuk menulis tapi masih bingung gimana cara mulai menulisnya, kamu bisa baca buku yang satu ini! Buku ini dirancang untuk memudahkan mahasiswa dalam menulis skripsi. Bukan cuma itu buat mahasiswa S2 dan S3 juga bisa membaca karena pedomannya juga tersedia untuk tesis dan disertasi juga. Selain itu, buku ini juga menyajikan sistematika penulisan skripsi, tesis, dan disertasi, baik itu teknik penulisan ilmiah, format-format penulisan, serta konten setiap unsur dalam tulisan ilmiah.

skripsiBeli di Sini!

Hal menarik lainnya adalah deskripsi detail tentang hal yang harus diketahui dan harus ditulis dalam sebuah skripsi, tesis, dan disertasi terangkum dalam buku ini disertai dengan contoh-contoh untuk memudahkan pemahaman sebagai model. Buku ini akan memandu kamu untuk menyusun tugas akhirmu secara sistematis, komprehensif, kohesif, koheren, logis, dan layak baca.

3. Sukses Menyelesaikan Tugas Akhir dan Skripsi dalam 30 Hari

Selain bisa menulis skripsi yang sistematis dan benar, banyak dari kita yang baru mulai terdorong menulis skripsi saat deadline-nya sudah mepet! Jangan khawatir, buku yang satu ini memberi tips dan trik buat kamu para deadliner!

Agar skripsimu bisa segera selesai kamu memerlukan dorongan dan motivasi yang kuat, tetapi banyak hal yang menyebabkan penyelesaian skripsi terhambat sehingga menghantui para mahasiswa, mulai dari pemilihan judul yang tepat, penyesuaian dengan karakter dosen pembimbing kurangnya buku referensi, revisi, dan banvak hal lainnya.

Bukan hanya mahasiswa yang kurang secara akademik, bahkan mahasiswa yang sudah pintar pun kerap kali merasa ketakutan dalam mengerjakan skripsi. Oleh karena itu, perlu strategi dan panduan khusus dalam menghadapi ketakutan selama menulis skripsi.

skripsiBeli di Sini!

Buku ini disusun dari pengalaman banyak orang yang telah berhasil melewati masa-masa petualangan dalam menyusun skripsi dan tugas akhir lainnya. Buku ini juga akan menuntun kamu menyelesaikan tugas akhir atau skripsi dengan cepat dan berkualitas. Dengan waktu 30 hari kamu bisa menyelesaikan skripsimu. Coba baca aja dulu dan rasakan efeknya!

4. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Dalam penulisan skripsi penting banget untuk kamu mematangkan metode penelitianmu. Bahkan metode penelitian dalam skripsi umumnya ditulis dalam satu bab utuh yang hanya membahas metode penelitianmu. Jangan sampai kamu tidak mematangkannya! Buku yang satu ini cocok kamu baca untuk mempelajari metode penelitian baik yang kuantitatif ataupun kualitatif.

skripsiBeli di Sini!

Buku ini memaparkan materi tentang bab-bab yang sangat dibutuhkan untuk penelitian. Selain itu, buku ini juga disusun secara lengkap dan praktis, sehingga bisa menjadi tuntunan bagi mahasiswa maupun peneliti kuantitatif dan kualitatif yang menghendaki adanya panduan penelitian yang praktis, lengkap, dan mudah dipahami.

5. Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman

Mahasiswa IT dan teknik perlu merapat, nih! Skripsi pemrograman bukanlah hal asing lagi buat anak teknik dan komputer. Sayangnya, selain menulis skripsi itu sudah memerlukan pengetahuan dan keterampilan tersendiri, pemrograman pun masih membutuhkan ilmu lain yang harus dikuasai juga. Bagaimana cara membagi dua konsentrasi itu agar bisa menghasilkan skripsi pemrograman yang layak baca? Buku ini akan mengajarkan kamu tekniknya!

skripsiBeli di Sini!

Bagi para mahasiswa jurusan komputer, diperlukan pemahaman dan pengetahuan tentang berbagai teori yang berkaitan dengan analisis perancangan sistem informasi atau rekayasa perangkat lunak yang meliputi teori mengenai sistem, informasi, teknologi, database, tabel, field, record, basis data, struktur data, ERD, DFD, normalisasi, flowchart, UML, use case diagram, activity diagram, sequence diagram, OOP, pemrograman terstruktur, metode migrasi, black box testing, white box testing, dan lain-lain.

Buku ini membahas tentang semua hal yang disebutkan di atas secara lengkap dan sistematis mulai dari teori, fungsi, cara pembuatan hingga contoh-contohnya. Tunggu apalagi? Yang jelas, buku ini sangat cocok dijadikan bahan referensi bagi para mahasiswa untuk menyusun tugas akhir atau skripsi pemrograman!

6. Koleksi Program Tugas Akhir dan Skripsi dengan Android

skripsiBeli di Sini!

Menulis skripsi dengan program Android juga dilakukan oleh beberapa mahasiswa. Buat kamu yang sedang menulisnya, buku ini bisa banget dapat dipakai sebagai referensi dan tambahan ilmu pengetahuanmu sebab isinya bukan cuma contoh koleksi program tugas akhir dan skripsi dengan Android, tetapi juga materi bermanfaat lainnya. Materi dalam buku ini disusun mulai dari cara membuat program Login, CRUD database, Menu, hingga project tertentu. Tunggu apalagi? Beli dan dapatkan bukunya hanya di Gramedia.com!

7. 100 Kebiasaan Orang Sukses

Jika semua ide dan pengetahuanmu sudah berkumpul, maka dorongan lain yang kamu butuhkan dalam proses dan persiapan menulis skripsi adalah kebiasaan-kebiasaan yang memotivasi tekadmu untuk menyelesaikan skripsi! Buku yang satu ini cocok banget buat kamu baca di sela-sela persiapan dan proses menulis karena isinya memuat panduan untuk mewujudkan berbagai impian! Dari impian luar biasa yang ambisius hingga impian sederhana yang bermakna.

skripsiBeli di Sini!

Setiap babnya mengandung suatu pemikiran baru yang akan membantu kamu mempelajari serta mengoptimalkan pola pikir dan kebiasaan yang Anda perlukan untuk sukses dalam pekerjaan dan kehidupan, di antaranya mengubah pekerjaan menjadi permainan, mengambil waktu istirahat, memercayai naluri diri, memiliki tidur yang cukup. Buku ini dipenuhi pemikiran hebat agar kamu bisa bekerja keras dengan cara yang lebih cerdas dan lebih baik!

8. Seni Manajemen Waktu

skripsiBeli di Sini!

Masalah manajemen waktu merupakan hal umum bagi banyak orang, sering sekali terjadi dan mengganggu proses penulisan tugas akhir mahasiswa. Salah satu keterampilan hidup yang paling penting untuk dikuasai adalah manajemen waktu ini. Bukan cuma dalam penulisan skripsi, keseharian kita juga banyak memerlukan seni mengatur waktu yang tepat agar aktivitas kita bisa berjalan optimal.

Buku ini mengajarkan cara mengatur waktu dan bagaimana kita bisa mendisiplinkan diri terhadap komitmen agar tidak tertunda. Dengan menguasai manajemen waktu, bukan cuma kamu akan menyelesaikan skripsi tetapi juga keseharianmu secara umum akan terasa lebih produktif. Bila waktu dikelola dengan bijak, hal tersebut dapat meminimalkan stres dan memperbaiki keseluruhan kualitas hidup!

9. The Book of Membuat Prioritas

Sudah punya kebiasaan bagus, mengatur waktu sudah tepat, tinggal bagaimana kamu mengatur skala prioritas untuk memaksimalkan persiapanmu dalam menulis skripsi!

skripsiBeli di Sini!

Berapa banyak dari kita yang terlihat sangat sibuk tapi sebenarnya hal yang membuat jadi sibuk itu bukanlah prioritas? Seberapa sering kita melakukan hal yang orang lain juga lakukan, tapi sebenarnya itu tidak mengantarkan kita ke tujuan jangka panjang? Sebaliknya apakah kita sudah menemukan bahwa dalam kehidupan sehari hari ini ada hal-hal sepele yang terkesan buang buang waktu, tapi sebenarnya itu bermanfaat? Apakah kita sudah mengalami momen-momen krusial yang terjadi dalam sekejap yang kemudian menjadi satu detik yang mengubah hidup kita? Pertanyaan-pertanyaan itu akan terjawab dalam buku ini! Segera dapatkan bukunya di Gramedia.com!

Nah itu dia beberapa buku rekomendasi yang bisa kamu baca untuk mempersiapkan dirimu menulis skripsi atau tugas akhir lainnya! Jangan khawatir karena ada banyak cara untuk menghadapinya, kamu bisa mendapatkan seluruh bukunya di Gramedia.com. Jangan lupakan juga promo-promo menarik yang selalu ditawarkan di Gramedia.com!

Tak perlu khawatir kantong bolong untuk memborong semua buku di atas, karena ada berbagai promo spesial yang bisa kamu dapatkan saat berbelanja di Gramedia.com! Cek promonya di bawah ini agar belanja jadi makin asyik! ⤵️

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber Foto Header: freepik.com

Penulis: Shaza Hanifah


Enter your email below to join our newsletter