Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Rayakan Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa dengan Buku-Buku Ini!

Rayakan Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa dengan Buku-Buku Ini!

Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Di tahun 2022 ini, Sumpah Pemuda sudah diperingati sebanyak 94 kali, sejak pertama kali diikrarkan pada Kongres Pemuda Kedua di Batavia (Jakarta), tanggal 28 Oktober 1928. Saat itu, para pemuda dari seluruh Indonesia bersatu dan berkumpul. Momentum ini juga dinilai sebagai momen persatuan Indonesia yang saat itu masih terpecah-pecah.

Sumpah Pemuda memiliki tiga ikrar, yang berbunyi sebagai berikut:

Kami, putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda mengandung banyak harapan bagi persatuan bangsa. Sumpah Pemuda juga senantiasa menjadi pengingat bagi generasi muda, para pemuda dan pemudi yang menjadi penerus bangsa, untuk terus ikut memperjuangkan dan memaknai kemerdekaan yang sudah diraih oleh Indonesia.

Selain mempersatukan rakyat Indonesia, Sumpah Pemuda juga menyatukan bahasa yang resmi digunakan sebagai bahasa ibu kita, yaitu Bahasa Indonesia. Penjajahan dari Belanda dan Jepang terhadap Indonesia menjadikan Bahasa Indonesia tersisihkan dan belum menjadi bahasa resmi sampai Sumpah Pemuda diikrarkan. Oleh karena itu, bulan Oktober–sebagai bulan ketika Sumpah Pemuda diperingati–dirayakan pula sebagai Bulan Bahasa.

Bahasa Indonesia mengalami perkembangan yang dinamis dari waktu ke waktu. Perubahan pada Bahasa Indonesia dipengaruhi oleh banyak hal, misalnya pengaruh bahasa asing dan bahasa daerah yang mengubah bentuk bahasa, baik secara bunyi, tata bahasa, maupun makna.

Buku tentang Bahasa Indonesia untuk Merayakan Bulan Bahasa

1. Makan Kapal Selam

Tahukah kamu bahwa kata-kata OK merupakan kata bahasa Inggris yang diserap dari bahasa Jawa? Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana mungkin? Melalui esai pembuka dalam buku Makan Kapal Selam, Samsudin Adlawi menuliskan argumennya mengenai asal-usul kata 'OK' dalam sebuah kisah yang akan membuat kamu tercengang-cengang.

BukuBaca Sekarang di Sini!

Dalam bukunya ini, Samsudin Adlawi akan mengajak kamu untuk berselancar mengikuti perkembangan Bahasa Indonesia yang unik lewat kumpulan esainya yang sebelumnya sudah pernah dimuat di beberapa media cetak. Kamu akan menemukan banyak fakta tidak terduga tentang asal-usul kata atau peribahasa, perubahan makna atau bunyi dari sebuah kata, atau penggunaan rangkaian kata yang kreatif dalam kehidupan masyarakat.

Buku ini bisa kamu dapatkan dalam bentuk e-book di sini >>> Makan Kapal Selam.

2. Recehan Bahasa

Terkenal sebagai 'ahli' Bahasa Indonesia, Ivan Lanin aktif menggunakan laman Twitter-nya sebagai tempatnya menyebarkan ilmu-ilmu mengenai penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kiprahnya di dunia maya cukup menuai perhatian netizen, yang kemudian menjadikan akun Twitter Ivan Lanin (@ivanlanin) sebagai lapak untuk tanya jawab mengenai penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai KBBI dan peraturan yang berlaku saat itu.

BukuBaca Sekarang di Sini!

Dalam bukunya yang berjudul Recehan Bahasa, Ivan Lanin mengumpulkan macam-macam kata dan kalimat yang berserakan di media sosial dan menganalisis cara para netizen berbahasa dengan narasi yang ringan dan lucu. Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi berbentuk komik agar lebih seru untuk diikuti.

Melalui buku ini, Ivan Lanin mengajak pembacanya untuk memerhatikan cara penggunaan Bahasa Indonesia. Sesuai tajuk di cover-nya, "Baku Tak Mesti Kaku", kamu dapat belajar menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar tanpa perlu terlihat kaku atau terlalu formal. Isi buku ini dinilai para pembacanya sebagai buku yang informatif dan aplikatif. Plus, sesuai judulnya, receh!😂

3. Xenoglosofilia: Kenapa Harus Nginggris?

Masih dari Ivan Lanin, dalam bukunya ini, beliau mempertanyakan kenapa banyak orang cenderung menggunakan bahasa asing, alih-alih Bahasa Indonesia. Kebiasaan masyarakat ini menjadikan Bahasa Indonesia tersisihkan dan banyak kesalahan penulisan atau penggunaan kata, yang bahkan juga dilakukan oleh pengguna bahasa seperti wartawan!

BukuBaca Sekarang di Sini!

Buku ini bermaksud untuk menjawab ketidaktahuan mengenai penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dinarasikan dengan gaya bahasa yang ringan dan persuasif, buku ini cocok dibaca untuk kamu yang ingin mempelajari penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

4. Konsep Dasar Bahasa Indonesia

Masih dengan tujuan untuk mengajak masyarakat menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar, Yunus Abidin menulis buku ini dengan pembahasan yang lebih serius. Dalam buku ini, kamu akan diajak untuk memahami terlebih dahulu konsep kebahasaan Bahasa Indonesia, kemudian belajar membiasakan diri untuk menggunakannya dalam percakapan sehari-hari.

BukuBaca Sekarang di Sini!

Kamu akan dipandu untuk berbahasa dengan baik dan sesuai aturan, yang dijelaskan dengan detail dalam buku ini. Kamu akan mempelajari secara lengkap dalam penjelasan-penjelasan terstruktur di buku ini mengenai ilmu linguistik Bahasa Indonesia.

Nah, itu dia Grameds, buku-buku yang membahas mengenai penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Kamu sendiri, sudahkah menggunakan Bahasa Indonesia sesuai aturan yang berlaku? Jika belum, tidak apa-apa, kita belajar sama-sama lewat buku-buku pilihan di atas, ya!

Mau belanja lebih hemat? Dapatkan promo-promo menarik hanya di sini!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber gambar header: freepik.com

Penulis: Puteri C. Anasta


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus