Rekomendasi Buku Anak, Ajarkan Toleransi Sejak Dini

Rekomendasi Buku Anak, Ajarkan Toleransi Sejak Dini

. 3 min read

Ada banyak hal yang bisa diajarkan pada anak sejak dini, termasuk mengajarkan toleransi. Anak-anak akan terus tumbuh dan mereka nantinya akan bertemu banyak orang dengan perbedaan latar belakang. Mulai dari usia, jenis kelamin, budaya, hingga agama. Itu sebabnya, sangat penting bagi si kecil untuk bisa mempelajari sikap toleransi sejak dini. Nah, berikut 5 rekomendasi buku untuk mengajarkan toleransi pada anak sejak dini.

5 Rekomendasi Buku Anak, Ajarkan Toleransi Sejak Dini


1. Kitu, Kucing Kecil Bersuara Ganjil

bukuMiliki Bukunya Sekarang!

Menceritakan Kucing kecil yang baru saja pindah ke rumah Cita, dan berpisah dengan keluarganya. Setiba di rumah baru, ia punya satu keinginan, yaitu bermain bersama kucing-kucing lain yang tinggal di sekitar rumah Cita.

Namun, ia ragu karena dirinya tampak begitu berbeda dari kucing-kucing tetangga. Malah suara Kitu terdengar ganjil, tidak seperti kucing lain. Kira-kira, Kitu bisa nggak ya berteman dengan kucing-kucing tersebut?

Lewat kisah Kitu, si kecil akan belajar menerima dan menghargai perbedaan orang lain.

2. Jenggo Ayam Jago yang Sombong

bukuMiliki Bukunya Sekarang!

Seekor ayam jantan bernama Jenggo, belum pernah sekesal dan secemas ini. Si ayam jago khawatir, Pak Sukarasa terbagi perhatiannya sejak ada kambing yang tinggal di peternakan. Jangan-jangan, peternakan yang tadinya untuk para ayam akan berubah jadi peternakan kambing juga?

Jenggo nggak bisa tinggal diam, ia harus segera bertindak. Namun, kecurigaan Jenggo apakah sungguh beralasan? Lalu, apa yang akan dilakukan oleh Keluarga Kambing menghadapi situasi ini?

Lewat cerita sederhana dan ilustrasi menarik, anak-anak bisa belajar berempati, berprasangka baik dan tidak terburu-buru menilai orang lain yang berbeda dengannya.

3. Aku Anak yang Berani, Bisa Melindungi Diri Sendiri 3

bukuMiliki Bukunya Sekarang!

Memiliki 10 cerita, dalam seri ketiga buku ini mengangkat topik perbedaan dan mencegah prasangka. Mulai dari cerita mengikuti audisi tari, yang dihadiri peserta dengan kondisi fisik yang beragam, tetapi ternyata semuanya jago menari.

Ada juga cerita persahabatan antara anak-anak yang berbeda keyakinan, cerita anak yang lahir dari keluarga dengan latar ekonomi berbeda, hingga anak yang mempunyai perbedaan bahasa dan budaya. Terselip juga kisah anak yang punya banyak papa dan mama, serta anak yang mempunyai kebutuhan khusus.

Tips dalam buku ini bisa jadi panduan untuk anak-anak, tentang pentingnya memiliki sikap toleransi dan menghargai perbedaan.

4. Aku Bisa Sedekah untuk Hewan

bukuMiliki Bukunya Sekarang!

Menceritakan Salim dan Salma yang sedang menikmati hari libur yang menyenangkan. Mereka bisa bermain di kebun rumah. Ternyata, kebun rumah bisa meniadi tempat bersedekah untuk hewan-hewan yang singgah, loh! kenapa bisa bersedekah untuk hewan? Bagaimana caranya ya? Yuk, cari tahu dalam cerita Salim dan Salma ini.

5. Behaviour Matters : Elephant Learns To Share

bukuMiliki Bukunya Sekarang!

Buku dengan ilustrasi menggemaskan ini, membahas perilaku baik tentang berbagi melalui karakter hewan. Menceritakan sosok gajah yang benci berbagi apa pun. Sampai ketika Gran memberinya tongkat pemukul dan bola, dia merasa tidak mungkin bermain sendiri. Dia perlu mencari teman untuk bermain, tetapi apakah ada yang mau bergabung dengan permainannya?

Buku ini bisa menjadi panduan untuk pengembangan pribadi, sosial dan emosional untuk anak-anak. Di akhir cerita juga ada catatan untuk orang tua dan guru, dengan saran tentang cara membantu anak-anak mengatasi kemarahan.

Nah, itu dia rekomendasi buku untuk si kecil. Agar kegiatan belajar dan bermain semakin seru di rumah, yuk segera miliki koleksi buku di atas yang tersedia di Gramedia.com.

Sekarang belanja juga semakin mudah dan praktis loh. Kamu bisa belanja dan order melalui layanan "Pesan Antar", dengan chat melalui WhatsApp. Agar paket cepat sampai di rumah, kami melengkapi layanan dengan pengiriman instant (khusus Jabodetabek). So, selamat berbelanja! 😊

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: Freepik.com