Mulailah Berhemat dari yang Mudah Seperti Keluarga Super Irit

Mulailah Berhemat dari yang Mudah Seperti Keluarga Super Irit

. 3 min read

Di masa pandemi ini, kita dituntut untuk semakin pintar mengelola uang. Pemasukan berkurang sementara kita harus mengeluarkan sejumlah uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kita teliti kembali pos-pos pengeluaran, kemudian memilih pos mana yang dikurangi atau ditutup.

Sebelum pandemi, kita masih bisa membuat budget pengeluaran untuk makan di luar atau untuk sekadar foya-foya. Budget inilah yang pertama dikurangi, atau bahkan ditutup. Kira-kira apalagi yang bisa kita lakukan untuk mengurangi pengeluaran dan berhemat?

Buku yang mengajarkan berhemat

Seri Keluarga Super Irit merupakan buku, dengan genre komik, yang menekankan prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Tip dan trik Keluarga Super Irit ini banyak yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari kita, karena mereka mencontohkannya dalam cerita keluarga mereka.

Hal yang pertama jarang disadari adalah menghemat biaya listrik. Ada tip yang dibagikan Keluarga Bindae, yaitu jangan sering membuka dan menutup kulkas. Hal ini karena ketika kulkas dibuka terjadi perubahan suhu. Ketika ditutup kembali, kulkas menyesuaikan kembali suhu. Inilah yang membuat tambahan konsumsi listrik. Kemudian, selalu mencabut kabel charger jika sudah selesai men-charging. Dan, cabut steker atau matikan stop kontak TV atau speaker jika tidak digunakan. Kabel yang masih mencolok ke terminal listrik masih akan terus dialiri listrik. Ini juga yang tanpa sadar menjadi “pemborosan” biaya listrik.

Ada life-hack juga

Keluarga Super Irit juga terkenal dengan memakai bahan-bahan yang mereka punya ketika membersihkan sesuatu. Mereka sebisa mungkin tidak membeli atau mengeluarkan uang seperser pun. Misalnya, cairan pembersih mulut yang sudah kedaluwarsa bisa digunakan sebagai pembersih layar TV atau ponsel, menghilangkan bau tidak sedap pada tempat sampah, menghilangkan bakteri di kaki, disinfeksi sikat gigi, juga membersihkan toilet.

Dan, apakah kamu tahu kegunaan apa saja dari aluminium foil? Ternyata, alumunium foil bisa digunakan untuk mencairkan es atau mendinginkan dengan lebih cepat, atau membungkus bonggol pisang agar pisang tidak cepat membusuk dan lebih tahan lama, juga membuat sabun batang lebih awet, karena membuat sabun mencair lebih lama.

Ada juga tip mendapatkan uang

Selain membagikan tip dan trik berhemat juga life-hack, Keluarga Super Irit juga membagikan tip dan trik mencari pemasukan. Seperti dalam buku Keluarga Super Irit 35: Deollong si YouTuber Hemat. Dalam buku ini, Sogeum dan Deollong mencoba menjadi YouTuber anak-anak. Mereka tertarik karena mendengar kata-kata Pongpong, kalau mereka bisa mendapatkan uang dari menjadi YouTuber.

Sogeum, Deollong, dan Pongpong pun mencari konten-konten untuk kanal YouTube mereka. Hal-hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan dalam menyiapkan konten pun dijelaskan dalam buku ini. Misalnya, konten membuat boneka beruang dari handuk, konten membuat peralatan sekolah sendiri, konten tutorial memasak dengan airfryer, dan lainnya. Tentunya semua dilakukan dengan pengawasan orang dewasa.

Masih terus terbit

Keluarga Super Irit ini sudah mencapai volume 35 dan akan masih terus terbit. Keluarga Super Irit 36 akan segera hadir dengan tip dan trik berhemat lainnya, yang tentu saja berguna bagi kita dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan keseharian kita. Bersama Keluarga Super Irit, berhemat akan menyenangkan! Orangtua bisa mengajarkan berhemat pada anak dengan cara yang tepat.

Penasaran dengan bukunya yang sangat edukatif? Coba langsung cek di sini, yuk!

Educomics: Keluarga Super Irit 35: Deollong si Youtuber Hemat

keluargaBeli dan Koleksi Sekarang!

Educomics: Keluarga Super Irit 36: Semua Harus Serba Hemat

keluargaBeli dan Koleksi Sekarang!

Spesial untuk kamu yang baru saja membaca artikel ini, kamu dapat voucher diskon 20% untuk membeli buku ini hanya di Gramedia.com. Info lengkap tentang voucher yang bisa kamu dapatkan secara gratis, tinggal klik di bawah ini!

voucherKlik untuk Dapatkan Vouchernya!


Oleh: Dian Rakhmawati S, Editor Penerbit Bhuana Ilmu Populer

Sumber foto header: Dok. Bhuana Ilmu Populer