Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Rekomendasi Buku Latihan Soal SIMAK UI dan UM UGM, Auto Lulus!

Rekomendasi Buku Latihan Soal SIMAK UI dan UM UGM, Auto Lulus!

Habis SNBT, terbitlah ujian mandiri.🤓

Sedia payung sebelum hujan, kata orang bijak. Wajib diterapkan nih, Grameds, terutama untuk teman-teman yang sedang sibuk mempersiapkan diri menuju jenjang universitas, tentunya lebih baik punya cadangan daripada menyesal, bukan?

Ujian mandiri menjadi salah satu jalur yang bisa kamu tempuh untuk memasuki perguruan tinggi idaman. Beberapa perguruan tinggi menyelenggarakan ujian mandiri selepas ujian SNBT agar menjadi pilihan bagi para calon mahasiswa yang mengincar jurusan idaman di universitas idaman. Sebut saja UI, UGM, Unpad, dan masih banyak lagi.

Nah, kali ini, Gramin mau kasih kamu bocoran buku-buku latihan soal yang bisa membantu kamu lolos ujian mandiri di 2 universitas ternama di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gajah Mada (UGM).

Yuk, simak rekomendasinya di sini!

Rekomendasi Buku Latihan Soal SIMAK UI 2024

SIMAK UI adalah salah satu ujian mandiri yang dikenal menantang, namun jadi incaran banyak orang. Kesempatan kedua untuk memasuki UI menjadi daya tarik utama bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi nomor satu di Indonesia ini. Tentu saja persiapan yang harus kamu lakukan juga nggak main-main, ya, Grameds!

Dilansir dari website simak.ui.ac.id, berikut adalah jadwal pelaksanaan SIMAK UI 2024:

  • Pendaftaran: 19 Juni - 8 Juli 2024
  • Ujian: 14 Juli 2024
  • Pengumuman: 24 Juli 2024

Jeda waktu pendaftaran dengan pengumuman SNBT 2024 memberikan kamu waktu yang diperlukan untuk menimbang-nimbang dan berpikir ulang ke mana kamu akan mantap mendaftarkan diri.

Nah, untuk memantapkan persiapan kamu, berikut adalah rekomendasi buku latihan soal yang harus kamu coba kerjakan untuk menaklukkan soal SIMAK UI 2024!

Buku Paten SIMAK UI SAINTEK 2024

BukuBeli di Sini!

Buku ini dikhususkan bagi calon mahasiswa baru yang memilih ujian Seleksi Mandiri UI kelompok ujian IPA (SAINTEK). Buku ini berisi tentang: informasi syarat & ketentuan pendaftaran SIMAK UI 2024/2025, paket bedah soal tes SIMAK UI SAINTEK 2019 hingga 2023, paket prediksi SIMAK UI SAINTEK tahun 2024, kunci jawaban dan pembahasan lengkap, disertai video bedah soal dan simulasi tes APK Android.

Dalam buku ini, kamu bisa melatih Tes Kemampuan Dasar, yang meliputi Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, serta Tes Kemampuan IPA, yang meliputi Fisika, Kimia, dan Biologi.

Buku Paten SIMAK UI SOSHUM 2024

BukuBeli di Sini!

Buku ini menyajikan beberapa paket soal drilling Simak UI bidang Soshum beserta kunci jawaban dan pembahasannya. Tak kalah pentingnya, di dalam buku ini juga menyajikan soal-soal prediksi SIMAK UI tahun 2024. Soal-soal tersebut meliputi tes kemampuan dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris) serta tes kemampuan IPS (Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi).

Bagi siswa-siswi lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin lolos SIMAK UI bidang Soshum, buku ini merupakan pilihan tepat untuk belajar. Untuk memudahkan belajar, buku ini juga dilengkapi dengan aplikasi CBT (Computer Based Test) sehingga para calon mahasiswa dapat download dan mencoba simulasi tes sendiri.

Rekomendasi Buku Latihan Soal UM UGM 2024

Universitas Gajah Mada juga merupakan salah satu perguruan tinggi yang menjadi incaran banyak calon mahasiswa. Untuk memudahkan mereka yang ingin memasuki universitas ini, UGM memberikan kesempatan melalui ujian mandiri. UM UGM tak kalah menantangnya dengan SIMAK UI.

Berdasarkan website um.ugm.ac.id, berikut adalah jadwal pelaksanaan UM UGM 2024:

  • Pendaftaran: 17 April–7 Mei 2024
  • Ujian: 28 Mei–1 Juli 2024 (jadwal berbeda-beda tergantung lokasi, cek di website.)
  • Pengumuman: 9 Juli 2024

Berbeda dengan SIMAK UI, pendaftaran dan pelaksanaan ujian UM UGM berdekatan jaraknya dengan SNBT. Jadi pastikan kalau kamu mau mengikuti UM UGM, stamina kamu harus maksimal, ya!

Nah, untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu, berikut adalah rekomendasi buku latihan soal yang bisa kamu pelajari sebelum melaksanakan UM UGM.

Buku Paten UM UGM SAINTEK 2024

BukuBeli di Sini!

Untuk kamu yang mengincar jurusan Saintek di UGM tahun ini, kamu harus memantapkan diri dengan kumpulan soal di dalam buku ini. Selain berisi informasi dan syarat pendaftaran UM UGM, kamu juga dapat berlatih dengan kumpulan soal UM UGM dari tahun 2020 sampai 2023, serta prediksi soal UM UGM 2024. Buku ini berisi kunci jawaban dan pembahasan lengkap yang akan memudahkan kamu belajar.

Paket soal di dalam Buku Paten UM UGM SAINTEK 2024 ini berisi Tes Kemampuan Dasar, yang meliputi Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, serta Tes Kemampuan IPA, yang meliputi Fisika, Kimia, dan Biologi.

Buku Paten UM UGM SOSHUM 2024

BukuBeli di Sini!

Buku ini menyajikan beberapa paket soal drilling UM UGM bidang SOSHUM dari tahun-tahun sebelumnya beserta kunci jawaban dan pembahasannya. Tak kalah pentingnya, di dalam buku ini juga menyajikan soal-soal prediksi UM UGM tahun 2024. Soal-soal tersebut meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), tes kemampuan dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris), serta tes kemampuan IPS (Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi).

Itu dia Grameds rekomendasi buku latihan soal untuk membantu persiapan kamu menaklukkan SIMAK UI dan UM UGM 2024!

Buku-buku tersebut dapat kamu beli di Gramedia.com atau di toko Gramedia kesayangan kamu. Dapatkan segera sebelum kehabisan, ya!🛒

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber gambar header: freepik.com


Enter your email below to join our newsletter