Sah Jadi Mommy, Ini 5 Buku Parenting Pilihan untuk Raisa

. 3 min read

Setelah penantian panjang, akhirnya pelantun lagu Kali Kedua, Raisa Andriana melahirkan anak pertamanya dengan Hamish Daud pada Selasa, 12 Februari 2019 kemarin.

Berdasarkan akun instagram @babyraisahamish, anak pertama Raisa dan Hamish ini dikabarkan berjenis kelamin perempuan.

Haru suka cita tentu menyelimuti kedua pasangan yang baru saja dikaruniai buah hati ini. Namun hal ini juga menandakan adanya tantangan baru di depan mata.

Menjadi orangtua memang bukan perkara mudah. Menjadi orangtua pun perlu belajar, terutama bagi sang ibu yang akan menghabiskan sepanjang harinya dengan sang baby yang baru lahir, begitu pula dengan Raisa.

Nah, sebagai kado untuk kelahiran sang bayi, berikut Gramedia.com berikan rekomendasi buku-buku parenting pilihan untuk Raisa. Semoga kelak bisa menjadi mommy teladan yang bisa menginspirasi ibu-ibu muda lainnya.

1. Siap Menjadi Mama

parenting

Meskipun melahirkan menjadi pengalaman yang tak terlupakan, tidak semua perempuan bisa menikmatinya dengan sempurna. Tidak jarang seorang ibu akan merasa bahagia dan tidak menyangka bahwa realita tak sesuai harapan.

Niza Lauzi, akan membahas secara mendalam mengenai aspek psikologis kebutuhan, keinginan, dan harapan ibu, agar menjadi ibu yang siap mental dan terhindar dari baby blues atau depresi pasca melahirkan.

Tidak hanya untuk para ibu, buku ini juga berguna untuk menambah informasi bagi anggota keluarga dan kerabat, agar dapat mengambil sikap dalam menghadapi seorang ibu yang baru melahirkan.

2. 100+ MPASI Hits Instagram Pilihan Mommy

parenting

Setelah 6 bulan mendapatkan aSI eksklusif, anak akan memasuki tahap MPASI untuk belajar makan makanan padat. Namun terkadang beberapa ibu masih ragu dan bimbang, makanan seperti apa sih yang baik? Seperti apa camilan yang cocok? Berapa kali sebaiknya diberikan?

Pertanyaan seputar MPASI terangkum lengkap dalam buku dari @MPASIbayisehat yang bermula dari sebuah akun Instagram ini. Buku ini akan menghadirkan berbagai resep-resep pilihan yang baik untuk si kecil.

Di samping resep, buku ini juga membagikan solusi untuk menghadapi persoalan makan si kecil seperti ketika sariawan, alergi, ataupun gerakan tutup mulut.

3. Yuk Jadi Orangtua Shalih

parenting

Tentu Ayah dan Ibu begitu mendambakan anak yang shalih dan shalihah. Tapi sebelum itu, sudahkan kita menjadi orangtua yang shalih?

Buku karya Ihsan Baihaqi Ibnu Buchori ini, akan membimbing para ayah dan ibu baru untuk menjadi orangtua yang baik, bijak dan cerdas. Lengkap dengan teori, contoh kasus, dan cara menyelesaikan masalah. Yuk Jadi Orangtua Shalih akan menjadi awal tumbuhnya anak-anak yang shalih dan shalihah.

4. The Big Book Top 300 Menu Bayi Dan Balita

parenting

Bayi dan balita membutuhkan nutrisi yang sempurna agar pertumbuhannya pun juga baik. Namun seringkali ibu kehabisan akal karena anak susah makan. Gerakan tutup mulut dari anak ini bisa jadi penanda bahwa ia sedang bosan dengan makanannya.

Agar terhindar dari kebosanan, buku ini bisa jadi pegangan yang tepat agar bisa lebih variatif dalam mengolah makanan yang tentunya sudah mencakup kebutuhan nutrisi yang tepat untuk si kecil.

5. Kiat Mendidik Anak Taat Beribadah

parenting

Kekhawatiran orangtua dalam “membentuk anak” di zaman yang semakin canggih dapat terminimalisir dengan tuntunan agama yang baik. Buku dari Roidah Bakri ini hadir untuk membantu orangtua dalam masa pertumbuhan anak sejak dini.

Tidak bisa dipungkiri jika ketaatan beribadah akan berimbas langsung dan menjadi pagar kokoh bagi anak agar dapat membentengi dirinya dari pengaruh negatif. Semua tips dan triknya dikupas lengkap melalui Kiat Mendidik Anak Taat Beribadah.


Nah itu dia buku-buku yang sekiranya bisa jadi teman belajar untuk Raisa agar kelak bisa menjadi orangtua yang siap dalam menemani tumbuh kembang anak.

Bagaimana menurutmu? Adakah buku-buku lainnya yang bisa dijadikan rekomendasi untuk Raisa? Tulis di kolom komentar ya!


Sumber header foto: Tribunnews.com