Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Inggris Terbaik

Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Inggris Terbaik

. 7 min read

Kemampuan berbahasa Inggris saat ini, bisa dikatakan menjadi salah satu pertimbangan utama dalam berbagai bidang. Salah satunya dibutuhkan dalam mencari pekerjaan, masuk universitas atau mendaftar beasiswa. Salah satu indikator yang paling umum terkait dengan kefasihan bahasa Inggris adalah skor TOEFL. Kamu bisa mengambil kursus yang tersedia untuk meningkatkan keterampilan TOEFL dan mendapatkan skor tinggi. Tetapi jika kamu ingin belajar sendiri, tentu bisa. Karena saat ini sudah banyak rekomendasi buku belajar bahasa Inggris dari basic, buku cerita pendek berbahasa Inggris, novel bahasa Inggris, hingga buku TOEFL yang bagus, dan bisa kamu pelajari sendiri kapan pun dan di mana pun.

Nah, buat kamu yang masih bingung harus mulai belajar dari mana, berikut 10 buku rekomendasi buku belajar bahasa Inggris, dari novel terlaris, buku cerita legendaris, hingga buku grammar dan TOEFL.

Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Inggris Terbaik

1. Earth

Petualangan di novel Bumi atau Earth yang ditulis oleh Tere Liye bermula ketika Raib tidak sengaja menemukan kemampuan yang terpendam di dalam dirinya, yaitu bisa menghilang dan juga menghilangkan benda. Dilanjutkan dengan pertemuannya dengan sosok tinggi kurus yang muncul dari cerminnya.

bukuBeli Bukunya Disini!

Pada suatu hari Raib lupa membawa buku PR Matematika, yang kemudian menyebabkan ia dihukum di luar kelas. Karena bosan ia kemudina mencoba menutup matanya dengan kedua telapak tangannya, kemudian secara tiba-tiba Ali yang tidak pernah mengerjakan tugas, muncul di hadapannya dan bertanya.

“apakah kamu bisa menghilang Ra?”

Kejadian berikutnya adalah ketika Seli dan Raib pergi ke kantin pada suatu siang, di mana di tempat tersebut sedang ada perbaikan gardu listrik yang hampir mencelakai mereka berdua. Namun dengan kekuatan dan reflek yang dimiliki Raib, Raib berhasil menghilangkan tiang listrik tersebut.

Namun kemudian, muncul sebuah gelembung dan keadaan sekitar menjadi gelap. Itulah Tamus sosok tinggi kurus yang pernah muncul dari cermin Raib. Ia dan pasukannya memaksa untuk membawa Raib, karena diyakini sebagai Putri Bulan dan telah diincar sejak lama.

Perasaan ingin saling melindungi yang kuat membuat Ali dan Seli turut bertarung bersama Raib. Mereka sangat kesulitan untuk menghadapi pasukan tersebut dengan kemampuan yang terbatas. Beruntung selanjutnya muncullah Miss Selena, yang mereka kenal sebagai guru matematika di sekolah mereka. Miss Selena ternyata adalah juga seorang petarung dari klan Bulan. Miss Selena bertarung mati-matian melawan Tamus dan pasukannya.

Petualangan dunia parallel pada novel Bumi atau Earth benar-benar dimulai, ketika dalam keadaan kewalahan mengahadapi pasukan Tamus. Miss Selena mengarahkan Raib, Ali dan Seli untuk melarikan diri melalui celah kecil yang dibuat oleh Miss Selena. Setelah melalui celah tersebut, secara ajaib mereka tiba di tempat yang sangat aneh. Lalu apakah Raib, Ali dan Seli bisa kembali ke Bumi? Dapatkan bukunya dan temukan jawabannya di Novel Earth.

2. Rampokan

Rampokan merupakan buku yang ditulis Peter Van Dongen, mengisahkan tahun 1946, di mana negara Indonesia baru saja merdeka.

bukuBeli Bukunya Disini!

Pada saat itu ratusan relawan dari Belanda kembali ke Indonesia dengan semangat patriotisme, untuk mempertahankan harga diri bangsa. Dua diantaranya adalah Johan Knevel dan Erik Verhagen, yang lahir di Hindia Belanda dan pulang ke negeri itu dengan benak penuh angan-angan dan ilusi. Johan memimpikan kembalinya “tempo doeloe”, surga masa kanak-kanak, dan Ninih, pengasuhnya. Namun Erik lalu tenggelam ditelan ombak dan Johan pun dihantui rasa bersalah. Ia lantas memakai identitas Erik dan pergi ke Makassar, ke tanah kelahirannya. Karena Erik komunis, tentara Belanda pun memburunya. Penceritaan roman sejarah dan psikologis tentang kehilangan masa lalu dan identitas ini disampaikan dengan tradisi adu macan di Jawa, yaitu Rampokan. Bencanalah bagi negeri apabila macan, simbol kejahatan dan Belanda penjajah, bisa lolos.

3. Catharsis

Novel Catharsis yang ditulis Anastasia Aemilia bercerita tentang Tara Johandi, gadis berusia 18 tahun yang menjadi satu-satunya saksi dalam perampokan tragis, di rumah pamannya yang berada di Bandung. Tara satu-satunya orang yang hidup, sementara semua keluarganya tewas. Ketika ditemukan, Tara disekap di dalam kotak perkakas kayu dalam keadaan syok berat. Polisi menduga pelakunya sepasang perampok yang sudah lama menjadi buronan. Tapi selama penyelidikan, satu demi satu petunjuk mulai menunjukkan keganjilan.

bukuBeli Bukunya Disini!

Alfons, seorang psikiater yang membantu Tara lepas dari traumanya tersebut. Ia merasa kalau Tara menyembunyikan sebuah rahasia dengan sangat rapat. Sebelum Alfons berhasil menguak rahasia tersebut, seorang lelaki bernama Ello muncul dengan misterius, dan membuat Alfons kesulitan menghilangkan trauma Tara. Kemunculan Ello yang merupakan teman masa kecil Tara, berbarengan dengan kasus pembunuhan berantai yang melibatkan kotak perkakas kayu, seperti beberapa tahun yang lalu. Polisi dan Alfons menduga, kasus pembunuhan berantai tersebut ada hubungannya dengan kasus perampokan, serta pembunuhan sadis yang dialami Tara dan keluarganya. Bagaimana polisi dan Alfons memecahkan kasus ini?

4. Abridged Classic Series: Peter Pan

Abridged Classic Series: Peter Pan yang ditulis Saviour Pirotta merupakan kisah fiksi yang berlatar di kota London, tentang anak-anak Tuan Darling dan Nonya Dalring, yaitu Wendy, George, Michael dan seekor anjing bernama Nana. Kehidupan ketiga anak tuan dan nyonya Darling berubah, saat Peterpan datang ke kamar mereka dan membawa mereka terbang ke negeri Neverland. Wendy dan kedua saudaranya tinggal di Neverland. Mereka bertemu dengan anak-anak lain, yang juga sama dengan mereka, dibawa oleh Peter.

bukuBeli Bukunya Disini!

Di pulau Neverland, Wendy dipilih oleh Peter dan disepakati oleh anak-anak yang lain untuk menjadi Ibu mereka. Meskipun Wendy juga masih anak-anak. Wendy dan anak-anak lainnya tidak selalu bahagia di Neverland, karena di sana terdapat tokoh jahat yaitu kapten Hook. Kapten kapal bajak laut dengan tangan kail sebagai sejatanya. Pada akhirnya Peter, Wendy dan anak-anak yang lainnya perang melawan Kapten Hook dan anak buahnya. Kapten Hook yang licik dan penuh muslihat pun dapat dikalahkan oleh Peter. Seteah Hook dikalahkan, Peter mengantar Wendi, George, dan Michael serta anak-anak lainnya pulang ke rumah tuan Darling. Tuan Darling merasa sangat bahagia melihat anak-anaknya pulang kembali ke rumah mereka. Tuan Darling pun mengadopsi semua anak-anak yang dibawa oleh Wendi dari Neverland, kecuali Peter. Peter lebih memilih tinggal di Neverland dan tak mau tumbuh menjadi orang dewasa.

5. Little Women

Little Women adalah novel klasik karya Louisa May Alcot. Novel ini berkisah tentang kehidupan 4 perempuan bersaudara, mereka adalah Meg, Jo, Beth dan Amy March.

bukuBeli Bukunya Disini!

Meg, Jo, Beth dan Amy March hidup dalam kemiskinan bersama Mrs. March, atau biasa dipanggil Marmee. Sedangkan ayah mereka Mr. March sedang bekerja di medan perang pada saat itu. Dengan cinta Marmee membesarkan ke-4 anaknya. Banyak kegiatan keseharian mereka yang membuat keluarga itu menjadi keluarga yang manis. Banyak pesan yang dapat kita ambil dari novel ini melalui setiap karakter. Berbagai pertengkaran, perkelahian, cemburu, cinta dan kasih sayang yang timbul dalam novel ini ,membuat kita seakan-akan larut dalam cerita.

6. Practical English Conversation Handbook for Beach Tourism

Di era globalisasi ini, menguasai bahasa Inggris menjadi suatu hal yang penting. Kamu bisa berkomunikasi dengan banyak orang dari berbagai negara.

bukuBeli Bukunya Disini!

Hal mendasar yang harus kamu kuasai adalah vocabulary dan daily conversation. So, how to avoid mistakes in daily conversation? Buku Practical English Conversation Handbook for Beach Tourism yang ditulis Nur Rifai Akhsan hadir untuk membantumu mengetahui kosakata dasar, yang umumnya digunakan dalam komunikasi berbahasa Inggris. Selain itu, disajikan pula berbagai percakapan sehari-hari yang umum dituturkan dalam berbagai situasi, seperti introduction, partings, describing something, telling time, hingga giving direction. Informasi-informasi tersebut diharapkan dapat memudahkanmu dalam menguasai beragam daily conversation.

7. Anti Grammar Grammar Book

Buku Anti Grammar Grammar Book yang ditulis Denisio Perez (guruku Mr. D) akan membantumu melawan ketakutanmu terhadap grammar.

bukuBeli Bukunya Disini!

Masalah dari banyak orang ketika belajar grammar adalah tidak pernah dipraktikan. Kamu mau kenal lebih jauh sama seseorang yang kamu suka, tapi kamu nggak pernah coba mengajak dia ngobrol duluan. Kamu menunggu dia yang mengajak ngobrol kamu? Yakin dia akan mengajak ngobrol kamu?

Hal di atas yang terjadi pada grammar. Kalau nggak ada keberanian dari diri kamu untuk memulai, kamu nggak akan ke mana-mana. Kamu hanya akan selalu dibayang-bayangi oleh impian untuk jago grammar. Jadi, kita mulai belajar grammar, yuk?

8. Buku Grammar Paling Mudah Sepanjang Masa

Buku Grammar Paling Mudah Sepanjang Masa yang ditulis Muryani J. Semita akan membantumu belajar mengenal grammar dari awal, melalui cara yang paling mudah untuk dipahami.

bukuBeli Bukunya Disini!

9. All In One TOEFL Grammar

Buku All In One TOEFL Grammar yang ditulis oleh  Yusuf Priyasudiarja dirancang secara khusus untuk membantu kamu menguasai TOEFL Grammar dalam waktu singkat.

bukuBeli Bukunya Disini!

Buku ini menjelaskan teori mengenai aspek tata bahasa yang paling sering diujikan dalam TOEFL, dipaparkan secara detail dan lengkap, dengan soal-soal latihan terkini yang akan mengasah kemampuanmu dalam mengerjakan soal TOEFL Grammar. Strategi-strategi jitu juga diberikan, agar pembaca bisa mengerjakan soal dengan tepat dalam waktu singkat.  Buku ini dilengkapi full practice test, kunci jawaban, beserta penjelasannya. Penyajian materi dalam buku ini cocok untuk pelajar, mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum, yang ingin meningkatkan nilai di soal structure and written expression dalam TOEFL.

10. Secret Keys for TOEFL

Buku Secret Keys for TOEFL yang ditulis Muhammad Hakim merupakan buku kunci sukses menguasai TOEFL.

TOEFL adalah singkatan dari The Test of English as a Foreign Language. Ini adalah tes standar internasional, yang digunakan untuk banyak hal seperti pendidikan, karir, pergi ke luar negeri, dll.
Secara umum, ada tiga tes yang terlibat dalam ujian TOEFL, yaitu pemahaman mendengarkan, struktur dan ekspresi tertulis sertaa pemahaman membaca

bukuBeli Bukunya Disini!

Di dalam buku Secret Keys for TOEFL, pembaca akan menemukan banyak hal untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, terutama dalam TOEFL. Selain itu, beberapa tata bahasa dasar dalam bahasa Inggris, juga akan diberikan untuk membantumu lebih percaya diri. Bagian terakhir dari buku ini akan berisi model tes TOEFL, lengkap dengan kunci jawabannya.

Buku ini mencakup semua yang pembaca butuhkan untuk berhasil dalam ujian TOEFL. Karena buku ini berisi tips, kunci untuk melakukan tes secara efisien, apa yang harus dan apa yang tidak boleh kamu lakukan, penjelasan tata bahasa, contoh, dll.

So, itu dia deretan buku yang bisa kamu baca, dan semoga buku-buku tersebut dapat membuatmu bisa lebih mengerti dan memahami bahasa Inggris.

Udah tau belum, ada layanan terbaru Gramedia.com loh, "Pesan Antar". Untuk belanja produk yang kamu incar, kamu bisa chat di WhatsApp, dan pilih pengiriman instant (khusus Jabodetabek). Sehingga paketmu akan tiba di rumah lebih cepat!

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: freepik.com