Pengarang Fiksi Wanita yang Produktif

Pengarang Fiksi Wanita yang Produktif

. 3 min read

Dahulu wanita dianggap tidak cocok untuk bekerja dan hanya cocok untuk mengurus anak dan memasak di dapur. Namun, seiring berjalannya waktu banyak wanita yang tidak setuju dengan anggapan tersebut. Sekarang ini banyak wanita berpikiran bahwa lelaki dan wanita itu memiliki derajat yang sama. Hal tersebut memicu munculnya gerakan emansipasi wanita.

Wanita pelan-pelan muncul ke permukaan setara dengan para lelaki. Terbukti dengan semakin banyaknya wanita yang mulai bekerja. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2017, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) pekerja perempuan meningkat sebesar 2,33%, dari 52,71% menjadi 55,04%.

Pekerjaan yang dapat dilakukan oleh wanita sekarang ini beragam, mulai dari menjadi karyawati hingga menjadi seorang penulis. Menjadi penulis sekarang ini bukanlah suatu pekerjaan yang hanya dipandang sebelah mata. Banyak wanita hebat yang sukses membuat ratusan orang bahkan seluruh dunia terpukau hanya dengan rangkaian kata demi kata yang ditulis menjadi suatu buku.

Mau tahu siapa wanita-wanita hebat tersebut? Berikut beberapa di antaranya.

1. J.K. Rowling

for-blog---JK-Rowling-blog-gramedia

J.K. Rowling memiliki nama lengkap Joanne Kathleen Rowling atau dilahirkan pada 31 Juli 1965 di kota Chipping Sodbury, dekat Bristol, Inggris. Ia penulis novel dengan karakter paling terkenal di dunia, Harry Potter.

Tidak mudah mencapai kesuksesan tersebut. Saat menulis karya Harry Potter pertamanya, Rowling merupakan seorang single mother yang hidup berkekurangan dan tidak memiliki komputer untuk menulis. Ia harus berjuang mengetik menggunakan mesin ketik tua untuk menyelesaikan karyanya.

Hasil karyanyapun tidak langsung diterima begitu saja oleh penerbit. Ia harus ditolak 12 penerbit terlebih dahulu hingga akhirnya diterima oleh penerbit yang berikutnya. Seri Harry Potter masih menjadi yang paling dicari bahkan setelah lebih dari 2 dekade buku pertamanya diterbitkan. Berikut daftarnya.

Harry Potter and the Philosopher's Stone
Harry Potter and the Chamber of Secrets
Harry Potter and the Prisoner of Azkaban
Harry Potter and the Goblet of Fire
Harry Potter and the Order of the Phoenix
Harry Potter and the Half-Blood Prince
Harry Potter and the Deathly Hallows

2. Ika Natassa

for-blog---Ika-Natassa-blog-gramedia

Jika bicara tentang novel populer maka nama Ika Natassa akan sering disebut. Penulis yang lahir di Medan, 25 Desember 1977 juga bekerja di salah satu bank di Indonesia.

Ia sudah melahirkan banyak novel dan satu di antaranya yang sudah diangkat ke layar lebar, berjudul Critical Eleven, novel lainnya yang akan di angkat juga ke layar lebar adalah A Very Yuppy Wedding, Antologi Rasa, Divotiare, Twivortiare, Underground, dan The Architecture of Love.

3. Stephanie Meyer

for-blog---Stephanie-Meyer-blog-gramedia

Wanita cantik kelahiran Hartford, Connecticut, Amerika Serikat tanggal 24 Desember 1973 ini adalah seorang penulis terkenal dari karya Twilight seriesnya yaitu Twilight, New Moon, Eclipse, dan Breaking Dawn. Keempat novel bersambung yang menceritakan mengenai kisah cinta manusia dan vampir tersebut, sudah berhasil diproduksi ke layar lebar.

Baru-baru ini, Stephanie Meyer juga merilis novel bergenre thriller berjudul The Chemist. Ada yang sudah baca?

4. Dewi 'Dee' Lestari

for-blog---Dewi-Lestari-blog-gramedia

Dewi Lestari yang akrab disapa Dee, lahir di Bandung pada 20 Januari 1976. Sebelum menjadi penulis ia sempat menjadi seorang penyanyi di tahun 1990-an, lalu beralih menjadi penulis dan menerbitkan karya-karya yang mengagumkan. Novel yang ia buat dan berhasil disukai para pembaca hingga masuk ke layar lebar adalah Perahu Kertas dan Filosofi Kopi.

Selain itu ada juga novel dan cerpen lainnya yang tak kalah seru berjudul Rectoverso, Madre, Supernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh, Supernova: Akar, Supernova: Petir, Supernova: Partikel, Supernova: Gelombang, dan Supernova: Inteligensi Embun Pagi.


Dari empat tokoh di atas terbukti bahwa tidak hanya pria saja yang dapat menginspirasi banyak orang, wanita pun sekarang sudah berani dan berhasil menjadi orang hebat.

Pengaruh wanita yang besar sekarang ini juga semakin kuat dengan ditetapkannya International Woman Day pada 8 Maret mendatang.

Jangan lupa cek gramedia.com untuk mencari buku-buku karya wanita inspiratif lainnya!