Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

6 Tahun Berlalu, Novel Jakarta Sebelum Pagi Hadir Kembali dengan Sampul Terbaru

6 Tahun Berlalu, Novel Jakarta Sebelum Pagi Hadir Kembali dengan Sampul Terbaru

Enam tahun setelah rilisan pertamanya, novel Jakarta Sebelum Pagi karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie dicetak ulang dengan gambar sampul terbaru yang diilustrasikan oleh Leopold Ali Surya, ilustrator dari buku Lebih Senyap dari Bisikan karya Andina Dwifatma. Sebagai salah satu buku best seller, buku Jakarta Sebelum Pagi memiliki peminat yang begitu besar, sehingga menjadikan bukunya sebagai salah satu buku yang sangat cepat terjual dan menjadi langka.

Antusiasme para pembaca pun tidak terbendung dan sangat bersemangat mendengar kabar akan sampul terbaru yang akan akan segera dirilis. Hal ini dapat dilihat dari masa pre-order yang dimulai pada 24 Agustus 2022 kemarin di Gramedia.com maupun di Gramedia Official Store pada e-commerce lain. Sebanyak 5000 eksemplar ludes terjual hanya dalam waktu 30 menit! Wow, menakjubkan, bukan? 🤩

Sebagai salah satu buku best seller, tentu saja itu berarti bukunya sangat disukai oleh banyak pembacanya. Pada situs Goodreads, situs jejaring sosial yang berfokus kepada katalog buku, Jakarta Sebelum Pagi mendapatkan rating rata-rata 4.30 dari 5 bintang yang diberikan oleh 2.478 pengguna.

Banyak pembaca yang menyebut bahwa novel ini merupakan karya yang sangat unik, pembawaan cerita yang sangat menarik, penggambaran setting yang luar biasa, dan penuturan ceritanya yang santai namun tetap lucu. Pujian yang dilontarkan terhadap buku ini bisa dibilang cukup melimpah karena banyak yang berpendapat sama tentang hebatnya buku ini.

Sinopsis Jakarta Sebelum Pagi

Novel bergenre misteri ini berpusat pada Emina, seorang pekerja kantoran normal dengan kehidupannya yang biasa-biasa saja. Namun, kehidupannya itu berubah ketika dia mendapatkan surat misterius dari seseorang yang tidak ia kenal. Menerima surat tersebut tidak membuat Emina takut atau merasa khawatir, tapi malah membuat dirinya menjadi penasaran. Dia berusaha mencari tahu siapa dan mengapa pengirimnya mengirimkan surat itu.

Penyelidikan terhadap pengirim surat tersebut menuntun Emina untuk bertemu orang-orang unik yang membantunya menyelidiki surat itu. Orang unik pertama yang ditemuinya adalah Suki, seorang gadis keturunan Arab-Jepang yang memiliki obsesi terhadap teh jepang. Ia tinggal bersama kakaknya di sebuah toko bunga dekat tempat tinggal Emina.

Orang unik kedua yang ditemuinya adalah Abel. Ia diangkat menjadi cucu oleh Keluarga Suki. Abel memiliki masa lalu yang kelam karena menyaksikan orang tuanya tewas di Perang Kemerdekaan Aljazair. Peristiwa tersebut membuat dirinya memiliki fobia terhadap suara dan sentuhan. Di antara Suki dan Abel, Abel lah yang lebih banyak membantu Emina, karena keduanya memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar terhadap isi surat tersebut. Mereka pun berpergian bersama dengan tujuan untuk mencari makna dari isi surat tersebut.

jakartaBeli dan Baca Sekarang di Sini!

Cetak ulang dari buku Jakarta Sebelum Pagi datang dengan soft cover dan ilustrasi baru berwarna pink. Pembaca yang ikut pre-order bisa mendapatkan tiga bonus sekaligus, yaitu bukunya akan ditandatangani langsung oleh Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie, bonus sebuah peta, dan penanda buku.

Di Gramedia.com, pre-order ini berlaku dari tanggal 24-31 Agustus 2022, sedangkan untuk tanggal resmi buku Jakarta Sebelum Pagi hadir di seluruh toko buku nasional adalah 10 September 2022. Yuk, dapatkan duluan bukunya dan jangan sampai terlewat dengan bonus kerennya!

jakartaDapatkan Bonusnya di Sini!

Mengenal Penulis Jakarta Sebelum Pagi, Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

Penulis dari novel Jakarta Sebelum Pagi adalah seorang wanita yang memiliki nama unik, yaitu Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. Banyak yang mengira bahwa nama tersebut merupakan nama pena dirinya, namun itu salah besar! Nama tersebut merupakan nama asli yang diberikan oleh ayahnya Ziggy.

Namanya terinspirasi dari salah satu album David Bowie, yaitu The Rise and Fall of Ziggy Stardust and the Spiders from Mars (1972). Kekaguman ayahnya terhadap album tersebut membuat dirinya memberikan nama Ziggy kepada empat anaknya dengan nama belakang yang berbeda.

Ziggy
Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie (Sumber foto: The Jakarta Post)

Ziggy pada awalnya tidak bercita-cita menjadi seorang penulis, namun ia ingin menjadi seorang kondektur bis. Ibunya sering bilang bahwa kondektur memiliki banyak uang yang membuat Ziggy ingin menjadi kondektur bis. Barulah saat dirinya lebih dewasa, Ziggy memiliki cita-cita untuk menjadi penulis buku anak. Namun, setelah melihat pasar untuk buku anak terbilang cukup sulit, ia pun beralih menulis novel.

Ketertarikannya terhadap buku anak dikatakan sebagai salah satu pengaruh gaya kepenulisannya saat ini. Ketertarikannya terhadap menulis pun tidak lantas membuat dirinya ingin mengambil sastra saat perkuliahan karena ia takut terlalu dikekang dan dibatasi dalam menulis jika mengambil sastra.

Karya-Karya Lainnya dari Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

Jakarta Sebelum Pagi hanyalah satu dari banyak buku yang sudah ditulis oleh wanita kelahiran 10 Oktober 1993 ini. Sejak menulis pada tahun 2010, Ziggy sudah menerbitkan sebanyak 27 buku. Buku-buku karya Ziggy di antaranya adalah:

1. Di Tanah Lada

Buku ini bercerita tentang kehidupan seorang anak berusia enam tahun bernama Ava. Ia memiliki ayah yang tidak menyukainya dan baru saja ditinggal oleh kakeknya yang bernama Kia. Kakek Kia memberikan dia kamus saat dirinya berusia tiga tahun yang membuat dirinya pintar berbahasa Indonesia.

jakartaBeli dan Baca Sekarang di Sini!

Setelah kakeknya meninggal, Ava sekeluarga pindah ke rusun nero, yaitu sebuah rusun yang kumuh. Di rusun tersebut, Ava bertemu anak yang mengenalkan dirinya dengan nama P. Keseharian mereka bersama pun dimulai sejak saat itu karena serasa memiliki nasib yang sama. Tak hanya kebersamaan, petualangan menegangkan pun dimulai sejak pertemuan pertama mereka!

Kamu bisa baca dalam versi e-book melalui Gramedia Digital di sini >>> Di Tanah Lada

2. Kita Pergi Hari Ini (2021)

Novel ini bercerita tentang Mi, Ma, dan Mo, yang merupakan tiga anak dengan orang tuanya yang selalu sibuk bekerja dan jarang berada di rumah. Keabsenan orang tuanya membuat mereka memperkerjakan jasa pengasuh gratis oleh Kucing Luar Biasa. Ketiga anak tersebut dirawat oleh Kucing Luar Biasa bernama Nona Gigi. Kehadiran Nona Gigi pun memungkinkan mereka untuk keluar rumah dan berkenalan dengan tetangga mereka yang bernama Fifi dan Fufu.

jakartaBeli dan Baca Sekarang di Sini!

Para orang tua dari anak-anak tersebut memiliki kesamaan, yaitu mereka berjanji untuk mengajak anak-anak mereka pergi berjalan-jalan. Namun dikarenakan pekerjaan, mereka tidak bisa menemani anak-anak dan meminta Nona Gigi untuk menemani mereka berjalan-jalan. Petualangan mereka pun dimulai saat itu. Meski rasanya seperti buku anak-anak, tapi di tiap petualangan dalam buku ini, kamu akan menemukan berbagai fenomena sosial dan isu orang dewasa yang disentil lewat sudut pandang anak-anak.

3. Tiga dalam Kayu (2022)

Novel kumpulan cerita ini memiliki 11 bab yang berisi cerita pendek dan bab 12 sampai akhir merupakan cerita novel pendek. Karakter yang terdapat dalam ceritanya bermacam-macam, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Walau karakter yang dimiliki bermacam-macam, fokus utama dari cerita ini adalah situasi yang dihadapi oleh perempuan dan anak-anak. Cerita-cerita yang terdapat dalam cerita ini dapat dikatakan kelam dan seram.

jakartaBeli dan Baca Sekarang di Sini!

Selain novel, Ziggy juga menulis beberapa buku anak seperti Help! (2018), Lucid Dream (2019), Little Islamic Princess: Putri Awalia dan Pelajaran Tiga Hari (2018), Little Islamic Princess: Putri Qawiya dan Kekuatan Super (2018), dan Little Islamic Princess: Putri Gafuri dan Botol Minum Kesayangan (2018).


Baca juga: Kita Pergi Hari Ini: Buku Terbaru Ziggy dan yang Lain dari Dunia Anak


Semua karya Ziggy telah berhasil menghipnotis pembacanya. Mungkin banyak yang terlena akan warna dan kelucuan sampul maupun sinopsisnya, namun Ziggy selalu berhasil memberikan esensi dalam pada setiap tulisannya.

Yuk, langsung masukkan ke keranjang belanja semua buku dari Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie! Jangan takut mahal, karena borong semua bukunya bisa dapat penawaran dan promo spesial. 😍 Langsung cek di bawah ini ya!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: Dok. Gramedia.com

Penulis: Mohammad Fachrul Rozy


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus