Pemecahan Misteri Tanpa Belas Kasihan ala The Black Detective

Pemecahan Misteri Tanpa Belas Kasihan ala The Black Detective

. 2 min read

Sudah umum jika tokoh detektif dalam sebuah cerita memiliki asisten yang membantunya dalam penyelidikan, seperti halnya Holmes dan Watson yang legendaris. Tapi, bagaimana jika seorang detektif licik yang sadis dipertemukan dengan asisten lugu yang masokis?

Itulah yang terjadi dalam komik The Black Detective karya Yen Hioka, yang berjudul asli Kuro no Tantei.

Arata Toiro, seorang siswa SMA lugu yang aktif dalam klub sukarelawan, suatu hari bertemu dengan seorang detektif nyeleneh yang kemudian tahu-tahu merekrutnya sebagai asisten. Detektif bernama Yo Kuroba tersebut memiliki sifat tak selayaknya pembela kebenaran, yaitu sadis, arogan, dan lebih suka menyiksa penjahat dibandingkan langsung menyerahkan mereka ke polisi.

the
Sumber foto: Dok. Elex Media Komputindo

Kode etiknya adalah “bersikap kejam, selalu bersenang-senang, dan tidak kenal belas kasihan”. Akibat sifatnya yang polos dan gampang ditindas, Toiro pun menurut saja disuruh-suruh oleh Kuroba, dan dengan itu dimulailah petualangan kedua orang yang bertolak belakang ini dalam memecahkan berbagai kasus!

the
Sumber foto: Dok. Elex Media Komputindo

Tentunya, selain kasus-kasus kriminal yang menarik, salah satu daya tarik komik ini adalah sang detektif yang menjadi pemeran utama. Sosok Yo Kuroba, sang detektif SMA yang sadis, diliputi misteri. Dia tinggal di sebuah bangunan bernama Kantor Detektif Amo dan mengaku sebagai perwakilannya, namun Detektif Amo sendiri tidak jelas keberadaannya.

Kuroba juga tampak mengikuti dengan cermat kasus pembunuhan berantai di mana kepala setiap korban tak dapat ditemukan. Konon, sang pelaku yang dijuluki “Doppelganger” tersebut menyembunyikan kepala mayat agar bisa menyamar menjadi orang yang dibunuhnya…

Serangkaian kasus yang diangkat dalam The Black Detective ini terhitung ringan, tapi tetap menarik untuk diulik. Diramu dengan bumbu komedi dan gaya gambar yang imut, komik ini pas bagi pecinta kisah misteri yang membutuhkan bacaan ringan namun tetap mendorong pembaca untuk memutar otak.

Di Jepang, komik ini telah diserialisasikan dalam majalah Monthly Shonen Gangan terbitan Square Enix pada tahun 2013 hingga 2015, dan telah tamat dalam 7 jilid. Sementara di Indonesia, komik ini telah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo hingga jilid ke-2 yang telah terbit pada pada 31 Maret 2021.

Kalian bisa mendapatkan 2 komik The Black Detective dengan klik gambar di bawah ini!

The Black Detective 01

theBeli dan Koleksi Sekarang!

The Black Detective 02

theBeli dan Koleksi Sekarang!

Jangan sampai kehabisan!

Karena kamu sudah membaca artikel ini, kamu dapat voucher diskon 20% untuk borong komiknya! Ambil vouchernya sekarang yuk dengan klik gambar di bawah ini.

voucherKlik untuk Dapatkan Vouchernya!


Oleh: Adisti, Editor Elex Media Komputindo

Sumber foto header: Dok. Elex Media Komputindo