Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Perpustakaan Surya Cendekia SMA Negeri 1 Bobotsari: ePerpus Memberi Dampak Besar bagi Budaya Literasi Siswa

Perpustakaan Surya Cendekia SMA Negeri 1 Bobotsari: ePerpus Memberi Dampak Besar bagi Budaya Literasi Siswa

Setelah menyabet penghargaan sebagai Juara 1 Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah di bulan Juni 2021, SMA Negeri 1 Bobotsari kembali meraih gelar Juara 3 Lomba Perpustakaan SLTA Tingkat Nasional. Tentunya hal ini menjadi hal yang sangat dibanggakan oleh SMA Negeri 1 Bobotsari.

“Program literasi merupakan salah satu program unggulan SMA Negeri 1 Bobotsari,” ucap Ibu Triawati Agusnila dengan bangga. Beliau merupakan Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, yang sebelumnya menjabat menjadi Kepala Perpustakaan Surya Cendekia dan mengantarkan perpustakaan sekolah tersebut meraih dua penghargaan bergengsi di tahun 2021 silam.

Siswa melakukan kegiatan literasi melalui buku fisik dan buku digital di Perpustakaan Surya Cendekia (Dok. SMA Negeri 1 Bobotsari)

Selama 20 tahun Ibu Triawati mengajar di SMA Negeri 1 Bobotsari, beliau memperhatikan banyak sekali perkembangan dalam dunia pendidikan–termasuk perkembangan digital. Menurut Ibu Triawati, perkembangan ini harus disikapi dengan baik juga oleh masyarakat sekolah, salah satunya adalah dengan belajar memilah kegiatan yang baik dan tidak baik di gadget masing-masing.

SMA Negeri 1 Bobotsari sudah mulai menggunakan aplikasi atau platform digital dalam aktivitas pembelajaran, seperti assessment siswa, laporan hasil belajar siswa, dan administrasi sekolah. Selain itu, untuk mendukung dan memajukan budaya literasi di lingkungan sekolah, SMA Negeri 1 Bobotsari juga telah menggunakan perpustakaan digital.

SMA Negeri 1 Bobotsari telah menggunakan ePerpus Gramedia selama kurang lebih tiga tahun. ePerpus Gramedia telah menjadi solusi yang efektif untuk menjaga aktivitas literasi siswa selama pandemi. Menurut Ibu Triawati, untuk menyosialisasikan adanya ePerpus di SMA Negeri 1 Bobotsari, pihak Perpustakaan Surya Cendekia mengadakan kegiatan bernama Pendidikan Perpustakaan. Pihak perpustakaan juga menyusun jadwal meminjam buku di ePerpus secara bergantian untuk setiap kelas.

Siswa membaca buku digital melalui aplikasi ePerpus (Dok. SMA Negeri 1 Bobotsari)

ePerpus Gramedia dinilai memiliki kualitas aplikasi yang baik dan mudah untuk membaca buku secara digital. Buku-buku yang disediakan juga disukai oleh para pemustaka, misalnya buku-buku fiksi populer. Ketika ada kunjungan dari sekolah-sekolah lain ke Perpustakaan Surya Cendekia, Ibu Triawati dengan senang hati menunjukkan keunggulan ePerpus Gramedia yang telah memberi dampak baik pada  kemajuan budaya literasi di SMA Negeri 1 Bobotsari. Dengan adanya perpustakaan di genggaman tangan, tentunya siswa dapat belajar cara memanfaatkan gadget untuk hal yang lebih positif.

ePerpus Gramedia, Berikan Layanan Pembuatan Perpustakaan Digital

ePerpus Gramedia telah bekerjasama dengan ratusan klien dari berbagai instansi, mulai dari kementerian, perusahaan swasta, sekolah, universitas, hingga organisasi non profit lainnya. ePerpus Gramedia memberikan jasa dalam pembuatan aplikasi perpustakaan digital, yang mampu menaruh lebih dari puluhan ribu koleksi buku, majalah, maupun koran digital, dari ratusan penerbit ternama.

Dengan perpustakaan digital, pemeliharaan dan kontrol koleksi perpustakaan jadi lebih mudah. ePerpus Gramedia memiliki fitur Admin Dashboard yang memudahkan pustakawan dalam membuat laporan, mengelola, dan menganalisis pengguna serta konten di dalamnya.

Lewat Admin Dashboard, pustakawan bisa mengatur pengguna atau anggota perpustakaan dengan lebih mudah, dapat memantau aktivitas pengguna, mengatur konten dan peminjaman, hingga mengatur pembelian konten, yang semuanya bisa diakses secara 24 jam di mana saja, hanya melalui smartphone atau tablet. Dengan perpustakaan digital dari ePerpus Gramedia, Anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dari mana pun, di luar pengunjung yang datang langsung ke tempat perpustakaan.

Selain Smart Library yang bisa dimiliki dengan cepat dan mudah, Anda juga bisa memilih ePerpus Premium untuk miliki perpustakaan eksklusif tersendiri pada instansi Anda. Aplikasi akan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan instansi dan bisa meng-upload e-books internal dalam perpustakaan digital.

Mulai dari Rp5.220.000, Anda sudah bisa mendapatkan perpustakaan digital sendiri, dan aplikasi tersedia di Google Play Store maupun App Store. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan perpustakaan digital oleh E-Perpus Gramedia, Anda bisa mengakses pada eperpus.com dan klik Kontak Sales di pojok kanan atas.


Sumber gambar header: Dok. SMA Negeri 1 Bobotsari

Penulis: Puteri C. Anasta


Enter your email below to join our newsletter