Berkenalan dengan Stephenie Meyer, Sosok di Balik Kesuksesan Twilight

Berkenalan dengan Stephenie Meyer, Sosok di Balik Kesuksesan Twilight

. 2 min read

Lahir pada 24 Desember 1973, Stephenie Meyer menjadi salah satu penulis besar yang berulang tahun pada bulan Desember. Yap! Meyer adalah seorang Capricorn.

Penulis yang mulanya bekerja sebagai resepsionis di sebuah perusahaan properti ini merupakan anak kedua dari enam bersaudara yang besar di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat.

Di usianya yang ke-21, Meyer memutuskan menikah muda dengan seorang pria bernama Christian di mana sosoknya telah ia kenal sejak masih berusia 4 tahun.

Dari pernikahan tersebut, Meyer dikaruniai 3 orang putra. Ia pun tetap melanjutkan studinya dan lulus dari Universitas Brigham Young di Provo, Utah pada tahun 1997.

Awal Mula Menulis

Nama besar Stephenie Meyer mulai dikenal dari novel serial romantis bergenre young-adult fiction, Twilight yang ia akui merupakan tulisan pertamanya. Sebelum Twilight, ia tidak pernah menulis cerita pendek apapun.

Padahal sebelumnya, Meyer sempat memertimbangkan melanjutkan sekolah hukum karena merasa tidak memiliki jalan untuk menjadi seorang penulis.

Namun mimpi yang menghampiri dirinya pada 2003 lalu mengubah segalanya. Ia bermimpi tentang seorang perempuan yang dicintai oleh seorang vampir yang juga haus akan darah manusianya. Kemudian mulailah ia merangkai kata demi kata dari mimpinya itu hingga 13 bab.

Semula ia tidak terpikir bahwa tulisannya ini mumpuni untuk dibawa ke penerbit, namun tanggapan positif dari sang kakak membuatnya percaya diri untuk mengirimkan naskahnya ke penerbit. Tidak mudah, namun ia tetap berusaha meski mendapat begitu banyak penolakan.

Gundukan Prestasi dari Novel Seri Twilight

Penolakan berujung manis, setelah menerima respon positif dari Writers House, Jodi Reamer, delapan penerbit berebut hak untuk menerbitkan Twilight dalam sebuah lelang. Twilight kemudian diterbitkan pada tahun 2005 dan dicetak sebanyak 75 ribu eksemplar.

NOVEL twilight
Novel-novel seri Twilight

Prestasi ini membuatnya berada di peringkat ke-5 Best Seller Children’s Chapter Books versi New York Times, dan dalam kurun waktu sebulan Twilight mengambil alih posisi pertama best seller. Novel Meyer kemudian dialihbahasakan ke dalam 37 bahasa yang berbeda.

Twilight merupakan novel berseri. Pada 2006, cerita dilanjutkan dalam novel berjudul New Moon. Tanpa menunggu jeda, pada 2007 ia segera meluncurkan kelanjutan kisahnya dalam Eclipse, dan dilanjutkan dengan Breaking Dawn di tahun 2008.

Larisnya novel seri Twilight berhasil menembus 100 juta kopi membuat novel ini meraih gelar The best book of the year untuk tahun 2008 dan 2009.

Tak berhenti sampai di buku, ketiga buku dari seri Twilight telah diangkat ke layar lebar dengan Robert Pattinson dan Kristen Stewart sebagai pemeran utamanya. Dalam film ini, Meyer berkontribusi sebagai produser film.

STEPHENIE-MEYER-4Sumber: The Hollywood Reporter

Ketenarannya semakin melambung dengan duduknya Stephenie Meyer di peringkat ke-49 dalam daftar 100 Orang Paling Berpengaruh di Tahun 2008, dan masuk dalam daftar Forbes untuk kategori 100 Selebriti Paling Terkenal di Dunia pada tahun 2009, dan 2010.

Selamat ulang tahun Stephenie Meyer. Semoga terus menghasilkan karya-karya yang gemilang!


Sumber header foto: Hyperactivz.com