Rekomendasi Seri Fiksi Fantasi Terjemahan dan Ragam Sampulnya

. 4 min read

Siapa penggemar karya fiksi fantasi? Pasti tidak asing dengan pengarang Philip Pullman, Jonathan Stroud, atau Rick Riordan. Namun, sedikit yang tahu bahwa karya-karya mereka sudah diterjemahkan dan sudah dicetak ulang dengan sampul yang baru. Simak daftar seri fiksi fantasi dengan wajah baru berikut yuk!

1. His Dark Materials

Sampul
Sampul Seri His Dark Materials Terjemahan Cetakan 2006-2007

Seri His Dark Materials karya Philip Pullman sudah diterjemahkan dan diterbitkan lalu dicetak ulang beberapa waktu lalu. The Golden Compass yang terbit pertama kali pada 1995 mengawali kisah yang berlatar dunia yang mana jiwa manusia diwujudkan dalam diri hewan pendamping yang hidup di luar tubuh mereka.

Sampul
Sampul Seri His Dark Materials Terjemahan Terbitan 2007-2008

Buku keduanya The Subtle Knife terbit pada 1997 dan buku terakhirnya The Amber Spyglass terbit pada 2000. Seri fantasi ini sudah diadaptasi ke beberapa medium termasuk teater dan film. Baru-baru ini, HBO merilis trailer serial televisi His Dark Materials yang bakal tayang pada musim gugur 2019 ini.

Sampul
Sampul Seri His Dark Materials Terjemahan Cetakan 2018

2. The Heroes of Olympus

Sampul
Sampul Seri The Heroes of Olympus Terjemahan Cetakan Pertama

Tidak banyak yang tahu soal seri fantasi The Heroes of Olympus karya Rick Riordan. Serial yang berisi lima buku ini merupakan sekuel dari seri Percy Jackson and the Olympians. Berbeda dengan seri Percy Jackson and the Olympians, seri ini mengusung tema yang lebih rumit yaitu tentang perseturuan antara kamp Yunani dan Romawi.

Sampul
Sampul Seri The Heroes of Olympus terjemahan Terbitan 2019

Seri ini terdiri atas: The Lost Hero (2010), The Son of Neptune (2011), The Mark of Athena (2012), The House of Hades (2013), dan The Blood of Olympus (2014). Seri ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan sudah dicetak ulang dengan sampul yang anyar.

3. Trilogi Bartimaeus

Teh
Teh dan Pengkhianat karya Iksana Banu

Bagaimana jika kamu berteman dengan jin yang bisa mengabulkan permohonan-permohonan tersulitmu? Pengarang fantasi kawakan Jonathan Stroud populer berkat trilogi Bartimaeus yang berkisah dari sudut pandang jin bernama Bartimaeus yang menjadi ajudan penyihir cilik bernama Nathaniel.

Teh
Teh dan Pengkhianat karya Iksana Banu

Buku pertamanya The Amulet of Samarkand diterbitkan pertama kali pada 2003 yang disusul dengan buku kedua The Golem's Eye pada 2004 dan buku ketiga Ptolemy's Gate pada 2005. The Ring of Solomon (2010) menjadi novel pendamping seri ini yang masih dalam semesta yang sama dengan Bartimaeus. Seri ini sudah diterjemahkan dan bahkan sudah dua kali dicetak ulang dengan sampul berbeda.

Teh
Teh dan Pengkhianat karya Iksana Banu

4. Trilogi The Ascendance

Sampul
Sampul Seri The Ascendance Terjemahan Terbitan 2013-2014

Bagaimana dengan seri fiksi fantasi berlatar kerajaan? Jennifer A. Nielsen punya tiga karya agung nan populer dalam trilogi The Ascendance. Seri ini bercerita tentang seorang pemuda yatim bernama Sage yang ternyata seorang pangeran yang hilang dari Carthya. Setelah naik takhta, Jaron harus memimpin bangsanya melalui perang yang fatal.

Sampul
Sampul Seri The Ascendance Terjemahan Terbitan 2018

Seri ini terdiri atas The False Prince (2012), The Runaway King (2013), dan The Shadow Throne (2014). Trilogi The Ascendance sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan buku pertama dan keduanya telah dicetak ulang dengan sampul baru.

5. Trilogi The Lord of the Rings

Sampul
Sampul Seri The Lord of the Rings Terjemahan Terbitan 2002-2003

Seri epik fantasi karya J.R.R. Tolkien ini sudah menjadi karya klasik fantasi yang dibaca banyak orang. Kepopulerannya membuat seri ini sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia. Versi bahasa Indonesia-nya sendiri sudah diterbitkan dengan beberapa kali cetak ulang dengan sampul berbeda.

Sampul
Sampul Seri The Lord of the Rings Terjemahan Terbitan 2012

Tiga buku utama dari seri ini terdiri atas The Fellowship of the Ring (1954), The Two Towers (1954), dan The Return of the King (1955) dengan banyak buku pendamping dalam semesta Middle-Earth. Seri ini pun sudah diadaptasi ke layar lebar dengan Peter Jackson sebagai sutradaranya.

Sampul
Sampul Seri The Lord of the Rings Terjemahan Terbitan 2018


Sumber gambar header: newzealand.com