8 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Temukan di The Readers Fest

8 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Temukan di The Readers Fest

. 5 min read

Be ready! Bertempat di Gedung Tjipta Niaga Kota Tua, Jakarta untuk pertama kalinya toko buku online terbesar di Indonesia, Gramedia.com akan menggelar pesta buku bernama The Readers Fest.

Event ini akan digelar mulai tanggal 1 sampai 7 Oktober 2018. Mungkin kamu akan bertanya-tanya, “Acara apaan tuh?” atau “Memang isi acaranya ada apa aja?”.

Well, The Readers Fest adalah pesta buku yang didedikasikan untuk para penggila buku di Tanah Air. Event ini akan membawa ribuan buku dari koleksi buku-buku lama hingga baru.

Bagi yang doyan baca, kamu bisa belanja sepuasnya dengan harga miring. Mulai dari Rp 10 ribu, Rp 20 ribu, hingga Rp 30 ribu. Acara ini pun digadang-gadang akan menjadi pesta buku terbesar di Indonesia.

Baca juga: Daftar Novel Best Seller di Bulan September

Serangkaian acara menarik pun telah siap menunggumu. Tak hanya bazar buku saja, The Readers Fest juga dihiasi dengan rangkaian aktivitas seru yang pastinya sayang untuk kamu lewatkan.

Penasaran ada apa saja? Berikut ini 8 aktivitas seru yang bisa kamu temukan di The Readers Fest.

1. Bekal Dasar Menulis Kreatif

Wregas-Bhanuteja source: Beritagar.id

Kamu sedang ingin belajar menulis? Atau kamu memang hobi menulis bahkan bercita-cita menjadi penulis? Yuk, hadiri Creative Writing Talk Show di The Readers Fest hari Jumat, 5 Oktober 2018 dari pukul 14.00-15.00 WIB.

Dengan topik Talk Show “Manifestasi Kultur dalam Seni dan Budaya”, kamu bisa belajar bagaimana proses menulis kreatif dimulai hingga tertuang dalam berbagai bentuk karya tulis.

Ada Wregas Bhanuteja, seorang sutradara film dan penulis skenario yang akan membagikan ilmu menulis kreatif dari sisi perfilman. Hadir juga Eka Kurniawan dan Bernard Batubara untuk berbagi pengetahuannya dalam menulis buku.

2. Membaca: Bantu Melek Literasi

najwa-shihab-mambaca source: Pesona.co.id

Kini, berbagai informasi semakin mudah tersebar luas dengan dukungan teknologi canggih. Namun, ada saja yang mengandung unsur hoax sehingga menimbulkan banyak kesalahpahaman.

Oleh karena itu, pendidikan literasi sangat diperlukan. Salah satu caranya adalah dengan membaca. Hal inilah yang bakal diulas dalam Talk Show bertema “Peka Literasi dengan Meningkatkan Minat Baca”.

Talk Show akan berlangsung pada hari Jumat, 5 Oktober 2018 dari pukul 15.00-16.00 WIB. Bersama dengan Najwa Shihab selaku Duta Baca Indonesia dan Maman Suherman sebagai penggiat literasi, kamu akan diajak untuk memahami betapa pentingnya membaca dalam dunia literasi.

3. Dari Wattpad Jadi Buku

Valerie-Patkar-1 source: BIP

Kedua sosok ini mengawali karir menulisnya melalui Wattpad. Dia adalah Almira Bastari yang menulis novel Resign! dan Valerie Patkar sebagai penulis novel Claires.

Siapa sangka, ternyata tulisan yang mereka unggah ke platform menulis dan membaca itu berhasil terbit ke dalam bentuk buku cetak. Bahkan nyaman bertengger dalam jajaran rak best seller.

Ingin seperti mereka? Yuk, belajar dari pengalaman Almira dan Valerie dalam Talk Show “How to Get Your Book Published”. Talk show ini akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 6 Oktober 2018 mulai pukul 14.00-15.00 WIB. Jangan sampai ketinggalan!

Baca juga: Mengenal Jenny Han dan Kesuksesan Trilogi "To All the Boys I've Loved Before"

4. Berpuisi dalam Irama

SDD-2 source: Detik.com

Puisi merupakan salah satu wujud karya sastra. Setiap baris dan baitnya mengandung curahan hati dari sang penyair. Untuk membacanya, puisi bisa dibarengi dengan lantunan irama atau lagu yang sering disebut dengan musikalisasi puisi.

Bicara tentang puisi, Sapardi Djoko Damono (SDD) menjadi salah satu pujangga populer Tanah Air. Beberapa karyanya meraih penghargaan, juga diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Adapun yang berjudul Hujan Bulan Juni telah diangkat ke layar lebar.

Di The Readers Fest, kamu berkesempatan mendengarkan diskusi mengenai buku barunya berjudul Perihal Gendis. Acara akan digelar hari Sabtu, 6 Oktober 2018 mulai pukul 15.00-16.30 WIB. Tak hanya itu, SDD juga akan melantunkan musikalisasi puisi lho!

5. Belajar Membuat Komik Bareng Mice

Mice source: The Jakarta Post

Komik masih banyak digandrungi sampai sekarang. Memang spesial, cerita dalam komik disertai oleh rangkaian gambar yang menarik. Strip komik yang termasuk populer di Indonesia adalah Benny & Mice.

Salah satu kartunisnya, yaitu Muhammad Misrad alias Mice akan hadir di The Readers Fest. Bagi yang ingin belajar membuat komik bareng Mice, kamu bisa ikuti workshop-nya pada hari Sabtu, 6 Oktober 2018 dari pukul 16.00-18.00 WIB. Jangan lupa bawa perlengkapan masing-masing ya!

6. Serunya Memasak Bersama Keluarga

MIndy2

Family time is a must! Apalagi kalau kamu bisa sambil belajar sesuatu bareng keluarga tercinta. Sepertinya memasak bisa jadi salah satu kegiatan untuk dilakukan bersama dengan keluarga.

Dalam open-class “Easy Cooking”, Mindy Mot akan mengajarkan para pengunjung The Readers Fest untuk mendekorasi kue. Mindy Mot sendiri adalah seorang ibu rumah tangga yang hobi membuat kue, hingga buku resepnya pun diterbitkan.

Yuk, ikut kelasnya di The Readers Fest pada hari Minggu, 7 Oktober 2018 mulai pukul 14.00-15.00 WIB. Ajak serta keluargamu!

7. Lomba Mewarnai untuk Si Kecil

21-Foto-Boboiboy-Terbaik-Terlengkap7-1

Bangkitkan kreativitas si kecil dengan ikut lomba mewarnai di The Readers Fest. Acara diselenggarakan oleh Penerbit Elex Media Komputindo dan BoBoiBoy, kartun asal Malaysia. Diperuntukkan bagi anak-anak usia 4-8 tahun, lomba mewarnai ini akan berlangsung pada hari Minggu, 7 Oktober 2018 dari pukul 14.00-16.00 WIB.

Yuk, daftarkan sang buah hati dengan biaya registrasi sebesar Rp 30 ribu (free coloring sheet + BoBoiBoy activity book). Jangan lupa bawa pensil warna dari rumah! By the way, ada hadiah menarik dan uang tunai untuk juara satu sampai tiga lho!

8. Tips Jadi Ilustrator Profesional

Jasmine-1

Sudah tahu Dinda Puspitasari, ilustrator buku #88LoveLife dan Jasmine Surkatty sebagai kreator Komik Ga Jelas? Bagaimana dengan Muhammad Taufic alias Emte, sang kreator dari Gugug?

Well, mereka adalah para ilustrator muda Tanah Air yang giat menelurkan karya-karya baru. Bagi kamu yang bercita-cita jadi ilustrator profesional, mungkin perlu mendengar sharing pengalaman hingga tips menarik dari Dinda, Emte, dan Jasmine.

Yuk, ikuti Talk Show bertema “Road to Become Professional Illustrator” pada hari Minggu, 7 Oktober 2018 pukul 15.30-16.30 WIB! Siapa tahu kamu juga bisa jadi ilustrator hebat seperti mereka.


Selain aktivitas-aktivitas seru di atas, ada juga acara peluncuran resmi aplikasi Gramedia.com oleh Managing Director Gramedia Digital Nusantara, Kelvin Wijaya.

Para pengunjung pun akan disuguhkan dengan penampilan musik dari Mondo Gascaro, NonaRia, Tuantigabelas, dan masih banyak lagi. Ditambah dengan pertunjukkan Live Drawing “Si Buta dari Gua Hantu” oleh Iwan Nazif.

Sampai bertemu nanti! Untuk info selengkapnya kamu bisa lihat di sini.

Readers


Header image source: ilustrasi SDD dari Bentara Budaya Jakarta