Indonesia dan Ragam Kuliner Nusantara yang Bikin Kangen

. 2 min read
"Just left for New York & already miss Indonesian food.”

Begitu kata Rich Brian, penyanyi rap Indonesia yang terkenal di kancah dunia, melalui akun Twitter-nya beberapa hari lalu. Orang Indonesia yang tinggal di luar negeri—baik itu hanya beberapa bulan apalagi bertahun-tahun—pasti kerap melontarkan hal tersebut: kangen terhadap masakan Indonesia. Nyatanya, masakan khas Indonesia yang kaya rempah memang tidak ada duanya.

Beberapa orang yang cinta masakan Indonesia dengan gigih membuka restoran di di luar negeri. Awang, seorang Indonesia, memiiki restoran bernama Awang Kitchen dengan slogan "Indonesian Asian Fushion & Sushi Bar" di New York, Amerika Serikat.

Pria yang sudah tinggal lebih dari 17 tahun di Amerika Serikat itu memulai karier kulinernya dengan bekerja sebagai pencuci piring, penjamu tamu restoran, sampai juru masak, hingga memberanikan diri membuka usaha bisnis katering yang dimulai di rumahnya sendiri.

Di Jepang, tepatnya di Tokyo, seorang Jepang bernama Masaki Ohira bersama Aki, sang istri, membuka rumah makan bernama Restoran Cabe. Beragam masakan khas Nusantara ditawarkan di sini, dari lumpia, sate, gado-gado, sampai bubur kacang hijau dan ketan hitam. Ohira mempekerjakan seorang koki asal Malang, Jawa Timur untuk urusan cita rasa masakannya.

Namun, kerap kali masakan Indonesia yang dihidangkan di restoran-restoran luar negeri itu tidak “nendang”. Pakar kuliner William Wongso menyebut ada kekeliruan yang dilakukan restoran Indonesia di luar negeri. Hal tersebut berdampak pada kuliner Nusantara yang belum populer di kancah internasional.

“Rumah makan Indonesia di luar negeri disesuaikan dengan selera lokal jadi tidak ada cita rasa asli Indonesia," ujarnya dikutip dari Kompas.com.

William Wongso menyarankan untuk menjaga keotentikan rasa masakan Indonesia adalah dengan menggunakan bumbu dan bahan asli Indonesia. Misalnya santan buatan Indonesia yang berbeda dengan santan buatan Thailand yang kerap digunakan di luar negeri sehingga menjadikan rasa masakan Indonesia berbeda pula.

Indonesia sungguh memiliki keanekaragaman kuliner yang kaya. Dari daratan Sumatra ada Rendang yang diakui sebagai makanan terenak sedunia dan Pempek yang asam-manis. Di Pulau Jawa, Gudeg yang lembut-manis dan Gado-Gado yang kerap dijuluki salad khas Indonesia menjadi primadona.

Di bagian timur Indonesia, ada Pallubasa yang kaya rempah dan Papeda yang betekstur unik namun tetap menggugah selera. Ada pula nasi campur dengan lauk-pauk yang berbeda-beda sesuai dengan asal daerahnya.

Tak heran rempah-rempah khas Tanah Air menjadi temuan harta karun utama bagi bangsa Eropa sehingga mereka berlama-lama berada di Nusantara. Rempah-rempahlah yang membuat masakan Indonesia memiliki rasa yang kuat dan tak ada duanya. Rempah-rempah pulalah yang membuat penjajah tergiur untuk menduduki Nusantara hingga ratusan tahun.

Kamu juga bisa cari tahu keragaman kuliner Nusantara dengan buku-buku yang menghadirkan resep-resep masakan khas Indonesia yang kaya dan bikin kangen berikut.

Dapur Indonesia: 300 Resep Makanan Populer Nusantara

Dapur
Dapur Indonesia: 300 Resep Makanan Populer Nusantara

100 Resep Masakan Indonesia Populer Ala Yongki Gunawan

Seratus
100 Resep Masakan Indonesia Populer Ala Yongki Gunawan

Resep Masakan Indonesia di 5 Benua

Resep
Resep Masakan Indonesia di 5 Benua


Referensi: Kompas Travel, Kompas Internasional


Sumber gambar header: Shutterstock