Semangat Olimpiade, Ini 14 Rekomendasi Buku Bertema Olahraga

Semangat Olimpiade, Ini 14 Rekomendasi Buku Bertema Olahraga

Pesta olahraga dunia yang sudah berlangsung beratus tahun lamanya, Olimpiade kini tengah berlangsung di Tokyo setelah tertunda satu tahun karena pandemi. Walaupun begitu, semangat para atlet tetap membara untuk membawa medali kebanggaan ke negara mereka tercinta.

Semangat mereka dalam bertanding, tak kalah hebat dengan tokoh-tokoh dalam buku ini, yang juga gigih untuk mendapatkan kata ‘juara’. Dari novel hingga komik, sepak bola hingga bulu tangkis, tema-tema olahraga tersebut menghiasi jalan cerita yang seru untuk kamu ikuti.

Menyambut semangat pesta olahraga dunia, berikut Admin rekomendasikan buku-buku bertemakan olahraga, dan cocok untuk menjadi hiburan kamu selama di rumah.

Rekomendasi Buku Bertema Olahraga

1. Kuroko’s Basketball

Pertama-tama Admin mau kasih tau dari bagian komik dulu. Ada cukup banyak komik populer yang hadir dengan mengaitkan olahraga sebagai jalan ceritanya. Seperti Kuroko’s Basketball yang sudah menemani kita beberapa tahun belakangan ini, baik lewat manga maupun seri dan film anime.

kurokosBeli dan Baca Sekarang!

SMP Teikou melahirkan pemain basket berbakat dan selalu menang dalam pertandingan. Setelah lulus, mereka pun terpecah ke SMA yang berbeda. Semuanya ingin membawa SMA mereka jadi klub basket terbaik di Jepang, termasuk dengan Tetsuya Kuroko, yang begitu semangat menjadikan SMA Seiren menang.

Ada banyak drama, humor, dan keteguhan Kuroko bersama tim untuk memenangkan pertandingan, walaupun lawan mereka memiliki kemampuan yang luar biasa. Kuroko’s Basketball baru saja tamat dengan volume ke-30 yang baru rilis bulan Juli kemarin. Kamu bisa koleksi semua volumenya di Gramedia.com, klik di sini untuk lihat volume lainnya >>> Kuroko's Basketball

2. Haikyu!! Fly High! Volleyball!

Kali ini tentang kegigihan Hinata untuk menjadi pemain voli. Walaupun tubuhnya pendek, ia mempunyai badan yang atletis dan lompatan yang tinggi. Setelah melihat SMA Karasuno masuk ke Kejuaraan Nasional, ia makin bertekad untuk bermain voli dan masuk ke SMA tersebut.

haikyuBeli dan Baca Sekarang!

Saat SMP, Hinata menerima kekalahan telak kala pertandingan dengan sekolahnya Kageyama yang dijuluki Raja Lapangan, karena gaya bermainnya yang hebat. Hinata bersumpah akan mengalahkan Kageyama saat SMA.

Hinata belajar dan diterima di SMA Karasuno. Tak disangka, Kageyama pun masuk di SMA yang sama. Mereka berdua masuk dalam klub voli dan ternyata kemampuan mereka berdua malah menciptakan keterampilan permainan yang begitu luar biasa. Ini dia perjalanan mereka untuk mencapai potensi terbaik dan mengantarkan SMA Karasuno kembali lolos ke Kejuaran Nasional!

Dapatkan semua volume Haikyuu!! di sini >>> Haikyu!! Fly High! Volleyball!

3. Clean Freak! Aoyama Kun

Aoyama adalah pemain muda berbakat dalam sepak bola. Dari banyaknya klub sepak bola di SMA yang terkenal jago, Aoyama malah pilih masuk ke klub bola SMA Fujimi yang tak menonjol, bahkan terkesan ogah-ogahan dan sekadar bermain saja. Ternyata, Aoyama memilih klub itu hanya karena seragamnya yang berwarna putih bersih!

aoyamaBeli dan Baca Sekarang!

Aoyama memang anak yang anti kotor banget, alias clean freak sampai-sampai ogah bersentuhan dengan orang lain. Walaupun begitu, ia tetap jago bermain bola dan mudah berbaur dengan orang-orang. Klubnya yang konyol dengan berbagai karakter yang tak begitu paham sepak bola, tetap saja bisa masuk ke pertandingan nasional berkat Aoyama.

Walaupun begitu, timnya tetap harus memikirkan bahwa tak mungkin hanya mengandalkan Aoyama seorang. Apalagi, banyak lawan yang mengetahui Aoyama tidak suka ditubruk orang lain dan menyundul, membuat dia selalu diincar dalam tiap pertandingan.

Ikuti perjuangan klub Aoyama memenangkan pertandingan dengan aksi anggota klubnya yang super kocak di semua volume yang tersedia di Gramedia.com. Klik di sini untuk lihat volume lainnya >>> Clean Freak! Aoyama Kun


Baca juga: Clean Freak! Aoyama Kun: Cowo Anti Kotor yang Jago Sepak Bola


4. Garuda Eleven

Nah, yang ini komiknya asli Indonesia karya dari Sweta Kartika. Nggak kalah seru dari yang sebelumnya, komik lokal ini menceritakan Sekolah Sepak Bola atau SSB Praja Garuda. SSB mempunyai kapten bernama Riga, yang setelah kekalahan tim, ia juga putus cinta, dan dihadapkan pada perceraian orang tuanya. Sudah jatuh tertimpa tangga, SSB juga mendadak ditutup.

garudaBeli dan Baca Sekarang!

Walaupun begitu, Coach Galang tetap berusaha mempertahankan program beasiswa dengan tetap melatih Riga dan 4 siswa anak pedalaman lainnya di lapangan liar, karena lapangan mereka disegel. Akankah mereka berhasil melewati rintangan dan membangun kembali SSB? Yuk, ikuti perjuangan mereka mumpung baru keluar volume pertamanya!

5. That Summer 1959

Ini adalah manga tentang permainan baseball dengan sentuhan time travel. Karakter utama bernama Natsu Haigou, yang merupakan pelempar bola andalan dari SMA Houmiya. Ia tengah berjuang untuk memasukan SMA-nya kembali lolos ke Koushien atau pertandingan baseball terbesar di Jepang, setelah 60 tahun lamanya tak kunjung berhasil.

thatBeli dan Baca Sekarang!

Kala menunggu pertandingan, Haigo tiba-tiba tersambar petir dan membawanya ke tahun 1959. Ia merasakan semuanya berbeda dengan zaman sekarang. Ternyata itu adalah masa di mana kakeknya sedang bertempur untuk SMA Houmiya memenangkan kejuaran Koushien. Di sana, Haigo pun akhirnya tetap bermain baseball namun satu tim dengan kakeknya.

Akankah Haigo bisa kembali ke masa sekarang? Dan apakah ia bisa memenangkan Koushien di tahun 1959 atau di tahun 2019? Ikuti perjalanan time slip-nya yuk. Nantinya komik ini akan berakhir hanya dalam 3 volume saja loh. Yuk, dapatkan volume pertamanya sekarang di Gramedia.com!

6. Fight Ippo

Nah, kalau yang ini adalah manga bertema tinju dan sudah terbit sejak tahun 1989. Manga ini menjadi seri terpopuler dengan chapter paling panjang dan kualitas yang menarik. Yap, volume terakhir yang baru saja masuk di Gramedia.com adalah volume ke-125!

Berawal dari Ippo yang dijahili berandalan dan ia tak bisa melawannya. Ketika diganggu, untunglah ia diselamatkan oleh petinju professional bernama Takamura. Sukses membuat berandalan itu pergi, Takamura hanya melawan dalam beberapa saat saja dan mampu mencopot semua kancing baju mereka sekaligus. Ippo dibuat kagum olehnya dan membuatnya ingin menjadi petinju.

fightBeli dan Baca Sekarang!

Tak lama, Ippo diajari menggunakan jab, dan harus mengambil sepuluh daun yang jatuh dari pohon dengan cepat. Tak disangka, ia berhasil dan dibawa pergi ke sasana Kamogawa. Dari situ dimulailah karier Ippo menjadi petinju.

Kalau kamu suka permainan tinju berkelas dengan suguhan pukulan, namun tetap memberikan karakter yang pantang menyerah, kalian bisa baca semua volume Fight Ippo di Gramedia.com atau langsung klik di sini >>> Fight Ippo

Kalau yang ini komik pendidikan untuk menambah wawasan anak-anak dalam mengenal berbagai macam jenis olahraga. Di mana kaya akan pengetahuan prinsip sains yang tersembunyi di dalam olahraga.

scienceBeli dan Baca Sekarang!

Buat anak, adik, keponakan, sepupu, siapapun yang punya rasa penasaran tinggi, buku ini cocok buat mengetahui prinsip sains dari sepak bola, bulu tangkis, lari, renang, dan lainnya. Dengan penuh gambar berwarna dan bahasa yang sederhana, dijamin anak-anak mampu memahaminya dan senang dalam menimba ilmunya.

8. Dari Belakang Gawang

Sekarang kita masuk ke rekomendasi novel-novel yaa. Sebelum masuk ke novel fiksi, berikut novel yang berisi kumpulan esai yang membicarakan tentang sepak bola. Esai-esai ini berfokus pada persoalan sepak bola negara-negara dunia, seperti Piala Dunia dan Piala Eropa. Ada banyak bahasan menarik tentang Timnas peserta kompetisi itu.

dariBeli dan Baca Sekarang!

Darmanto Simaepa dan Mahfud Ikhwan mempertemukan kepekaan antropolog dan imajinasi sastrawan untuk menunjukkan betapa luas bentang persoalan sepak bola, suatu cabang olahraga yang pada kenyataannya tidak sesederhana 22 pemain berebut bola.


Baca juga: Mencintai dan Membicarakan Sepak Bola dari Belakang Gawang


9. Sang Juara

Novel yang ini cocok buat anak-anak. Menceritakan tentang Ayung, anak kurang mampu, namun mempunyai bakat bulu tangkis yang luar biasa. Ayung yang harus membantu ibunya memenuhi kebutuhan keluarga, membuat kehebatannya itu tak terasah sempurna. Ibunya juga benci bulu tangkis karena pengalaman pahit, di mana tak secara langsung olahraga tersebut membuat suaminya meninggal.

sangBeli dan Baca Sekarang!

Walaupun begitu Ayung tetap bercita-cita dan bermimpi besar untuk menjadi pemain bulu tangkis profesional sebagai harapan hidupnya untuk mengubah kehidupan bersama keluarga. Ada banyak kisah kegigihan Ayung menghadapi berbagai tantangan.

10. Match Point

Masih tentang bulu tangkis, kali ini bercerita tentang Ragil yang digadang jadi penerus Taufik Hidayat, setelah mewarisi raket yang pernah digunakan Taufik ketika menjuarai Olimpiade. Tapi prestasi Pelatnas tunggal putra itu justru merosot tajam, ditambah tekanan media sosial yang makin membuat Ragil mundur.

matchBeli dan Baca Sekarang!

Di lain tempat, ada Sheva sang jurnalis muda yang gagal mewawancarai Susi Susanti dan kini bertugas meliput aktivitas Ragil. Sheva merasa Ragil adalah atlet sombong dan menyebalkan, hal itu membuatnya hampir putus asa. Namun ternyata, kegigihan Sheva malah jadi tamparan halus untuk Ragil, dan keberadaannya malah jadi penyemangat untuk mencetak poin. Wih, kira-kira Ragil balik semangat nggak ya karena kehadiran Sheva?

11. Pingpong Fight

Jaki ingin menjadi juara turnamen demi menyelamatkan klub pingpongnya. Tapi musuhnya, Gora, selalu membuat Jaki serasa mustahil mengalahkannya, karena jejak masa lalu yang menorehkan luka batin padanya.

pingpongBeli dan Baca Sekarang!

Di lain pihak ada Dion yang ingin bahagia dan terkenal walaupun ada jejak keluarganya yang dinilai buruk. Ia yang merupakan selebriti media sosial, mendadak viral karena ia tanpa alasan memukul Jaki di sebuah mall. Hal tersebut ternyata karena Dion melihat lambang klub pingpong pada baju Jaki, yang membawanya kembali pada luka lama.

Masalah itu membuat Dion dihujat netizen, sekaligus membuatnya jadi lebih sering bersama Jaki untuk menyelesaikan masalah tersebut. Mereka berdua dipertemukan dan pingpong menjadi pemersatu mereka untuk berdamai dengan luka.

12. Badminton Freak

Kali ini dimulai dengan novel-novel teenlit dengan tema olahraga, namun berbalut romantisme remaja 🥰

badmintonBeli dan Baca Sekarang!

Badminton Freak menceritakan tentang Fraya yang memutuskan harus jadi atlet bulu tangkis setelah melihat Ricky Subagja dan Rexy Mainaky merebut medali emas di Olimpiade Atlanta 1996. Sejak kecil ia mencintai bulu tangkis, namun sayang di umurnya yang ke-18 membuat cita-citanya tak terwujud. Ia hanya bisa ikut ekskul di sekolah, yang tak cukup menampung ambisinya yang besar. Ibunya pun melarangnya masuk ke klub, pacarnya pun tidak suka jika ia main bulu tangkis.

Lalu bagaimana Fraya menyalurkan kecintaannya terhadap bulu tangkis? Langsung baca novelnya yuk! Dengan rating hampir 4 dari ratusan pembaca di Goodreads, buku ini direkomendasikan banget, apalagi isinya bukan hanya tentang cinta dan keluarga, tapi banyak istilah dalam dunia perbulutangkisan yang ditulis di dalamnya.

13. Deuce!

Namira harus bekerja sebagai pemungut bola di lapangan tenis demi membantu keluarganya. Hal tersebut membuatnya jadi sering bolos pelajaran. Pekerjaan makin terasa berat karena Kafi, pemain tenis yang juga anak pemilik lapangan, sering bersikap arogan pada Namira. Lalu ada Aksan, ketua kelas yang memergokinya sering bolos dan karena suatu alasan ia sering melontarkan kata-kata pedas pada Namira.

bukuBeli dan Baca Sekarang!

Pak Alan, guru olahraga Namira mampu mengatasi masalah yang dihadapi Namira. Namun ketika permusuhan kedua orang itu mencair, tiba-tiba Aksan juga jadi penuh perhatian. Namira jadi terjebak dengan dua cowok yang tiba-tiba membuat hatinya dagdigdug! Jatuh hati pada siapakah Namira?

14. Smash!

Aryo, pemain voli andalan dan juga playboy kelas kakap. Walaupun begitu, ia kalah dengan kakaknya, Ardi, yang selalu sukses berbisnis dan selalu macarin cewek-cewek cantik. Suatu ketika Aryo bingung kenapa Ardi mau dijodohkan oleh Rayana, anak SMA yang biasa aja. Aryo jadi curiga dengan Rayana, dan mencoba uji kesetiaan calon kakak ipar yang ternyata adik kelasnya saat SMA.

bukuBeli dan Baca Sekarang!

Lucunya, Aryo sengaja menggoda Rayana demi menggoyahkan hatinya pada Ardi dan menjatuhkan hati padanya. Tapi ternyata, malah Rayana yang membuat dunia Aryo jadi jungkir balik berputar 180 derajat! Kayanya, Aryo malah kena batunya nih.. Lalu gimana ya nasib pasangan ini?


Baca juga: Rekomendasi Buku Best Seller Adaptasi Wattpad. Dijamin Bikin Baper!


Rekomendasi buku bertemakan olahraga ini pas banget dibaca sambil menikmati semangat olahraga dunia! Kamu juga jangan lupa olahraga ya biar selalu sehat. 🤗

Semua buku-buku di atas bisa kamu dapatkan di Gramedia.com. Karena kamu #SahabatTanpaBatas-ku, kamu harus selalu dapat asupan buku baru. Segera checkout sekarang selagi ada diskon spesial untuk seluruh produk di Gramedia.com.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Kamu juga bisa pesan lewat chat WhatsApp, di layanan terbaru Pesan Antar. Di mana kamu bisa pilih menggunakan pengiriman instant (khusus Jabodetabek). Untuk info lebih lanjut, klik gambar di bawah ini ya.

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: AP/Markus Schreiber dan Dok. Gramedia.com


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter