Novel-novel dengan Karakter Utama yang Gemuk

. 3 min read

Karakter utama yang rupawan dan berbadan singset sepertinya selalu ada dalam novel-novel romansa baik itu dewasa maupun remaja. Namun, sedikit sekali mereka yang bertubuh gemuk mendapatkan sorotan dan hanya menjadi karakter sampingan.

Bagaimana jika tokoh utama sebuah novel memiliki berat badan berlebih? Buku-buku dengan karakter utama seperti itu ternyata sudah banyak diterbitkan dan kerap mengangkat tema kepercayaan diri dan/atau perundungan. Berikut rangkuman lima karya fiksi dengan tokoh utama berbadan gemuk nan patut kamu baca.

1.    Holding Up the Universe karya Jennifer Niven

Holding
Holding Up the Universe karya Jennifer Niven

Pernah dicemooh sebagai “Remaja Amerika Paling Gendut”, Libby berhasil menurunkan berat badannya dan bersiap untuk kembali ke sekolah. Ia bertemu dengan Jack, seorang cowok yang menderita prosopagnosia atau kesulitan mengenali wajah baik itu orang lain maupun dirinya sendiri. Libby dan Jack adalah tipikal remaja biasa—hanya saja, mereka memiliki dua permasalahan hidup yang berbeda. Bagaimana mereka menghadapi permasalahan masing-masinglah yang menjadi daya tarik dalam novel karya Jennifer Niven ini.

2.     Kilovegram karya Mega Shofani

Kilovegram
Kilovegram karya Mega Shofani

Di Indonesia, ada Kilovegram karya Mega Shofani yang merupakan karya fiksi remaja lokal dengan tokoh utama gendut. Aruna adalah seorang remaja cantik nan gendut. Saking seringnya orang-orang mencemoohnya, gadis itu sudah menamengi dirinya agar tidak mempan lagi menerima ejekan orang. Sayangnya, Aruna menjadi risau ketika sepupunya, Nada, yang cantik dan singset masuk ke SMA yang sama dengannya. Apalagi, Raka, cowok yang sedang didekati Aruna malah berpaling ke Nada. Aruna memutuskan untuk berdiet agar dirinya langsing dan mendapat perhatian Raka kembali. Apakah Aruna berhasil berubah atau dia akan menerima dirinya sendiri?

3.     Dumplin karya Julie Murphy

Dumplin
Dumplin karya Julie Murphy

Bagaimana jika seseorang memiliki berat badan berlebih dan dia bangga akan itu? Dialah Willowdean Dickson. Pikirannya tentang bodi bikini adalah memakai bikini di tubuhmu. Namun, rasa percaya dirinya luluh ketika sahabatnya, Ellen, berdekatan dengan cewek “normal” lain. Willowdean pun jatuh cinta pada Bo, partner kerja paruh waktunya, tapi dia merasa minder pada cowok rupawan nan keren itu. Kepercayaan dirinya ditantang saat Willowdean mengikuti kontes kecantikan di kotanya. Apakah dia akan kembali mendapatkan rasa percaya dirinya? Dumplin adalah karya termasyhur pengarang yang juga memiliki berat badan berlebih, Julie Murphy. Karya ini pun diadaptasi menjadi film dan sudah dirilis pada Desember 2018 di Netflix.

4.     Eleanor & Park karya Rainbow Rowell

Eleanor
Eleanor and Park karya Rainbow Rowell

“Tantangan dalam Eleanor & Park adalah dunia. Dunia tidak bisa menerima hubungan antara seorang remaja laki-laki Korea nan rupawan dan Big Red,” ujar John Green dalam ulasannya pada novel remaja ini di The New York Times. Big Red adalah julukan bagi Eleanor. Eleanor & Park diterbitkan pertama kali pada 2012 dan menjadi karya Rainbow Rowell yang memiliki karakter seorang gadis dengan berat badan berlebih. Novel romansa remaja ini bercerita tentang dua remaja—Eleanor dan Park—berbeda dengan latar belakang kehidupan yang berbeda.

5.     Gendut? Siapa Takut! karya Alnira

Gendut
Gendut? Siapa Takut! karya Alnira

Baru-baru ini, sebuah novel romansa karya Alnira berjudul Gendut? Siapa Takut! terbit. Novel berlabel Metropop ini bercerita tentang perempuan bernama Moza yang jomblo bertahun-tahun. Harapan mendapat pasangan tiba saat Moza bertemu dengan sutradara dan produser tampan bernama Dafian Jatmiko. Namun, Naerswara Radeva hadir kembali ke kehidupan Moza. Teman masa kecilnya yang tengil dan suka mengatainya gendut itu juga menyita perhatian Moza. Bagaimana kisah pencarian cinta Moza bisa mengalahkan urusan fisiknya? Novel romansa yang terdengar konyol dan punya humor ini patut dinikmati.