Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Novel Gadis Kretek akan Dijadikan Serial di Netflix

Novel Gadis Kretek akan Dijadikan Serial di Netflix

Kabar gembira bagi industri perfilman di Indonesia. Gadis Kretek akan menjadi serial original pertama dari Indonesia yang diproduksi dan tayang pada tahun 2023 di Netflix. Serial yang sedang dalam tahap produksi ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya sastrawan Indonesia, Ratih Kumala. Gadis Kretek berlatar belakang pada berbagai peristiwa sejarah selama era penjajahan, tentang kisah romansa dengan balutan perkembangan industri kretek di Indonesia.

Dengan terkenalnya Gadis Kretek dalam belantika sastra Indonesia, kabar ini pun sontak menjadi buah bibir di media sosial. Banyak netizen yang tidak sabar melihat alih wahana Gadis Kretek yang dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris ternama Indonesia. Diproduksi oleh BASE Entertainment dengan Shanty Harmayn dan Tanya Yuson sebagai showrunner, serial ini akan disutradarai oleh Kamila Andini dan Ifa Isfansyah.

Sebelum menyutradarai film ini, Kamila Andini sendiri sebelumnya merupakan sutradara dari film Yuni dan beberapa film lainnya. Sedangkan Ifa Isfansyah merupakan sutradara dari film Sang Penari, Garuda di Dadaku, Pendekar Tongkat Emas, dan masih banyak lagi. Ifa juga membagikan ceritanya dalam unggahan di Instagram, jika sejak pertama kali ia membaca draft novel Gadis Kretek, ia sudah ingin mengalihkan ceritanya dalam bentuk visual.

Gadis Kretek akan dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris kondang seperti Dian Sastrowardoyo, Ario Bayu, Putri Marino, dan Arya Saloka. Pada serial ini, Dian Sastrowardoyo akan memerankan tokoh Dasiyah atau Jeng Yah, seorang perempuan visioner dan anak dari pengusaha kretek yang dikenal akan kemampuannya dalam meracik saus rokok kretek yang nikmat.

Sementara itu, Ario Bayu akan berperan sebagai Soeraja, seorang pemuda yang rajin dan ulet yang secara tak sengaja masuk ke dalam industri kretek, hingga kemudian memiliki usahanya sendiri dan meninggalkan warisan yang berharga untuk keluarganya.

Kemudian Putri Marino akan berperan sebagai Arum, gadis independen dan penuh dengan rasa ingin tahu yang tinggi, dan Arya Saloka akan berperan sebagai Lebas, anak bungsu Soeraja, seorang lelaki yang bebas dan hidup dengan caranya sendiri.

Selain mereka, tentu akan ada beberapa aktor dan aktris Indonesia lainnya yang akan ikut berperan dalam serial ini, seperti Ibnu Jamil, Sheila Dara Aisha, Tissa Biani, Winky Wiryawan, Dimas Aditya, dan masih banyak lagi.

Dalam pembuatan novelnya sendiri, sang novelis mengaku bahwa ia membutuhkan waktu selama empat tahun untuk melakukan riset. Pasangan dari Eka Kurniawan ini, turun langsung ke dalam pabrik-pabrik kretek yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur, bahkan sampai membeli berbagai macam jenis kretek dan mengoleksinya sebanyak 200 bungkus.

Hal ini Ratih Kumala lakukan agar novelnya tidak hanya dapat menghibur pembaca, namun juga dapat memberikan pengetahuan terkait latar belakang dan sejarah rokok kretek di Indonesia sesuai fakta yang sebenarnya. Selain itu, di dalam novel Gadis Kretek, penulis juga memperkenalkan berbagai macam kretek dan tembakau, seperti Tembakau Srintil yang merupakan tembakau berkualitas terbaik dengan kadar nikotin tertinggi.

Sinopsis Novel Gadis Kretek

Kisah dari novel yang berhasil masuk ke dalam 10 besar penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa sejak peluncuran pertamanya di tahun 2012 ini, bermula ketika Soeraja yang sedang sakit keras tiba-tiba sering mengigau dan menyebutkan nama "Jeng Yah" dan ingin bertemu dengan sosok tersebut sebelum ajal menjemputnya.

Demi mengabulkan permintaan terakhir ayahnya itu, ketiga anaknya yaitu Lebas, Karim, dan Tegar, bertekad dan berusaha untuk memenuhi permintaan terakhir sang ayah dengan mencari sosok yang sering disebutkan oleh ayahnya itu.

Dalam perjalanan ketiganya, kita tidak hanya dibawa ke dalam masa lalu Soeraja serta pencarian cinta dan jati diri para tokohnya, namun kita juga akan dibawa dalam suatu kisah sejarah perkembangan kretek di Indonesia, yang bukan hanya bercerita tentang usaha kretek rumahan, tetapi juga bagaimana rokok kretek ini bisa membangun perekonomian masyarakat yang ada di Kota M.

Penasaran bukan dengan kisah mereka? Sebelum serialnya tayang, alangkah baiknya kamu untuk membaca bukunya terlebih dahulu untuk melihat kelanjutan dari perjalanan ketiganya dalam mencari sosok bernama Jeng Yah.

gadisBaca Bukunya Dahulu di Sini!

Nah, untuk Grameds yang sudah menunggu, kini stok buku Gadis Kretek telah tersedia kembali di Gramedia.com! Selain itu, kamu juga bisa baca versi buku digital atau e-booknya di sini >>> Gadis Kretek

Yuk, beli sekarang selagi ada harga spesial dengan bonus lima kartu bungkus rokok yang oke banget untuk dikoleksi!

gadisBaca Bukunya Dahulu di Sini!

Agar kegiatan belanjamu lebih maksimal, jangan lupa untuk ikuti semua diskon spesial yang ada di Gramedia.com juga ya! Cek semua promo menarik yang sedang berlangsung di bawah ini.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: instagram.com/base.id

Penulis: Ikha Destryani


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus