Terlalu Addict Baca Buku? Hati-Hati, Bisa Jadi Kamu Terjangkit Phobia Ini!

Terlalu Addict Baca Buku? Hati-Hati, Bisa Jadi Kamu Terjangkit Phobia Ini!

. 2 min read

Phobia apa sih yang paling aneh menurut Grameds? Pernah dengar istilah Abibliophobia?

Phobia yang satu ini termasuk yang masih jarang dibahas. Abibliophobia merupakan phobia atau rasa takut kehabisan bahan bacaan.

Meski jarang terjadi, namun abibliophobia sering ditemui pada beberapa orang yang sudah lama punya kebiasaan membaca buku. Menurut bookstr.com, abibliophobia ini hampir tidak pernah ditemui pada anak-anak, namun gejalanya bisa dilihat sejak anak-anak atau saat memasuki masa remaja.

Gejalanya sendiri bisa berupa si anak membaca berlebih, bahkan saat sedang makan malam. Atau, anak tersebut memiliki lebih banyak buku, ketimbang teman. Bisa juga si anak sudah membaca lebih banyak buku dibanding orangtuanya sendiri.

Terakhir, sebagai orangtua, kayaknya harus waspada jika anak lebih percaya pada guru atau librarian di sekitarnya.

Memangnya kenapa sih kalau seseorang terkena abibliophobia? Nah, ini juga perlu diketahui. Menurut erudisi.com, seorang yang mengalami abibliophobia akan selalu merasa butuh membaca.

ASIH
Source: SmartBitches Twitter

Jika dia tidak memiliki bahan bacaan, dia bisa mengalami kepanikan yang hebat. Bahkan bisa sampai stress. Pastinya ini akan mengganggu kegiatan sehari-hari orang yang mengalaminya.

Lalu bagaimana cara mengobatinya? Sebenarnya, untuk mengetahui pasti seseorang terkena abibliophobia atau tidak, ya harus melalui tes yang dilakukan oleh dokter kejiwaan atau psikolog.

Biasanya, nantinya si orang tersebut akan mendapatkan treatment untuk mengurangi efek abibliophobia tersebut. Sayangnya, treatment bukan obat instan yang bisa langsung menyembuhkan. Harus ada keinginan dalam diri sendiri untuk terbebas dari abibliophobia.

Jika Grameds ada yang merasa panik saat bahan bacaan habis, coba deh untuk mulai menurunkan dosis membaca kalian. Mulai kurangi waktu membaca atau kurangi target-target buku yang harus dibaca.

Sebisa mungkin hindari ya membaca berlebihan, karena bisa-bisa jadi abibliophobia lho. Karena semua yang kita lakukan memang harus sesuai porsinya ya, Grameds!


Setelah membahas tentang abibliophobia, jadi pengin tahu lebih banyak tentang phobia dan bagaimana cara bebas dari phobia? Coba deh baca buku Phobia? No Way!!, Bebas dari Berbagai Jenis Phobia. Jangan lupa pesan bukunya di Gramedia.com ya!

ABIBLIOPHOBIA


Header image source: TimesColonist