3 Penulis Buku yang Bikin Najwa Shihab Jatuh Hati

3 Penulis Buku yang Bikin Najwa Shihab Jatuh Hati

. 3 min read

Pernah nonton Mata Najwa? Kalau iya, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan Najwa Shihab. Presenter cantik yang kerap memandu acara talkshow paling populer di Tanah Air ini memang sangat berprestasi di bidangnya.

Selain dikenal sebagai jurnalis handal, Najwa juga dinobatkan sebagai duta baca Indonesia pada tahun 2016 lalu. Di tahun yang sama ia juga menerbitkan buku berjudul Catatan Najwa yang berisi narasi-narasi dari refleksi Najwa atas isu yang ia bahas di Mata Najwa.

Tentu bukan suatu hal yang mudah menjadi duta baca di jaman berteknologi canggih seperti sekarang. Sebab baik orang tua, remaja, dan anak-anak lebih memilih bermain gadget ketimbang membaca.

Sebagai duta baca Indonesia, Najwa tentunya memiliki kegemaran tersendiri dalam membaca. Wanita yang suka membaca buku bertema kriminal-detektif ini memiliki waktu khusus untuk membaca yaitu di pagi hari sebelum bekerja dan malam hari sebelum tidur.

Saking cintanya pada buku, ia pun mengaku bisa melahap 3-4 buku dalam waktu yang bersamaan. Biasanya ia akan membaca buku dengan topik serius dan berat pada pagi hari, sementara di malam hari buku-buku dengan topik yang lebih ringan.

Dari sekian banyaknya buku dari berbagai penulis yang pernah ia baca, Najwa Shihab mengaku punya penulis buku favorit. Ini dia deretan penulis favorit yang bikin Najwa Shihab jatuh hati.

Agatha Christie

Penulis-Favorit-Agatha-Christie-3 source: Culture Trip

Buku-buku Agatha Christie merupakan buku favorit Najwa sedari kecil. Seperti julukannya, “The Queen of Crime”, Agatha Christie memang seorang penulis berbagai cerita fiksi tentang kriminalitas yang jalan ceritanya sulit ditebak.

Novel-novelnya adalah Five Little Pigs, The Murder at the Vicarage, The Murder of Roger Ackyord, dan lain sebagainya. Murder on the Orient Express adalah novel yang paling terkenal hingga diadaptasi ke film pada tahun 2017.

Jo Nesbo

Penulis-Favorit-Jo-Nesbo
Tidak heran Najwa menyukai buku-buku karangan Jo Nesbo, karena lagi-lagi Jo Nesbo adalah seorang penulis novel kriminal terkenal. Jo Nesbo menulis novel kriminalnya bersama seorang inspektur bernama Harry Hore. Namun pada awalnya Jo Nesbo adalah seorang musisi, vokalis band, ekonom, dan reporter berkewarganegaraan Norwegia. Dan di tahun 2011 novelnya yang berjudul The Headhunter berhasil diadaptasi ke layar lebar.

Joko Pinurbo

Penulis-Favorit-Joko-Pinurbo source: Kumparan.com

Selain novel-novel kriminal dan detektif, Najwa juga memiliki sisi romantis, dengan menyukai buku-buku puisi. Penyair favoritnya adalah P.H. Joko pinurbo. Sementara itu buku-buku puisi favoritnya adalah Buku Latihan Tidur, Malam Ini Aku Tidur di Matamu, Selamat Menunaikan Ibadah Puisi, Baju Bulan, dan yang paling populer, Celana.


Setiap orang pasti memiliki buku favoritnya, jadi carilah buku yang sesuai dengan minat yang kamu miliki. Seperti kata Najwa,

“Saya percaya cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Cuma satu buku. Cari buku itu. Mari jatuh cinta.”

Yuk cari “jodoh”mu di gramedia.com dan bersiaplah untuk jatuh cinta!

Untuk kamu fans berat Najwa Shihab, Duta Baca Indonesia cantik ini akan hadir di The Readers Fest, pesta buku yang diselenggarakan oleh Gramedia.com. Acara ini akan berlangsung di Gedung Tjipta Niaga Kota Tua, Jakarta pada tanggal 1 - 7 Oktober 2018.

Najwa akan hadir bersama penggiat literasi, Maman Suherman, dalam talk show bertema "Peka Literasi dengan Meningkatkan Minat Baca". Kamu pun akan diajak untuk memahami betapa pentingnya membaca dalam dunia literasi.

Untuk info selengkapnya, kamu bisa lihat di sini.

Readers


Header image source: Tempo.co