6 Penulis Horor Legenda Dunia

. 5 min read

Cerita horor selalu memiliki tempat tersendiri di hati pembacanya. Konon, setiap negara diyakini memiliki cerita horor yang berbeda-beda. Di Indonesia misalnya, makhluk halus yang sering dipercayai ada adalah kuntilanak, pocong, atau genderuwo. Berbeda lagi dengan negara Jepang yang memercayai adanya sadako, atau China yang mempercayai adanya vampir.

Kisah horor memang menarik perhatian dan bikin penasaran. Tak heran buku-buku bergenre horor baik fiksi maupun non fiksi selalu menjadi incaran.

Kali ini, tim redaksi Gramedia.com akan mengulas seputar penulis-penulis horor paling legendaris di dunia. Siap-siap ya!

1. Anne Rice

ANNERICE
Source: nj.com

Anne Rice terlahir dengan nama asli Howard Allen O'Brien. Wanita ini lahir pada 4 Oktober 1941 di New Orleans, Louisiana. Penulis asal Amerika Serikat ini menulis buku dalam genre horor gothik, erotisme, dan keagamaan.

Namanya dikenal pertama kali dari hasil karyanya berjudul, Exit to Eden (1985) yang diadaptasi menjadi film oleh produser film terkenal, Garry Marshall. Namanya semakin melejit setelah buku berserinya dengan judul The Vampire Chronicle: Interview With The Vampire, juga diadaptasi menjadi film.

Aktor tampan Tom Cruise menjadi bintang utama di film The Vampire Chronicle: Interview with the Vampire. Saat rilis pada 1994 silam, kisah horor romantis ini mendapat banyak penghargaan dan pujian dari kritikus.

Film ini juga berhasil masuk nominasi Oscar untuk kategori Best Art Direction dan Best Original Score. Saat ini Anne Rice menjadi salah satu penulis horor dengan karya terbaik. Bayangkan saja buku-bukunya telah terjual lebih dari 100 juta kopi!

2. James Patterson

JAMESPATTERSON
Source: Onedio.ru

James Brendan Patterson lahir di Newburgh, New York pada tanggal 22 Maret 1947. Lulus dengan gelar summa cum laude untuk jurusan Seni dan Bahasa Inggris di Manhattan College dan Vanderbilt University, mengantarkan Patterson menjadi seorang penulis sukses.

Sekarang ia merupakan salah seorang penulis horor thriller, romance, dan buku non fiksi. Bukunya telah terjual lebih dari 300 juta kopi dan ia adalah orang pertama yang berhasil menjual dalam versi e-book sebanyak satu juta e-book. Pada 2016 lalu, ia berhasil menduduki peringkat pertama penulis dengan bayaran tertinggi di Forbes dalam tiga tahun berturut-turut.

Selain menulis, ia juga merupakan pegiat literasi. Sampai sekarang ia telah menyumbangkan lebih dari jutaan dolar dalam bentuk sumbangan dan beasiswa ke institusi-institusi pendidikan. Ia melakukan hal ini dengan tujuan mendorong warga Amerika agar lebih banyak membaca buku.

3. Anne Spollen

ANNESPOLEN
Source: babelio.com

Anne Spollen adalah seorang wanita kelahiran Pulau Staten di New York. Sejak kecil Anne senang membaca dan bercita-cita sebagai penulis. Setelah besar dan lulus dari New Paltz College ia bekerja sebagai dosen.

Namun setelah anak pertamanya lahir, Anne memutuskan untuk tinggal di rumah dan kembali melakukan hobi utamanya yaitu, menulis puisi. Seiring berjalan waktu kemampuan menulisnya pun bertambah cepat dan ia berhasil menulis beberapa cerita pendek.

Hasil karya Anne ternyata disukai editor salah satu penerbit buku. Akhirnya, buku pertamanya yang berjudul The Shape of Water berhasil diterbitkan di tahun 2008. Setelah itu, novel keduanya terbit di tahun 2010 dengan judul Light Beneath Ferns. Novel karya Anne adalah novel horor untuk kelas young adult.

Saat ini, ia sedang berencana untuk menerbitkan novel-novel lainnya yang pastinya tidak kalah seru dan menegangkan.

4. Stephen King

STEPHENKING
Source: Twitter

Stephen King merupakan seorang penulis horor terkenal dunia asal Portland, Maine, Amerika Serikat. Pria kelahiran 21 September 1947 ini menerbitkan novel pertamanya di tahun 1973 dengan judul, Carrie.

Novel tersebut sukses dan berhasil diadaptasi ke dalam film, pertunjukan musikal, dan film televisi. Saking suksesnya pada tahun 2013, Carrie kembali diadaptasi ke dalam film yang lebih modern dan diperankan oleh artis papan atas saat itu.

Tidak hanya horor, Stephen King juga banyak menulis buku dalam beberapa genre, seperti fantasi, dan fiksi ilmiah. Buku-bukunya tersebut antara lain adalah serial The Dark Tower, The Eyes of the Dragon, dan The Shining. Setelah menikah dan dikarunia tiga orang anak, Stephen King masih terus berkarya.

Di tahun 2013, Stephen King sudah mengumpulkan lebih dari 50 novel, 200 cerita pendek, dan lima karya non fiksi. Karya-karya Stephen King berhasil memikat pembaca, dan membuatnya mendapat banyak penghargaan, di antaranya adalah World Fantasy Award for Life Achievement dan Grand Master Award.

5. Bram Stoker

BRAMSTOKER
Source: wikipedia

Abraham Stoker adalah penulis sekaligus pemilik nama pena Bram Stoker. Bram lahir di Dublin, Irlandia pada tanggal 8 November 1874 dan menutup usia pada 20 April 1912 di usia 64 tahun.

Penulis satu ini dikenal melalui novelnya yang berjudul Dracula, terbit pada tahun 1897. Kesuksesan buku tersebut membawa dampak yang luar biasa. Karena hingga kini sosok Drakula masih dianggap ada dan menyeramkan. Novel Dracula tersebut telah diadaptasi menjadi film sebanyak dua kali.

Kesuksesan bukunya pun berjalan beriringan dengan kesuksesan dua film adaptasinya. Film adaptasi pertama dirilis pada tahun 1921, dengan judul Drakula Halala dan disutradarai oleh Karoly Lajthay.

Sedangkan film adaptasi yang kedua dirilis pada tahun 1992 berjudul Dracula. Film adaptasi kedua ini memang lebih meledak dan terkenal dibandingkan film adaptasi sebelumnya. Film horor romantis tersebut berhasil menyabet tiga nominasi Oscar dengan kategori Best Costume, Best Editing, serta Best Make Up.

6. R.L. Stine

RL STINE

Robert Lawrence Stine atau lebih dikenal dengan nama pena R.L Stine ini lahir di Columbus, Ohio, Amerika Serikat pada 75 tahun silam. Stine sering disebut-sebut sebagai Stephen King-nya dunia literatur anak-anak dan remaja.

Penulis keturunan Yahudi ini dikenal sebagai penulis buku legendaris yang karya-karyanya telah merajai penjualan buku horor di dunia. Ia telah menulis ratusan novel fiksi horor, di antaranya Fear Street, Goosebumps, Rotten School, Mostly Ghostly, dan The Nightmare Room.

Karya-karyanya yang lain juga termasuk dalam trilogi Space Cadets, dua buku permainan Hark, serta belasan buku humor. Melansir dari berbagai sumber, pada tahun 2008 karya-karya Stine telah terjual lebih dari 400 juta kopi. Wow!


Sudah merasa lebih dekat dengan penulis-penulis di atas? Atau sudah memilih penulis mana yang akan kamu baca karyanya?

Cari koleksi-koleksi buku penulis favoritmu di Gramedia.com. Selamat membaca dan siap-siap merinding. Psst.. jangan baca sendirian ya!


Header image source: Shortlist.com