Rekomendasi Buku Parenting untuk Orangtua Milenial

Rekomendasi Buku Parenting untuk Orangtua Milenial

. 3 min read

Apakah kamu seorang milenial yang sudah memiliki buah hati? Banyak pakar beda pendapat tentang siapa itu generasi milenial, tetapi secara umum mereka adalah yang lahir pada rentang tahun 1980-1995. Mereka sudah cukup umur untuk menikah dan memiliki anak. Cara parenting generasi milenial pasti berbeda dengan generasi sebelumnya.

Untuk mendukung para orangtua dari generasi milenial, kami mengumpulkan buku-buku parenting yang cocok untuk dibaca dan diterapkan sebagai cara parenting mereka. Berikut adalah rekomendasi buku parenting untuk generasi milenial.

Ketika Pintar Saja Tidak Cukup

Ketika
Ketika Pintar Saja Tidak Cukup karya Anthony Dio Martin

Tidak ada orangtua yang tidak mendoakan buah hatinya menjadi anak yang pintar. Segala macam hal dilakukan orangtua agar anak meraih prestasi, mendapatkan nilai tinggi, dan berbakat. Orangtua berusaha keras supaya anaknya menuntut ilmu di sekolah favorit. Orangtua juga menjamin anaknya mendapatkan apa yang diinginkannya asalkan mendukung si anak jadi pintar. Namun, pintar saja tidak cukup.

Ketika Pintar Saja Tidak Cukup karya Anthony Dio Martin menargetkan pembaca orangtua dan pendidik untuk generasi milenial. Hanya saja, buku ini cocok untuk orangtua lintas generasi termasuk para orangtua milenial yang baru memiliki buah hati. Buku ini mengulik bentuk pendekatan yang tidak hanya fokus pada kecerdasan akademik saja, tetapi juga kecerdasan emosional.

Gentle Birth

Gentle
Gentle Birth karya Yesie Aprilia

Bagi calon ibu baru, hamil dan melahirkan adalah karunia yang membahagiakan sekaligus menakutkan. Cara-cara dicari tahu agar proses kehamilan dan melahirkan berjalan lancar; dari bertanya pada orang yang lebih tua, membaca artikel pendukung, sampai berkonsultasi ke dokter dan bidan. Sayangnya, kebanyakan para calon ibu lebih memilih mengatasi rasa nyeri dalam proses melahirkan.

Gentle Birth karya Yesie Aprilia mengajak para calon orangtua untuk menikmati proses kehamilan dan melahirkan. Buku ini lengkap membahas persiapan proses persalinan dan cara mengatasi rasa nyeri serta tidak nyaman selama proses persalinan berlangsung. Jadi, orangtua bisa lebih aman, nyaman, dan bahagia saat menantikan kehadiran sang buah hati.

MoneySmart Parent: Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orangtua Baru

MoneySmart
MoneySmart Parent karya Nadia Mulya dan Prita Hapsari Ghozie

Waktunya untuk membahas finansial keluarga. Cepat atau lambat, setelah menikah pasangan suami-istri akan mendengar kabar bahagia bahwa sang istri hamil. Sebagai orangtua milenial, tidak asing rasanya untuk mengadakan acara untuk menyambut kehadiran si jabang bayi—dari acara baby shower bersama keluarga dan teman dekat sampai maternity photoshoot di studio foto dengan fotografer yang andal. Belum lagi saat melahirkan dan hari-hari setelahnya. Bagaimana mengatur keuangan itu semua?

Figur publik Nadia Mulya dan rekannya Prita Ghozie memberikan pencerahan baru untuk orangtua terutama mereka yang milenial melalui buku MoneySmart Parent: Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orangtua Baru. Buku ini terdiri atas tujuh bagian yang berkaitan dengan perencanaan keuangan, pemilihan prioritas, dan pengaruh gaya hidup terutama di media sosial. Tak lupa juga tentang perencanaan dana pendidikan anak yang tak kalah penting.

Membangun Karakter dan Melejitkan Potensi Anak

Membangun
Membangun Karakter dan Melejitkan Potensi Anak karya Marisa Humaira

Pendidikan karakter menjadi poin penting dalam mendidik anak. Medium yang paling utama adalah melalui agama. Mendidik anak berarti tidak hanya memberi tahu untuk patuh kepada orangtua tetapi juga kepada Tuhan yang Mahaesa.

Marisa Humaira menulis sebuah buku tentang pendidikan karakter yang berjudul Membangun Karakter dan Melejitkan Potensi Anak. Buku ini berusaha menjawab berbagai pertanyaan orangtua dalam mendidik anak terutama dalam pondasi agama Islam. Lengkapnya, buku ini membahas cara menerapkan pendidikan yang sudah dimulai sejak dari dalam kandungan hingga anak mencapai usia remaja.

Gentle Discipline

Gentle
Gentle Discipline karya Sarah Ockwell-Smith

Orangtua mungkin kerap menghukum anak-anaknya yang tidak menurut dengan kekerasan. Dari pukulan di tangan, jeweran, sampai cubitan yang membuat kulit si anak berbekas ungu. Cara-cara tersebut bukanlah hal yang benar dalam mendisiplinkan si anak. Semakin keras orangtua, semakin membangkang anak. Bagaimana cara yang tepat dalam mendidik sikap disiplin pada anak?

Sarah Ockwell-Smith, seorang spesialis metode gentle parenting, mengupasnya dalam buku Gentle Discipline. Dalam buku ini, ia akan membantu orangtua dalam memahami alasan anak-anak berperilaku tidak baik serta bagaimana orangtua merespons tanpa kekerasan dan penghakiman.