Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Rekomendasi Buku Latihan Soal UTBK-SNBT 2023, Dijamin Tokcer!

Rekomendasi Buku Latihan Soal UTBK-SNBT 2023, Dijamin Tokcer!

Sebentar lagi, para siswa kelas 12 SMA akan berjuang untuk mendapatkan kursi di universitas idaman mereka. Dari tahun ke tahun, seleksi bersama untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri mengalami banyak perubahan. Baik dari segi sistem seleksi, maupun materi yang diujikan.

Begitu pula tahun 2023 ini. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim, telah menjelaskan bagaimana sistem seleksi bersama ini akan dilaksanakan dari tahun 2022 silam. Tahun ini, terjadi perubahan nama dari SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) menjadi SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) dan SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes).

Dalam SNBT 2023, materi yang diujikan hanya berupa Tes Potensi Skolastik, atau tes yang mengukur kemampuan kognitif, logika, penalaran matematika, serta literasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Tentunya tes ini dibuat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dari segi kesulitan soal.

Apa saja yang diujikan dalam SNBT 2023? Ada tujuh materi yang harus kalian kuasai, yaitu:

  1. Tes Potensi Skolastik: Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.
  2. Literasi Bahasa Inggris.
  3. Literasi Bahasa Indonesia.
  4. Penalaran Matematika.

Menurut Kepala Pusat Asesmen Pendidikan, ketujuh tes ini penting untuk mengukur tingkat penalaran calon mahasiswa, yang diperlukan untuk menguasai bidang ilmu yang akan dipelajari di PTN nanti.

Untuk mengikuti SNBT, terlebih dahulu peserta harus mengikuti UTBK-SNBT 2023, dengan syarat telah lulus di tahun 2021, 2022, dan 2023 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), atau lulus Paket C tahun 2021, 2022, dan 2023, dengan umur maksimal 25 tahun per 1 Juli 2023. Hasil UTBK nanti dapat diikutkan dalam SNBT untuk memasuki PTN Akademik, PTN Vokasi, atau Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN).

Nah, untuk kamu yang akan mengikuti SNBT 2023, berikut adalah jadwal kegiatan penting SNBT 2023. Jangan sampai ketinggalan, ya!

Jadwal Kegiatan SNBT 2023

  • Siswa melakukan registrasi akun SPNMB: 16 Februari - 3 Maret 2023
  • Sosialisasi UTBK-SNBT: 1 Desember 2022 - 14 April 2023
  • Pendaftaran UTBK-SNBT: 23 Maret - 14 April 2023
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang I: 8-14 Mei 2023
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang II: 22-28 Mei 2023
  • Pengumuman hasil SNBT: 20 Juni 2023
  • Masa unduh sertifikat UTBK: 26 Juni-31 Juli 2023

Gimana, kamu sudah siap-siap belum, Grameds? Kurang lebih satu bulan lagi, kamu yang mengikuti UTBK-SNBT 2023 akan masuk ke 'medan tempur' untuk memperebutkan kursi di Perguruan Tinggi Negeri idaman. Tentunya persiapan kamu harus sangat matang.

Nah, untuk membantu kamu menyusun strategi dan mengasah kemampuan, Gramin sudah menyusun daftar rekomendasi buku latihan soal SNBT 2023 yang dijamin dapat mempermudah kamu menguasai materi!

Yuk, langsung saja kita simak rekomendasinya!

Rekomendasi Buku Latihan Soal UTBK-SNBT 2023

1. Wangsit HOTS Tes Skolastik Seleksi Nasional Masuk PTN

bukuBeli di Sini!

Rasanya setiap siswa kelas 12 SMA sudah akrab mendengar kata 'wangsit', yang merupakan akronim dari 'pawang soal sulit'. Buku ini merupakan salah satu buku yang pertama kali terbit ketika Pak Nadiem Makarim mengumumkan perubahan drastis di SNBT 2023. Materi dalam buku ini membahas secara mendalam tentang Tes Potensi Skolastik. Tidak hanya menyediakan soal-soal latihan, buku ini juga dilengkapi dengan drilling per topik bahasan dan pembahasan yang mudah dipahami. Soal-soal yang disajikan dapat memberikan gambaran kepada siswa tentang soal-soal yang akan diujikan di UTBK-SNBT 2023. Buku ini juga memberikan informasi tentang perubahan sistem seleksi di 2023, dan memberikan strategi serta tips untuk tembus PTN favorit. Lengkap sekali, bukan?

2. The King Bedah Tuntas TPS + B. Inggris SNBT 2023

bukuBeli di Sini!

Buku latihan soal ini termasuk salah satu buku yang menjadi best-seller untuk mempersiapkan UTBK-SNBT 2023. Soal-soal dalam buku ini telah disesuaikan dengan update PERMEN Kemendikbudristek No. 48 Tahun 2022. Sehingga, dapat dipastikan kamu akan mempelajari materi ter-update yang mirip dengan soal yang akan diujikan di UTBK-SNBT 2023 nanti. Tidak hanya latihan soal, buku ini juga menyediakan aplikasi android yang bisa kamu unduh, yang berisi tes akademik, tes UTBK, tes buta warna, dan tes TOEFL. Kamu juga dapat mengikuti grup belajar bersama UTBK, lho! Bank soal yang disediakan juga dihadirkan dalam bentu e-book yang bisa kamu unduh. Selain e-book bank soal, kamu juga bisa mengunduh video mentoring pembahasan soal TPS serta software UTBK untuk berlatih.

3. Top Rank Tes Skolastik SNBT 2023

bukuBeli di Sini!

Latihan soal dalam buku ini disajikan selengkap mungkin mengikuti kisi-kisi dari PERMENDIKBUDRISTEK No. 48 Tahun 2022. Buku ini juga dilengkapi dengan pendalaman materi tes skolastik dengan menyajikan contoh soal dan pembahasan yang lengkap. Kamu akan mendapatkan 3 paket soal tryout tes skolastik dengan pembahasannya, yang juga tersedia dalam bentuk e-book. Untuk latihan hariannya, kamu akan mendapatkan beberapa paket latihan soal yang akan membantu kamu memperdalam pemahaman kamu terhadap materi yang diujikan. Buku ini juga menyediakan link untuk kamu mengunduh aplikasi-aplikasi yang akan membantu kamu belajar, seperti aplikasi TPS, TOEFL, TO SBMPTN, TPA, dan psikotes.

4. The Master Key of UTBK SNPMB, SNBT, dan Ujian Mandiri SAINTEK 2023

bukuBeli di Sini!

Tidak hanya menyediakan latihan soal untuk UTBK-SNBT 2023, buku ini juga menyediakan soal-soal Tes Potensi Akademik untuk kamu mempersiapkan diri di Ujian Mandiri, yang biasanya diadakan di masing-masing PTN.  Dalam buku ini, kamu akan mendapatkan ringkasan materi TPS yang sudah disesuaikan dengan kisi-kisi dari Kemendikbudristek, 6 paket soal dan pembahasan Tes Potensi Skolastik, dan 1 paket soal tryout UTBK-SNBT 2023. Untuk Tes Potensi Akademik, kamu akan mendapatkan ringkasan materi untuk empat mata pelajaran saintek (matematika, fisika, kimia, dan biologi), 9 paket latihan soal, dan 1 paket soal tryout. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan Lembar Jawaban Digital dan tautan untuk mengikuti tryout online gratis.

Masih banyak lagi buku latihan soal UTBK-SNBT 2023 yang bisa kamu dapatkan di Gramedia.com, lho! Tentunya, buku-buku latihan soal hanya menjadi media bagi kita untuk belajar. Yang paling penting dipersiapkan untuk SNBT 2023 adalah usaha dan doa untuk mendapatkan PTN terbaik bagi kita. Berjuang terus, ya, Grameds!🔥

via GIPHY

Jangan lupa, intip promo-promo yang tersedia di Gramedia.com supaya belanja kamu jadi lebih hemat, ya!👀⤵️🛒

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber gambar header: freepik.com


Enter your email below to join our newsletter