Deretan Penulis Lokal & Internasional Berulang Tahun di Bulan April

Deretan Penulis Lokal & Internasional Berulang Tahun di Bulan April

. 3 min read

Tak sedikit nama-nama penulis besar baik lokal atau internasional. Penulis legendaris, hingga mereka yang baru hitungan tahun memulai karirnya sebagai penulis.

Tentunya penulis-penulis tersebut memiliki penggemarnya masing-masing. Untuk melengkapi informasi untuk para penggemar di luar sana, kali ini, Gramedia.com menyiapkan informasi mengenai para penulis yang merayakan ulang tahunnya tepat di bulan April.

Siapa sajakah mereka? Berikut daftar lengkapnya.

Maya Angelou

Penulis
sumber: poetryfoundation.org

Wanita hebat ini lahir pada 4 April 1928. Semasa hidupnya, Maya Angelou dikenal sebagai wanita multi talenta, dikenal sebagai penyair, penulis, dan juga sebagai seorang aktivis.

Dia ditemukan meninggal dunia pada 28 Mei 2014 lalu. Saat itu, ia dikabarkan tengah menyelesaikan buku terbarunya. Sayang buku tersebut tak selesai ditulis, dan buku terakhir yang ia terbitkan berjudul Mom & Me & Mom pada 2013 lalu.

Gunawan Maryanto

Penulis
sumber: teatergarasi

Penulis yang satu ini lahir di Yogyakarta pada 10 April 1976. Gunawan Maryanto dikenal lewat karya-karyanya berupa puisi, prosa dan juga kritik sastra yang dimuat di berbagai media.

Salah satu karyanya yang ternama berjudul Sejumlah Perkutut buat Bapak. Tak cuma dikenal sebagai penulis, beliau juga dikenal sebagai sutradara teater, dan dikenal sebagai pengelola Teater Garasi.

Victoria Beckham

Penulis
sumber: instagram

Di dunia hiburan dan juga mode, nama Victoria Beckham pastinya menjadi salah satu yang disegani. Bagaimana tidak, kiprah dan karyanya secara konsisten mengisi dunia gaya hidup internasional.

Namun, di luar itu, wanita kelahiran Inggris, 17 April 1974 ini juga memiliki beberapa karya berupa buku. Beberapa bukunya antara lain; Learning to Fly dan That Extra Half an Inch: Hair, Heels and Everything in Between.

Vladimir Vladimirovich Nabokov

Penulis
sumber: vice.com

Vladimir Vladimirovich Nabokov merupakan seorang novelis kelahiran Rusia, 22 April 1899. Salah satu karya Vladimir V. Nabokov yang berjudul Lolita, dinobatkan sebagai salah satu dari tiga novel berpengaruh sepanjang masa oleh majalah Time.

Novel tersebut menjadi salah satu novel kontroversial sepanjang masa, yang bercerita tentang seorang pria dewasa yang jatuh cinta pada gadis yang usianya jauh lebih muda darinya.

Zarry Hendrik

Penulis
sumber: instagram

Berawal dari menjadi seleb twit, kini Zarry Hendrik terbilang serius menjadi penulis. Pria yang lahir pada 26 April 1987 ini membuktikkan keseriusannya menulis dengan terus melahirkan buku-buku baru. Seperti buku Titik Lemah yang baru saja terbit di penghujung 2018 lalu.

William Shakespeare

Penulis
sumber: biography.com

Siapa yang tak tahu sosok William Shakespeare? Penyair yang lahir pada bulan April 1564 ini masih saja dikenal hingga kini. Salah satu karyanya yang masih selalu saja dikenang yaitu kisah cinta tragis, Romeo and Juliet. Namun hingga kini tanggal kelahirannya masih dipertanyakan.

Shakespeare tercatat dibaptis di Inggris, 26 April 1564. Berangkat dari data tersebut, diyakini bahwa ia lahir sekitar 23 April 1564. Kemudian 23 April lah yang digunakan sebagai tanggal kelahiran sang sastrawan.

Umar Kayam

Penulis
sumber: kagama.co

Nama Umar Kayam dikenal sebagai salah seorang guru besar di Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Ia juga dikenal sebagai sastrawan yang sukses mengumpulkan beberapa penghargaan di bidang sastra, salah satunya, Hadiah Sastra Asean pada 1987 silam.

Sastrawan yang lahir pada 30 April 1932 ini telah melahirkan karya-karya yang tak lekang dimakan waktu. Misalkan saja novel Para Priyayi dan juga cerpen Seribu Kunang Kunang di Manhattan.


Apakah salah satu dari nama-nama di atas adalah idola kalian? Atau justru baru mengetahui nama-nama di atas dari artikel ini?

Kalau benar baru mengetahui nama-nama di atas, enggak ada salahnya langsung cari tahu karya-karya mereka. Tentunya, jangan lupa pesan karya mereka yang tersedia di Gramedia.com ya!


Sumber foto header: Victoria Beckham instagram