Dear Army, Ini 8 Buku Rekomendasi RM BTS untuk Kamu

Dear Army, Ini 8 Buku Rekomendasi RM BTS untuk Kamu

. 4 min read

Rap Monster alias RM dari boy band BTS dikenal sebagai salah satu Korean idol yang doyan baca buku. Pria bernama asli Kim Nam-joon itu bahkan kerap membagikan judul buku yang sedang ia baca kepada penggemarnya.

Leader boy band BTS ini juga tak ragu membagikan daftar-daftar buku favoritnya kepada publik. Tentunya, buku-buku ini juga berpengaruh pada karirnya di BTS. Kenapa? Karena dari buku-buku itu muncul ide brilian untuk menciptakan lagu-lagu hits BTS.

Jika kalian adalah Army (sebutan fans BTS), pasti sudah tak heran dengan lagu-lagu ciptaan Rap Monster yang penuh dengan nuansa dunia fantasi, imajinasi, dan juga science fiction. Hal tersebut ternyata terpengaruh dari buku-buku yang dibaca olehnya.

Jadi semakin ingin tahu apa saja buku-buku kesukaan RM BTS? Gramedia.com sudah siapkan daftar buku-bukunya di bawah ini.

1. Demian - Hermann Hesse

HermannHesse

Dari judulnya mungkin orang akan beranggapan jika Demian Hermann adalah tokoh utama di buku karangan Hermann Hesse ini. Namun ternyata Demian adalah bagian kehidupan dari si tokoh utama yang bernama Emil Sinclair.

Di buku ini, Emil Sinclair merasa berada di tempat yang tak seharusnya. Keluarga yang religius dan memaknai hidup dengan sisi positif justru terasa salah buatnya. Hingga dia akhirnya bertemu dengan Max Demian, seorang murid baru di sekolahnya, yang menuntunnya menemukan jati diri.

Kisah di buku ini, kabarnya yang menjadi inspirasi RM BTS membuat lagu berjudul Blood, Sweat & Tears, yang rilis pada Oktober 2016 lalu.

2. Kafka on the Shore - Haruki Murakami

HarukiMurakami

Dengan penuh teka-teki, Haruki Murakami membawa pembaca menikmati perjalanan seorang anak yang kabur dari rumahnya.

Tepat di ulang tahun ke-15, remaja pria bernama Kafka Tamura melarikan diri dari rumah. Dia menyusul ibu dan kakak perempuanya yang lebih dulu pergi meninggalkan rumah, sejak dirinya berusia empat tahun.

Pelariannya membawa Kafka tiba di kota kecil bernama Takamatsu. Kota itu pula yang membawanya masuk dalam dunia perpustakaan keluarga Komura, dan membuatnya mengetahui tentang lagu dan lukisan berjudul Kafka on the Shore.

3. Me Before You - Jojo Moyes

JojoMoyes

Jojo Moyes menyajikan sebuah kisah cinta yang tak terduga. Will, si tokoh utama pria, harus mengalami kelumpuhan setelah kecelakaan fatal yang dialaminya. Kondisinya membawa dirinya bertemu dengan Lou, seorang wanita yang menjadi asisten Will.

Lou yang apa adanya ternyata membawa kembali harapan hidup Will. Harapan hidupnya hilang setelah dirinya divonis lumpuh. Perjalanan kisah keduanya berhasil membuat mata pembaca basah karena tangis haru dengan perjalanan cinta keduanya.

4. The Stranger - Albert Camus

AlbertCamus

Albert Camus bercerita dengan cara yang sederhana. Terus menggiring pembaca mengikuti jalan cerita maju ke depan, tanpa perlu flash back atau tambahan kisah lainnya.

Ini hanya tentang si tokoh utama yang memiliki pola pikir yang dianggap berbeda dari orang kebanyakan. Misalnya, saat si tokoh utama sama sekali tak terlihat sedih, bahkan tak menangis saat ibunya meninggal dunia. Kisah ini membuat pembaca bertanya-tanya tentang isi kepala si tokoh utama.

5. The Catcher in the Rye - J.D. Salinger

Salinger

J.D. Salinger mengenalkan sosok muda dan cerdas bernama Holden Caulfield sebagai tokoh utama di cerita ini. Meski cerdas, namun nasib Caulfield tak begitu baik karena berkali-kali didepak dari sekolahnya.

Pola pikir yang tak wajar membuat Caulfield seolah berada dalam keterasingan. Dia kerap berpikir jika orang dewasa dan masyarakat di sekitarnya penuh kepalsuan dan satu-satunya yang bisa membuatnya tersenyum adalah dunia anak-anak yang begitu murni.

6. Breaking Out of the Man Box: The Next Generation of Manhood - Tony Porter

TonyPorter

RM BTS gentleman banget ya? Karena dengan membaca buku ini artinya dia peduli untuk memperbaiki citra laki-laki yang seharusnya bisa melindungi dan membuat para wanita merasa aman. Bukan justru sebaliknya.

Lewat buku ini, Tony Porter mengajak pembaca untuk menjawab pertanyaan bagaimana caranya menjadi laki-laki yang semestinya. Tentunya buku ini sangat direkomendasikan bagi kalian para pria, para suami, ayah, kakak laki-laki, adik laki-laki atau siapapun untuk melihat sudut pandang berbeda yang ingin menjadi sosok yang lebih bermakna.

7. The Hitchhiker's Guide to the Galaxy - Douglas Adams

DouglasAdams

Pernah nonton film seri Star Wars? Ya, kurang lebih pembaca akan berimajinasi seperti beberapa adegan di film Star Wars. Kenapa? Karena pada dasarnya, buku ini adalah buku science fiction yang mengisahkan seorang manusia bumi bernama Arthur Dent yang berkelana antar planet.

Perjalanan Arthur Dent tersebut dengan tujuan mencari salah satu galaksi yang dikabarkan menghilang.

Terdengar aneh? Ya mungkin sekilas seperti itu. Namun novel ini adalah salah satu novel tersohor yang seringkali menjadi rujukan bagi mereka yang tengah berburu buku science fiction yang berkualitas.

8. The Ones Who Walk Away From Omelas - Ursula K. Le Guin

UrsulaLeGuin

Buku ini bercerita tentang sebuah kota bernama Omelas. Meski tanpa pemimpin, penduduk di Omelas dikisahkan hidup teratur, tenteram, dan jauh dari kata barbar.

Senyuman tidak pernah pudar dari wajah penduduknya. Mereka juga selalu hangat menyapa setiap kali saling berjumpa. Kisah yang tampak membahagiakan ini ternyata menyembunyikan air mata dan kesedihan. Rasa pahit yang harus dibayar demi ketenteraman di Omelas.

Kisah ini yang akhirnya menjadi inspirasi di balik pembuatan lagu Spring Day dari BTS.


Header image source: bts.ibighit.com